Laman

  • Home

Jumat, 31 Maret 2017

Bimbingan Teknis Bisnis Online, Di Kabupaten Banyumas

Bimbingan Teknis Bisnis Online, Di Kabupaten Banyumas
Memenuhi undangan resmi dari Dinperindag Kabupaten Banyumas untuk mengisi materi pelatihan "Kewirausahaan Digital, Konsep dan Model Bisnis Digital dan Pemasaran & Pemanfaatan IT Untuk Pemasaran" di SMK Kesatrian Purwokerto pada hari Jumat ini, kami mewakili Kadin Jateng untuk menyampaikan materi tersebut. Sebuah kesempatan yang baik untuk menggugah mindset profesionalitas usaha dan pemanfaatan IT dalam usaha kepada 25 UMKM peserta pelatihan.

Bahwa entrepreneuship bukan masalah skala, melainkan masalah mindset dan sikap mental yang harus dibangun sejak awal menjadi start up. 

Bagaimana membangun mimpi dan mendetailkan mimpi tersebut ke dalam konsep bisnis dan model bisnis apa yang akan dilakukan merupakan materi pertama dalam sesi pelatihan ini. Memahami tahapan-tahapan konsep untuk membuat perencanaan bisnis merupakan sesi pemantapan konsep bisnis yang banyak tidak dipahami oleh para pelaku UMKM. Bahwa bisnis yang sukses adalah karena memiliki konsep dan perencanaan yang baik.

Materi kedua adalah mengenai dasar-dasar pemasaran dan pemanfaaatan IT dalam pemasaran. Dalam materi ini kami menekankan bagaimana para pelaku UMKM memahami pemasaran dengan sangat sederhana, yaitu sejak mengenali pasar dan memahami kebutuhannya, sampai dengan bagaimana memuaskan kebutuhan pelanggan.

Dalam pelatihan ini kami mendapati ada beberapa produk potensial dari kabupaten Banyumas berupa cairan pencuci dari bahan alami, yaitu singkong. Disamping itu ada juga produsen kripik buah yang masih bisa terus dikembangkan produksinya untuk ikut bersaing dalam produksi kripik buah.

Besar harapan kami para pelaku UMKM di Kabupaten Banyumas mendapatkan perhatian dalam pelatihan lain seperti kemasasan dan teknologi produksi untuk peningkatan kualitas dan daya tarik produk di mata konsumen.