Laman

  • Home

Jumat, 31 Maret 2017

Dengan Menulis Saya Belajar (Jadi Blogger)

Image result for blogger and learn
Dengan Menulis, Saya Belajar

Jika saat ini sudah lebih dari 1.200 tulisan di blog RumahUMKM.Net bukan berarti saya memang pintar menulis, melainkan karena saya ingin memotivasi diri saya untuk terus belajar. Saya bukan type orang yang bisa dengan sangat mudah membaca buku di saat ada waktu longgar, saya lebih suka mendengarkan orang berbicara dan belajar daripadanya.
Berkecimpung dalam pembinaan UMKM saya dituntut untuk selau update dengan hal-hal terkini, sehingga memaksa saya untuk terus belajar. Bagaimana saya belajar ? 
Tidak mudah untuk memotivasi diri saya untuk ambil buku dan membaca, harus ada sebuah "momentum" yang "memaksa" saya membuka referensi. Saya senang menjelajah di internet untuk sekedar "mengoleksi" informasi-informasi penting atau referensi penting. Nasehat dari istri saya yang sudah lebih dahulu menjadi blogger adalah untuk membuat sebuah blog mengenai pembinaan UMKM yang telah saya lakukan, yaitu RumahUMKM.Net dan akhirnya saya memulainya.
Awalnya sulit sekali masuk ke dalam kebiasaan baru, tetapi motivasi dari istri untuk mencoba menuliskan 1 topik per hari saya jadikan target, dan akhirnya saya mampu bertahan menulis selama kurang lebih 3 tahun. Jika dibandingkan dengan tulisan blogger lain mungkin tulisan saya "tertinggal" tetapi saya tidak begitu memusingkannya, bagi saya saat ini adalah bagaimana saya bisa berbagi informasi dan edukasi kepada teman-teman UMKM melalui blog yang saya buat ini.
Awalnya pun saya tidak merencanakan blog ini beda dengan yang lain, melainkan saya hanya melakukan apa yang ada di benak dan pikiran saya, yang ternyata menuangkan hal yang berbeda dengan blog sejenis. Ternyata dengan melihat jauh ke dalam hati dan pikiran kita maka perbedaan dengan yang lain itu ada di sana.

Yang paling menjadi tantangan dalam menulis adalah konsistensi, bagaimana kita bisa menulis setiap hari untuk minimal 1 artikel ? Ternyata kadang ide sederhana dan sempit bisa menjadi tulisan yang menarik, dan hal ini yang sering saya lakukan untuk belajar lebih fokus melihat suatu hal dari sudut yang berbeda.

Apa yang terkait dengan promosi social media dan promosi website saya pelajari sambil berjalan. Learning by doing mungkin adalah istilah yang cocok dengan apa yang kita lakukan saat ini. Harus berani mengekspresikan sesuatu hal dalam tulisan.

Yang saya tulis di RumahUMKM.Net adalah pengalaman-pengalaman saya sendiri yang bisa saya bagikan kepada para pelaku UMKM, selain edukasi-edukasi yang merupakan sumbangan moral dari teman-teman lain.

Ketika awalnya saya tidak paham sekali dengan pembinaan UMKM, sejak rutin menuangkan tulisan di RumahUMKM.Net maka sedikit demi sedikit kemalasan saya untuk belajar mulai terkikis karena saya selalu termotivasi berbagi pengetahuan dan pengelaman, meskipun sesedikit yang saya punya. Motitvasi berbagi inilah yang memaksa saya untuk banyak mendengar, mengamati, banya membaca (meskipun belum hobby HeHe) dan banyak mencoba apa saya pahami dengan praktek.

Latar belakang saya di bidang promosi dan marketing mungkin cukup membantu saya dalam mendapatkan sumber-sumber tuisan, karena jaringan yang sudah cukup lumayan luas baik di dalam dan luar negeri. Mungkin inilah yang banyak membantu saya, banyak teman yang mendukung. Dan tekad saya masih tetap, yaitu akan terus berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada teman-teman UMKM dengan blog RumahUMKM.Net.

Semoga blog RumahUMKM.Net bermanfaat untuk semuanya. Cheer !