Laman

  • Home

Jumat, 10 Maret 2017

Jumat Padat Di 2 Kampus


Kuliah Umum Kewirausahaan di Dekanat Fakultas Teknik Universitas Semarang
Kegiatan Jumat ini benar-benar padat, karena jam 08.30 sudah harus memberikan materi kewirausahaan di Dekanat Fakultas Teknik Univestias Semarang untuk mahasiswa PKK semester 2 sebanyak 200 mahasiswa yang didampingi oleh dosen-dosennya. Dan acara ini berakhir pada jam 11.45 dan selanjutnya kami lanjutkan memberikan kuliah yang sama dan senada dengan tema "Mindset Breakthough: Jadi Wira Usaha Sekarang Juga di Unisbank Semarang" pada jam 13.00 sampai dengan jam 16.00.

Acara di Unisbank kampus Kendeng ini diikuti oleh sekitar 400 mahasiswa semester 4 di gedung olah raga indoor Unisbank karena kapasitas peserta yang sangat besar.

Kuliah Umum Kewirausahaan di Kampus Unisbank Kendeng.
Hampir senada, karena materi yang disampaikan adalah mengenai wirausaha digital yang memang sangat dibutuhkan oleh adik-adik mahasiswa ini dalam menghadapi pekembangan teknologi digital akhir-akhir ini. Disamping berwirausaha di bidang digital juga tidak membutuhkan modal yang "langsung" besar melainkan lebih ke arah kreativitas dan inovasi.

Ya, kunci dari kewirausahaan adalah kreativitas dan inovasi. Kreativitas bukanlah bakat, melainkan ketrampilan yang bisa diasah dan dipelajari. Bagaimanana mengenali pasar dan mengetahui kebutuhannya merupakan hal terpenting dalam menyusun business plan dan pengembangan revenue stream.

Dalam 2 kuliah umum ini, disamping saya berikan edukasi-edukasi mengenai hal-hal tersebut di atas, kami juga memberikan pembekalan kepada adik-adik mahasiswa bagaimana membangun mimpi dan mengembangkan ide, membuat konsep bisnis dan memahami model bisnis yang akan dipergunakan dalam usahanya kelak dan juga pembekalan membuat bisnis plan yang mereka butuhkan baik dalam memenuhi tugas kuliahnya maupun untuk memulai bisnisnya.

Bisnis yang sukses diawali oleh perencanaan yang baik, dan keberanian dalam mengambil resiko.