Laman

  • Home

Kamis, 02 Februari 2017

RumahUMKM.Net, Edukasi Sembari Minum Kopi


Belajar kadang merupakan sesuatu yang membosankan, terutama bagi para pelaku UMKM yang dituntut untuk selalu padat aktivitas. Edukasi melalui training, seminar dan workshop memang kadang butuh penyesuaian jadwal bagi para pelaku UMKM, belum lagi jika kegiatan tersebut dilakukan di luar kota. Semua hal yang terkait dengan belajar ini jadi semakin menyita waktu para pelaku UMKM, padahal hal ini sangatlah penting bagi pengembangan capacity building dan pengembangan usaha mereka.

Sebenarnya apa yang semakin mahal saat ini ? Tentunya banyak yang akan menjawab bahwa yang semakin mahal saat ini adalah waktu itu sendiri. Dan hal ini harus dipahami benar pada saat ini.

Teknologi canggih sebenarnya sudah ada di tangan para pelaku UMKM, yaitu apa yang dinamakan dengan smart phone. Dan mereka sudah mahir menggunakannya, baik untuk fungsi dasarnya, browsing maupun untuk media sosial. Tinggal bagaimana kita membuat konten edukasi untuk mereka, tanpa mereka beranjak dari tempat kerja mereka.

Itulah sebabnya kami selalu berusaha mengisi konten RumahUMKM.Net dengan informasi dan edukasi yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM, terutama yang paling update. Meskipun fokus kami adalah pada pemasaran dan promosi, tetapi hal-hal yang yang dibutuhkan ke arah tersebut juga pasti sangat dibutuhkan oleh UMKM.

Konten melalui website ini akan dengan mudah dipelajari oleh para pelaku UMKM dimana pun mereka berada, cukup dengan masuk ke website kami dan cari apa yang mereka butuhkan. Belajar sembari minum kopi, itulah kenyamanan belajar bersama kami. Yang lebih penting para pelaku UMKM tidak harus merogoh kocek untuk membayar edukasi ini karena konten ini bisa dipelajari dengan gratis.

Tetapi bagaimanapun juga, meskipun kami jalankan edukasi kami melalui online, edukasi offline pun tetap kami lakukan baik bersama instansi terkait maupun bersama lembaga-lembaga yang lain.

KLINIK BISNIS

Sebenarnya kekuatan kami adalah pada konsultas bisnis untuk UMKM yang kami miliki. Di sini kam akan ajak para pelaku UKMM untuk membedah dan membangun konsep bisnisnya dengan tahapan-tahapan yang aman dan efektif sebelum kami membedah masalah yang dihadapi mereka saat ini.
 


Kadang mengambil kesimpulan yang terlalu cepat terhadap keluhan yang disampaikan mengenai masalah mereka justru sering membawa kita keluar dari masalah yang utama. Misalnya: Ketika UMKM mengeluhkan pemasaran dan akses pasar, tetapi ketika ditelusuri adalah karena kualitas produk mereka memang belum sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar. Ketika mereka mengeluhkan masalah pembiayaan, ternyata mereka belum memiliki pasar yang tetap dan definitif.

Jadi semua harus kami bedah dari pangkalnya sebelum kami memahamkan apa masalah yang sebenarnya mereka hadapi.

Ketika kami fokus pada pemasaran dan promosi, kami menyadari bahwa kami tidak hanyak bisa bertindak sebagai konsultan karena UMKM butuh sesuatu yang praktis. Ketika bicara pasar maka kami sebelumnya harus selalu berkomunikasi dengan pasar mengenai apa yang saat ini mereka butuhkan sebelum kami memberikan jawaban dan solusi kepada para pelaku UMKM.

Membangun jaringan pasar adalah kegiatan rutinias kami yang tujuannya untuk mencari keseimbangan antara supply dan demand. Inilah kekuatan program Rumah UMKM yang sebenarnya karena didukung oleh database yang selalu dibangun oleh TTIC (Trade, Training & Information Center) Kamar Dagang dan Industri Jawa Tengah.

TTIC Kadin Jateng harus selalu update informasi pasar dan perdagangan, karena tugas utamanya adalah menjadi stimulator perdagangan dalam organisasi Kamar Dagang dan Industri Jawa Tengah.

Semoga tulisan kami mengenai apa yang kami lakukan di Rumah UMKM ini bermanfaat bagi para pelaku UMKM yang sebagian belum mengenal kami.