Laman

  • Home

Sabtu, 18 Maret 2017

9 Tip Untuk Membuat Foto Yang Bagus Di Instagram

9 Tip Untuk Membuat Foto Yang Bagus Di Instagram
Foto adalah konten utama di instagram, oleh sebab itu pengambilan foto untuk instagram akan menjadi hal yang paling penting dalam membuat konten di insagram. Foto-foto yang disajikan di instagram harus bisa mewakili apa yang ingin kita sampaikan kepada audiens sekaligus untuk memanjakan audiens dengan hal-hal yang menarik.

Untuk para pelaku UMKM, instagram merupakan media katalog yang sangat efektif karena mampu mengungkap jutaan warna, jutaan kata dan suasana kepada jutaan pemirsa. Visual merupakan bahasa universal yang lebih mudah dipahami oleh banyak orang dibandingkan kata-kata. Bahkan tanpa kata-kata pun bahasa gambar mampu memberikan penjelasan kepada pemirsa.



Oleh sebab itu dalam kesempatan ini kami ini memberikan sharing bagaimana membuat foto-foto yang menarik untuk instagram anda, bukan sekadar ambil foto dan upload. Sangat sayang sebuah momentum yang kaya makna hanya tergambarkan apa adanya di foto anda.

Berikut adalah beberapa tip tersebut:


1. Cari sumber cahaya alami. Mungkin faktor yang paling penting dari foto instagram yang baik adalah cahaya alami. Tidak peduli seberapa baik kamera handphone anda, tanpa cahaya alami Anda biasanya mendapatkan foto buram atau kabur. Jika Anda berada di luar ruangan, biasanya memotret di daerah yang teduh, dan jika saya di dalam ruangan, saya memotret dekat dengan jendela atau di ruangan yang cukup terang. Orang secara alami tertarik kepada gambar dengan cahaya yang baik. Hal ini dapat mencerminkan suasana hati dan waktu, dan menerjemahkan jauh lebih banyak daripada lampu kilat atau gambar yang temaram.

Kebetulan saya sendiri bukan orang yang menggemari cahaya lampu kilat, yang menurut saya kadang mengurangi karakter dari obyek aslinya.


Foto Portrait Untuk Instagram

2. Shoot mode portrait. Beberapa aplikasi memungkinkan Anda untuk menembak dengan bingkai portrait untuk membantu konsep gambar Anda ketika anda memotret. Karena saya selalu posting untuk instagram, saya ingin memotret dalam mode portrait. Kamera handphone menawarkan mode pemotretan portrait serta mode grid opsional untuk membantu pusat dan menyelaraskan jika Anda ingin melakukan styling obyek. Mode potret mengajak pemirsa untuk memlihat bagian yang sempit dan fokus.

3. Cobalah 3 sudut. Aerial view, level mata, diagonal, dll, Ada begitu banyak cara untuk membuat gambar menonjol, buatlah beberapa menit ekstra untuk mencoba setidaknya beberapa sudut. Anda mungkin akan terkejut dengan apa yang anda akhirnya gunakan. Hal ini yang selalu saya gunakan untuk mengambil satu moment dari berbagai sudut. Setiap sudut pemotretan memberikan kesan dan makna yang berbeda.






4. Coba dengan perspektif. Sebagai tindak lanjut bermain-main dengan sudut, mencoba perubahan dalam perspektif. Mengubah dari pemotretan jarak dekat hingga tembakan jarak jauh. Melihat perpektif (zoom) dan jarak jauh akan membawa kesan anda mengajak pemirsa untuk melihat sesuai dengan apa yang kita inginkan. Orang memetik kopi secara luas akan menggambarkan aktivitasnya, sementara detail memetik kopinya akan memberikan kesan yang berbeda.


Hal ini benar-benar mengabadikan momen dalam cara yang sangat keren dan mengesankan!

5. Gunakan fokus. Saat ini kamera handphone pun sudah diberikan fasilitas auto fokus agar target gambar anda tidak fokus, bahkan efek fokus ini pun saat ini sudah memunculkan efek blur pada gambar yang non target.


6. Pilih latar belakang Anda dengan baik. Latar belakang adalah hal penting untuk mendukung pesan dan kesan foto anda, oleh sebab itu pemilihan latar belakang harus benar-benar selektif agar bisa memberikan penguatan kesan, bukan malah sebaliknya.



7. Rapikan. Perlu untuk menghilangkan gangguan dari foto anda. Sehingga foto terkesan bersih dan tanpa ada gangguan-gangguan yang tidak penting, sehingga ketika audiens anda melihat instagram anda tidak menemukan hal-hal yang tidak penting tersebut.

8. Travel Lens. Saat ini ditawarkan banyak lensa kit untuk kamera hanphone anda, sehingga bisa lebih memberikna keleluasaan dalam mengambil gambar dengan berbagai jarak, berbagai sudut dan berbagai efek. Pergunakan fasilitas ini untuk menghasilkan gambar yang lebih baik, atau jika anda menggunakan kameran travel, maka hal ini sudah tercukupi oleh kamera tersebut.

9. Editing. Jangan pernah lupakan proses ini, terutama editing untuk merapikan, brightness maupun kontras agar foto menjadi jauh lebih baik.

Demikian apa yang bisa saya sharing hari ini, semoga bermanfaat. Selamat mencoba !