Laman

  • Home

Kamis, 02 Maret 2017

Finance & UMKM Expo Kadin Jateng, 2 - 6 Maret 2017, Di Atrium Mall Ciputra

Finance & UMKM Expo Kadin Jateng
Sebagai agenda rutin pameran Kamar Dagang dan Industri Jawa Tengah, Finance & UMKM Expo kembali digelar di Atrium Mall Ciputra Semarang. Wajah-wajah lama masih mendominasi pameran ini, sebagai bukti bahwa mereka memiliki pengalaman yang baik dengan pameran ini.

Seperti biasa pameran ini didominasi oleh produk batik, fashion, fashion accessories dan tentunya lembaga pembiayaan. Pameran ini digelar dari tanggal 2 - 6 Maret 2017 untuk memberikan kesempatan kepada para pengunjung yang sibuk di hari kerja bisa mengunjunginya di hari Sabtu dan Minggu.

Dalam pameran ini PT Antam juga ambil bagian untuk mempromosikan produknya. Tambang emas ini melihat bahwa pameran ini relevan dengan target audience yang dibidiknya, mungkin saat ini mereka tidak menyasar penjualan short term tetapi lebih ke arah membangun awareness masyarakat tentang brand Antam itu sendiri.



Beberapa mitra binaan perbankan juga meramaikan pameran ini, misalnya binaan dari Bank Jateng yang tidak pernah absen dalam kegiatan ini. Tidak muncul hal (produk) baru di pameran ini, mungkin karena peserta pameran tidak berani bespekulasi dengan kondisi pasar saat ini.






Sebenarnya saya berharap bahwa para peserta pameran "berani" menggelar "pesta discount" atau obral sebagai daya tarik pengunjung pameran, tapi saya belum melihat ada yang berani melakukan hal ini. Mereka masih berpikir bahwa pameran adalah ajang mereka "berjualan" bukan promosi. Hal yang harus berikan edukasinya di masa mendatang, bahwa pameran adalah ajang promosi bukan penjualan. 

Penjualan adalah efek dari promosi, jika promosi yang dilakukan benar dan efektif maka  penjualan akan akan mengikuti. Tetapi jika promosi dalam pameran yang mereka lakukan "hanya" sekedar berjualan maka efek selanjutnya semakin mengecil kemungkinannya.

Berikut adalah dokumentasi pameran setelah acara pembukaan Expo oleh Sekda Prompinsi Jawa Tengah:














Semoga di pameran mendatang para pelaku UMKM yang belum pernah ikut berani muncul dengan gebrakan produk baru dan keberanian promosi yang lebih baik. Kadin Jawa Tengah akan terus menggelar pameran ini sebagai kiprahnya dalam mempromosikan produk UMKM Jawa Tengah.

Kami juga sangat berterima kasih atas kiprah dari Kadin Kota Semarang yang dalam kegiatan ini ikut menghadiri pembukanaan pameran dan juga beberapa anggotannya ikut pameran ini.