Laman

  • Home

Sabtu, 04 Maret 2017

Membuat Point Of View Di Booth Anda

Dekorasi STAND KADIN JATENG dengan 3D Wall Tiles, meskipun ini stand tenda tetapi menjadi lebih menarik.
Membuat stand (booth) menjadi menarik dalam sebuah pameran adalah tantangan bagi para pemilik brand, tidak hanya brand besar saja bahkan brand kecil pun harus memikirkannya. Membuka "kesan pertama" merupakan kunci sukses mengajak pengunjung datang dan melihat produk dan booth kita dari dekat, tidak hanya sekedar lewat.

Promosi adalah investasi

Promosi adalah investasi, ini adalah pesan yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini. Bagaimana membuat booth anda menjadi "cantik" dan menawan. Menariknya booth ini adalah dari sisi arsiteknya, atau desain dan penataannya yang cantik dan menarik.

Masih banyak pelaku UMKM enggan membuat booth mereka karena merasa mereka harus mengeluarkan dana yang lumayan besar untuk sekedar mendesain booth yang sementara. Mereka masih berpikir bahwa mereka akan membuang biaya yang sia-sia dengan penataan booth mereka, sehingga mereka lebih memilih booth hanya untuk "jualan" dengan biaya promosi yang seminimal mungkin.

Mereka tidak memikirkan bahwa usaha mereka harus bertahan untuk waktu yang lama dan mereka butuh upaya promosi dan membangun brand sejak awal. Membangun brand butuh waktu, tidak bisa secara instan. Investasi promosi mereka mungkin tidak bisa langsung dinikmati, mungkin setelah sekian tahun baru mereka merasakan manfaatnya.

Investasi di bidang promosi bisa dimulai dengan memikirkan desain EXHIBITION KIT yang sesuai dengan ukuran standard booth yang ditawarkan, biasanya 2.5 x 2.5 meter persegi. Mereka bisa meminta jasa dari para pembuat booth untuk membuat exhibition kit yang bisa dipakai berulang-ulang dan siap ketika waktu persiapan hanya pendek sekali. Untuk perusahaan besar mungkin mereka mampu membuat desain yang disesuaikan dengan tema pameran yang berubah-ubah karena mereka memiliki anggaran khusus, sedangkan untuk UMKM cukup jika mereka memiliki exhibition kit yang bisa dipakai berulang-ulang.

Bagi UMKM memanfaatkan printing digital mungkin sudah biasa, meskipun begitu banyak di antara mreka tidak memperhatikan aspek estetika dan penutupan ruang dengan baik (aspek) bloking. Kadang desain grafis yang mereka pakai juga berkesan asal-asalan, tidak pernah terpikir di benak mereka bahwa foto dan gambar yang bagus akan menimbulkan efek visual yang menarik dan membawa daya tarik sendiri.

Penataan interior dengan mebel dan interior yang unik akan menjadi daya tarik dalam booth peserta pameran. Untuk biaya yang lebih murah, pemilik booth bisa bermain dengan bahan-bahan yang murah tetapi dikombinasikan dengan proposional dan harmonis. Pemanfaatkan kayu bekas saat ini menjadi pilihan karena murah dan cukup menarik, misalnya pemanfaatan palet kayu bekas yang bisa sangat fleksibel untuk dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti meja, kursi, rak dan sebagainya. Semua tergantung dari kreativitas desainernya.

Image result for interior booth pameran berbahan kayu recycle
Memanfaatkan kayu bekas untuk interior booth.
Pemanfaat limbah kayu oleh SAPU UPCYCLE Salatiga
Permainan lighting juga memegang peranan penting dalam mempercantik booth anda, disamping kegaitan interaktif di booth tersebut. Kegiatan interaktif ini bisa berupa event discount, obral maupun event undian berhadiah lainnya.

Membuat Point of View

Untuk berhasll dalam pameran, pemilik booth harus memahami bagaimana membuat fokus pandang para pengunjung ke booth pamerannya. Mereka tidak bisa sekedar menunggu, pengunjung harus "diarahkan" ke booth anda melalui upaya persuasif dari crew pameran maupun oleh booth itu sendiri.

Jika dalam kemasan ada istilah "produk menjual dirinya sendiri" makan dalam pameran pun sama juga. Booth harus mempu mempromosikan dirinya sendiri dengan desain dan penataannya yang menarik sebagaimana telah saya sampaikan di atas. Hal tersebut adalah salah satu upaya membuat fokus pandang para pengunjung ke booth anda.

Pemanfaatan penataan yang cerdik untuk produk-produk unggulan juga harus diperhatikan dengan baik. Produk-produk unggulan harus tampil sebagai wajah dari semua bisnis kita, tampil di depan setinggi kenyamanan mata memandang. Jika ada produk lain yang bukan merupakan unggulan, dan memang harus dipajang maka penataanya tidak boleh mengaburkan keberadaan produk unggulan.

Pemanfaatan lighting juga juga harus "memaksa" pengunjung melihat produk yang disorot oleh lampu, tentunya harus ditata sedemikian rupa agar terlihat artistik. Beberapa binaan kami yang sudah mampu membuat dan berpengalaman membuat point of view adalah NUANZA Porcelen dan SAPU UPCYCLE, dan hal ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM lain untuk memesan produk exhibition kit dari mereka.

Beberapa waktu yang lalu ketika kami diminta mengisi booth Kadin Jateng untuk mitra UMKM binaan, kami mengambil jalan praktis dengan mengundang Nuanza Porcelen untuk mempercantik booth Kadin Jateng dengan beberapa panel 3D Wall Tiles yang menjadi pusat perhatian dari para pengunjung karena mereka belum terbiasa melihat produk seperti itu. Inlah salah satu upaya kami membuat point of view kepada pengunjung, karena kami sadar produk UMKM yang lain belum mampu untuk membaut pengunjung menoleh ke booth kami.

3D Wall Tiles Nuanza Porcelen merupakan point of view dari booth Kadin Jateng selama Pameran Pasar Imlek Semawis

3D Wall Tiles Nuanza Porcelen merupakan point of view dari booth Kadin Jateng selama Pameran Pasar Imlek Semawis
Tidak kalah penting adalah event interaksi yang perlu diadakan di setiap booth untuk menarik pengunjung datang.

Kemampuan kedua binaan kami ini juga kami tawarkan kepada brand-brand besar untuk membangun booth yang menarik dengan desain-desain dari bahan limbah dan keramik. Dengan kemampuan desain dari kedua binaan ini kami yakin kebutuhan brand-brand besar untuk membuat booth yang cantik dan menarik bisa terpenuhi.