Laman

  • Home

Selasa, 21 Februari 2017

Perencanaan Pemasaran Bagi Usaha Kecil

Related image
Perencanaan Pemasaran Bagi Usaha Kecil

Tugas dari Kamar Dagang dan Industri Jawa Tengah hari ini adalah memberikan pembekalan kepada para pegawai negeri yang masuk masa persiapan pensiun atas dasar undangan dari BKD Propinsi Jawa Tengah. Materi yang diinginkan adalah perihal pemasaran dan pemanfaatan IT untuk pemasaran karena sebagian dari peserta sudah ada yang memiliki usaha.

Kegiatan yang berlangsung di UMKM Center Jawa Tengah Lantai 3 ini merupakan rangkaian program dari BKD Jawa Tengah dalam membekali pegawai masa peersiapan pensiun dengan training kewirausahaan.

Perenanaan Pemasaran Sederhana Bagi Usaha Kecil

Dengan telah memiliki produk, maka pelaku usaha perlu untuk membuat rencana pemasaran. Tetapi sebelum itu, kami memberikan pemahaman kepada para peserta definisi dari MARKETING (pemasaran) dan perbedaan antara MARKETING (pemasaran) dengan SALES (penjualan) yang seringkali campur aduk pengertiannya di kalangan pelaku usaha UMKM.

Bahwa masaran tidak sekedar menjual produk bahkan bukan pula sekedar bisa secepatnya bisa "membuang" produk yang telah dihasilkan, melainkan sebuah rangkain fungsi dan proses mengenali pelanggan dan kebutuhannya serta mengelolanya agar kepuasan pelanggan tercapai.

Dalam pelatihan perencanaan pemasaran ini kami juga menekankan pentingnya memahami permasalahan yang dihadapi pelanggan, misalnya: lakunya mie instan bukan karena pelanggan menginginkan produk mie instan, melainkan pelanggan ingin suatu produk yang bisa cepat saji dan murah. Cepat saji dibutuhkan saat ini karena "waktu" menjadi semakin mahal dari waktu ke waktu.

Pemahaman permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan memberikan peluang solusi yang kita berikan kepada pelanggan adalah solusi yang tepat dan menjadikan produk kita terserap dengan penuh kesadaran oleh pelanggan.


Image result for 4Ps Steps in Marketing
Bauran Pemasran 4P

Memahami pemasaran secara menyeluruh bagi UMKM jelas bukan tahap yang tepat, kita mesti memahamkan hal-hal pokok dan mendasar saja sebegai pengenalan mereka terhadap pemasaran. Seperti bagaimana mengenalkan mereka terhadap bauran pemasaran 4P sebagai suatu tahapan yang secara urut yang harus mereka lakukan dalam mengelola usahanya.

Tahapan dan apa yang harus mereka pelajari di dalamnya adalah sebagai berikut:

1. PRODUCT (Produk)

Pada tahapan ini, pelaku UMKM harus benar-benar memiliki pemahaman yang jelas dan pasti mengenai produk dan produksinya, seperti:
  • Kualitas Produk; yang akan terkait dengan kualitas bahan baku dan proses produksinya. Pembelajaran terhadap teknologi produksi sudah menjadi kewajiban bagi pelaku UMKM dalam memberi jaminan kualitas kepada konsumen. Standard kualitas merupakan tolok ukur yang harus mereka pahami dalam berproduksi.
  • Variasi Produk; Variasi produk adalah sebuah strength point dari produsen dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang bervariasi. Usaha skala UMKM dikenal dengan fleksibilitas produksinya, sehingga variasi produk sebenarnya bisa menjadi kekuatan mereka dalam bersaing dengan industri besar, terutama variasi dengan minimum order yang kecil.
  • Feature & Benefit; fitur dan manfaat dari produk merupakan "inti" dari kebutuhan konsumen yang harus bisa diperjelas dan diperkaya oleh pelaku usaha UMKM dalam memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Brand Name; adalah sebuah citra produk dan usaha yang harus dipersiapkan sejak awal. Unik dan global merupakan kata kunci dalam kesuksesan suatu produk.
  • Desain Produk, untuk mencapai nilai differensiasi yang tinggi, desain produk merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Memiliki desain yang unik dan out of the box merupakan wujud kreativitas yang harus terus dieksplorasi oleh para pelaku UMKM.
  • Kemasan; Kemasaran yang menarik dan informatif merupakan upaya produsen dalam memasarkan produk di pintu awal. Kemasan harus didesain sedemikian rupa sehingga produk ini bisa "menjual diri" tanpa harus ada penjelasan dari penjual.
2. PRICE (Harga)
Setelah tahapan produk, UMKM akan belajar bagaimana membuat strategi harga yaitu mulai dari belajar menghitung HPP (Harga Pokok Produksi) dan selanjutnya:
  • Membuat Pricing Strategy (Strategi Harga); Hal ini diperlukan dalam menyikapi target pasar dan persaingan yang dihadapi.
  • Retail/List Price (Harga Retail / Daftar Harga); Di sini banyak pelaku UMKM terjebak dengan keinginan menjual jangka pendek tapi berpikir efek jangka panjang. Perhitungan harga jual yang mereka lakukan masih tanpa mempertimbangkan kehadiran reseller/agen dan distributor sehingga harga mereka kepada resseler dan distributor disamakan dengan harga retail. Hal ini sangat penting dan paling banyak terjadi di kalangan UMKM terutama skala mikro dan kecil, sehingga pemasaran produk mereka tidak berkembang.
  • Discount; Selain margin untuk resseler dan distributor maka hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah margin untuk "negosiasi" atau bisa dikatakan margin discount. Discount merupakan hal penting yang perlu dipersiapkan oleh UMKM dalam menambah daya tarik transaksi dengan mereka.
  • Term of Payment;  Masih banyak UMKM yang belum bisa berhitung dengan dengan pembayaran tempo. Pemahaman berbagai macam term of payment diperlukan oleh UMKM dalam melakukan negosiasi dan menjaga cash flos usahanya.
3. PLACE (Distribusi)

  • Distribution Channel (Kanal Distribusi); Pemilihan kanal distribusi untuk pemasaran produk merupakan kunci sukses produk tersebut sampai kepada konsumen. Keberhasilan produk di pasaran sangat ditentukan oleh kemampuan disribusinya.
  • Location (Lokasi); Pemilihan lokasi pemasaran terkait dengan persaingan usaha sangat menentukan perkembangan penjualan produk.
  • Inventory (Inventaris); Distribusi tidak terlepas dari sistem inventarisasi yang baik dan benar sehingga, inventaris bisa mudah terlacak.
  • Logistics (Logistik); Adalah terkait dengan mobiltias produk dan penyimpanannya.

4. PROMOTION (Promosi)

Untuk membantu awareness prodk kita di pasar, maka  upaya promosi perlu dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam promosi:
  • Sales Promotion (Promosi Penjualan); Adalah promosi yang terkait dalam penjualan langung.
  • Advertising (Periklanan); Merupakan upaya menyampaikan (komunikasi) pesan atas produk kepada pasar melalui media.
  • Direct/Personal Selling; Penjualan langsung.
  • Campaign (Kampanye); Kampanye produk bisa dilakukan melalui release media, iklan, event dan juga komunitas.
  • Public Relation
Ke-4 tahapan di atas perlu dipahami oleh UMKM dalam mempersiapkan perencaanaan pemasarannya. Karena justru "isi" dari rencana marketing justru lebih banyak dicakup dalam 4 tahap tersebut.

Semoga sharing saya ini bermanfaat.