Laman

  • Home

Minggu, 12 Maret 2017

Lomba Krenova Jawa Tengah 2017

Image result for krenova 2017 Jawa Tengah
Sosialisasi Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) 2017
Setelah mendapatkan ijin dari CEO Suara Merdeka, Bapak Kukrit Suryo Wicaksono, kami akan kembali menjadi salah satu juri KRENOVA tahun 2017 setelah tahun lalu juga diberikan kesempatan menjadi juri KRENOVA 2016 mewakili Suara Merdeka selaku media pendukung lomba KRENOVA Jawa Tengah.

Gelaran akbar dari Balitbang Jawa Tengah dalam menjaring kreativitas dan inovasi dari masyarakat Jawa Tengah dalam rangka membangun Jawa Tengah ini dilaksanakan tiap tahun dan merupakan kegiatan yang menjadi peluang bagi masyarakat yang mampu membuat kreasi dan inovasi yang asli, lokal, relevan dengan perkembangan jaman, dan bermanfaat bagi masyarakat luas untuk memaparkan temuannya untuk dinilai dan diuji oleh team penilai dan selanjutnya, bagi pemenang, akan mendapatkan fasilititasi dari BALITBANG Jawa Tengah untuk pengajuan hak cipta dan pengembangan temuannya tersebut.
  
40 Nominasi Krenova Jawa Tengah 

Sebanyak 40 nominasi dari peserta lomba kreativitas dan inovasi ( Krenova ) akan mengikuti tahapan seleksi paparan dan wawancara terhadap para inovator. Selama lima hari Balitbang Provinsi Jawa Tengah sejak tanggal 9 hingga 13 Mei 2016 melakukan seleksi untuk mendapatkan 20 inovator. Dewan juri selain dari Balitbang prov Jateng, melibatkan perguruan tinggi, Dewan Riset Daerah, Kadin dan unsur media Suara Merdeka. Sebanyak 20 inovator yang terpilih akan disaring lagi 10 nominasi utama. Berbagai inovasi yang diajukan mulai dari peralatan pertanian, makanan kesehatan hingga pembangkit listrik tenaga keseimbangan. Kriteria penilaian antara lain keorisinilan ide, penerapan di masyarakat, ketersedian bahan baku hingga pengembangan produk. 

40 nominasi ini diseleksi dari 100 proposal terseleksi melalui seleksi administrasi. Susuan Team Juri secara tentatif adalah sama dengan juri tahun lalu, yaitu: Prof Saratri Wilonoyudho, Dr Suryono, Benita Ariani, Gendut Marjoko dan juri dari Balitbang Jawa Tengah.


Penjurian KRENOVA Tahun 2016
Bagi masyarakat yang belum memahami KRENOVA bisa kami informasikan hal tersebut di bawah ini:  


Apa Itu Krenova?

Dalam menghadapi MEA, Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah berupaya untuk mendorong masyarakat berkreasi dan berinovasi dengan menyelenggarakan seleksi Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA). Hasil temuan KRENOVA diharapkan dapat diterima industri dan sekaligus dapat mengatasi permasalahan teknologi yang ada di masyarakat.

Panduan Aspek dan Kriteria Penerimaan Penghargaan

Aspek Penghargaan Kegiatan ini mencakup semua hasil kreativitas dan inovasi yang dilakukan oleh individu, kelompok dan masyarakat di bidang teknologi dan penerapan yang telah dilakukan pada aspek:
  1. Agribisnis dan pangan.
  2. Energi.
  3. Kehutanan dan lingkungan hidup.
  4. Kelautan dan perikanan.
  5. Kesehatan, obat-obatan dan kosmetika.
  6. Pendidikan.
  7. Rekayasa dan manufaktur.
  8. Kerajinan dan industri rumah tangga.
Kriteria Calon Penerima Kriteria umum calon penerima penghargaan KRENOVA adalah:
  1. Masyarakat Jawa Tengah.
  2. Perorangan atau Kelompok.
  3. Tidak terkait secara langsung dengan Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan tidak terafiliasi dengan lembaga litbang pemerintah.
  4. Diusulkan oleh Kab/Kota

Kriteria Hasil Karya Kriteria hasil karya yang dapat diunggulkan meliputi:
  1. Merupakan hasil kreativitas dan inovasi perorangan atau kelompok yang telah diterapkan di daerah lokasi calon penerima penghargaan maupun daerah lainnya.
  2. Mudah didiseminasikan dan diadopsi masyarakat.
  3. Teknologinya dapat diaplikasikan dalam skala rumah tangga.
  4. Bahan baku yang digunakan berbasis lokal dan Ramah Lingkungan.
  5. Dapat rekomendasi dari produsen dan akademisi.
  6. Skala investasi dan manajemen terjangkau oleh masyarakat.
  7. Mempunyai manfaat yang berkelanjutan.
Kriteria lainnya yang mencerminkan:
  1. Aspek Ekonomi:
    • Peningkatan pendapatan calon penerima penghargaan.
    • Peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal.
    • Peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah.
  2. Perkembangan IPTEK:
    • Peningkatan pengembangan IPTEK.
    • Peningkatan penguasaan IPTEK.
    • Dampak perkembangan IPTEK bagi daerah.
  3. Sosial:
    • Kesesuaian kapasitas masyarakat dengan teknologi.
    • Kesesuaian budaya lokal dengan teknologi.
    • Perubahan sikap perilaku positif masyarakat.

