Laman

  • Home

Minggu, 19 Februari 2017

Sensasi Antri Dan Makan Sambil Berdiri Mungkin Yang Jadi Daya Tarik Tengkleng Bu Edi Solo

Keseharian Tengkleng Bu Edi (Mbak Tri) Gapura Pasar Klewer Solo, Buka Jam 13.30 dan habis dalam 2 jam.
Tidak perlu teori membangun brand yang njlimet, tidak perlu usaha pemasaran yang melelahkan, asal mampu membuat konsumen anda merekomendasikan usaha anda sudah cukup untuk membuat antrain panjang berdesakan tiap hari. Tidak perlu tempat usaha yang reprentasi dan luas, tidak perlu pegawai banyak yang tersenyum manis tetapi pengunjung rela anti dan makan berdiri hanya untuk sepincuk tengkleng kambing Bu Edi (Mbak Tri).

Sudah lama saya dibuat penasaran dengan fenomena pemasaran ini, dan harus segera membuktikan sendiri kebenarannya dan saya bengong karena .... SEMUANYA BENAR ! Memang Tengkleng Bu Edi di bawah Gapura Pasar Klewer memang fenomenal. 




Orang boleh mengadu kelezatan masakan Tengkleng Bu Edi dengan yang lain, silahkan yang lain dibilang lebih enak, tetapi apakah magnet-nya bisa seperti kios Tengklen kecil ini dalam mendatangkan antrian mobil panjang dan antrian pembeli yang rela berdesak-desakan dan makan berdiri ?

Sensasi antri dan makan berdiri inilah yang mungkin dicari para pembeli, jika ke Solo tidak mampir ke Tengkleng Bu Edi seperti belum lengkap pengalamannya.  


Ada banyak fenomena dalam pemasaran, misalnya fenomena Mak Icih yang mampu melejit dalam waktu singkat tapi tenggelam dalam waktu yang tidak lama pula. Ketika dicermati adalah karena kemampuan pengelolanya yang mampu memanfaatkan sosial media dan internet untuk membuat viral. 

Tengkleng Bu Edi mampu menyuguhkan pengalaman sebuah rasa penasaran dan perjuangan memperolehnya dengan konsisten, yang mampu memaksa pembeli bercerita dan merekomendasikan kepada teman dan kerabatnya.

Itulah mengapa warungnya cuma sekecil itu dan waktu jualannya cuma 2 jam, inilah upaya pemilik warung menjaga "nilai" sensasi penasaran dan perjuangan tersebut. Coba kalo warung itu dibesarkan, pegawai ditambah dan waktu jualan diperpanjang ? Apakah nilai tersebut bisa dipertahankan ?

Kejelian dan kepekaan pemilik usaha terhadap sesuatu yang akan membangkitkan rekomendasi adalah sebuah kemampuan pemasaran yang luar biasa. Jarang sekali seorang pemasar bisa sampai ke taraf ini, kecuali memang mereka benar-benar jeli melihat "penderitaan" dan kebutuhan dari para konsumen. Dan mereka akan hadir sebagai "penyembuh" penderitaan tersebut, dan berhasil.

Lantas nilai apa yang ingin anda kembangkan untuk usaha anda ? Pastinya anda sudah merencanakannya.