Petunjuk Tata Cara Pengajuan, Proses Penilaian dan Pemberian Penghargaan


A. Tata Cara Pengajuan
  1. Temuan yang akan diajukan adalah pemenang/juara I, II, III, atau temuan baru yang telah diseleksi sesuai panduan KRENOVA, oleh Kabupaten/Kota dan diusulkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
  2. Masing-masing kabupaten/ kota dapat mengirimkan hasil temuan sebanyak 5 (Lima) temuan/ proposal.
  3. Temuan disampaikan dalam bentuk proposal atau profil temuan, dengan melampirkan surat pengantar yang ditandatangani Bupati/Walikota atau Kepala Bappeda Kabupaten/Kota atau Kepala Kantor Penelitian dan Pengembangan Kabupaten/Kota ditujukan  kepada Gubernur Jawa Tengah Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah, Jl. Imam Bonjol No. 190 Semarang.
  4. Proposal dan kelengkapannya setiap peserta wajib mengirim dalam bentuk Hardcopy sebanyak 2 (dua) eksemplar dan Softcopy sebanyak 1 (satu) CD.
  5. Proposal atau profil temuan ditulis maksimal 20 halaman, huruf tahoma 12, dilampiri gambar teknis sesuai kebutuhan, dengan sistematika penulisan:
    • Judul.
    • Latar Belakang.
    • Maksud dan Tujuan.
    • Manfaat.
    • Spesifikasi Teknik.
    • Keunggulan bila dibandingkan dengan penemuan yang terdahulu.
    • Penerapan pada Masyarakat dan dunia industri
    • Prospek Pengembangan.
  6. Pengusul wajib mengirimkan kepada panitia:
    • Daftar Riwayat Hidup calon penerima penghargaan.
    • Alasan Pencalonan.
    • Kelengkapan dan data hasil kreativitas dan inovasi.
    • Nama, Alamat, serta Nomor Telepon/Telepon Genggam (HP) yang dapat dihubungi baik pengusul maupun calon penerima penghargaan.
  7. Usulan calon penerima penghargaan ditujukan kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah, dengan alamat: Jl. Imam Bonjol No. 190 Semarang 50132. Telp. (024) 3540025, Fax. (024) 3560505, email: sekretariat@balitbangjateng.go.id.
B. Proses Penilaian
  1. Penilaian Administrasi
    Semua usulan yang masuk akan diseleksi kelengkapan administrasinya oleh Panitia.
  2. Verifikasi
    Kepada peserta yang lolos seleksi administrasi, selanjutnya, tim penilai akan mengadakan verifikasi dan penilaian sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan kepada peserta yang lolos seleksi administrasi. Hasil penilaian ini akan digunakan untuk mengusulkan calon penerima penghargaan kepada Dewan Juri.
  3. Penetapan Calon Penerima Penghargaan
    Penetapan Penerima Penghargaan akan ditetapkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah berdasarkan usulan dari Dewan Juri.
  4. Tim Penilai
    Penilaian untuk Tingkat Provinsi dilakukan oleh Tim Penilai yang berkompeten dilingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah.
  5. Jadwal Penilaian
    • Proses Administrasi, terkait: (1) kelengkapan proposal atau profil temuan, dengan batas waktu penyampaian tanggal 16 Maret 2016; serta (2) substansi, disesuaikan dengan panduan penilaian (batasan operasional unsur penilaian).
    • Proses Verifikasi, yaitu penilaian atau peninjauan lapangan untuk objek yang masuk dalam nominasi.
  6. Aspek Penilaian, mencakup:
    • Orisinalitas.
    • Kepioniran.
    • Penerapan di masyarakat.
    • Manfaat.
    • Keberlangsungan.
C. Peserta
  1. Mahasiswa dan pelajar, utamanya dari kalangan SMA/SMK/MA, baik individu maupun kelompok.
  2. Masyarakat Umum, baik perorangan maupun kelompok yang berasal dari Non Akademisi.
D. Penghargaan
  1. Pemenang Utama KRENOVA (sebanyak 10 orang/kelompok), mendapatkan Piagam Penghargaan dan insentif pembinaan pengembangan dari Gubernur Jawa Tengah, yang akan diserahkan pada saat Pameran Produk Inovasi (PPI) Tingkat Provinsi Jawa Tengah.
  2. Pemenang Harapan KRENOVA (sebanyak 10 orang/kelompok), mendapatkan Piagam Penghargaan dan insentif pembinaan pengembangan dari Kepala Balitbang Provinsi Jawa Tengah.
  3. Selanjutnya 10 Pemenang Utama akan diusulkan untuk mendapatkan penghargaan KRENOVA Tingkat Nasional dan “108 Inovasi Indonesia”.
E. Lain-lain

Keterangan/informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Penyelenggara, pada Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah.

Jl. Imam Bonjol No. 190 Semarang,
Telepon (024) 3540025, 3546063, 3521411 ext. 109, 111
Email: sekretariat@balitbangjateng.go.id

atau contact person :

Sri Hestiningsih
Email: srihestiningsih@yahoo.com
HP. 08157615513

Sutarsono
Email: sutarsono.balitbang@gmail.com
HP. 087832991782