Laman

  • Home

Kamis, 16 Februari 2017

Pentingnya TOTAL SOLUSI Untuk Kemasan Produk UMKM

Image result for packaging design making
Pentingnya TOTAL SOLUTION Untuk Kemasan Produk UMKM

Bisa dikatakan hampir semua penggiat UMKM tahu bahwa salah satu permasalahan utama pemasaran produk UMKM adalah pada kemasan, disamping mereka tidak tahu siapa target pasar mereka dan bagaimana memasarkan produk mereka dengan efektif.

Terkait masalah kemasan, sudah banyak pelatihan pemasaran digelar oleh instansi terkait dengan menghadirkan banyak pakar kemasan. Bagaimana hasilnya ? Benar, bahwa UMKM yang mengikuti pelatihan menjadi termotivasi, menjadi terinspirasi dengan contoh-contoh kemasan produk yang disajikan tetapi pada akhirnya ketika mereka sudah mampu membuat desain menarik atas kemasan produknya, mereka jadi bingung kepada siapa mereka ingin mengerjakan kemasan ini ?

Ternyata mereka butuh sebuah solusi total dari A sampai Z untuk masalah kemasan, tidak cukup untuk dimotivasi, diajari dan dibekali ilmu-ilmu desain kemasan, yang para pelaku UMKM butuhkan hanyalah simple: Siapa yang bisa lakukan desain dan mengejakannya sekaligus sampai jadi kemasan yang menarik ? Berapa harganya ? Berapa minimum ordernya ? Berapa lama waktu pengerjaannya ?

Bukankah selalu begitu pertanyaan yang akan muncul ? Lantas mengapa jawabannya selalu berhenti hanya pada pelatihan ? Mengapa tidak kita hadirkan para desainer kemasan yang berorientasi global sekaligus didampingi oleh produsen kemasannya ?

Mungkin sebagian instansi saat ini sudah memahami masalah ini, terutama di tingkat propinsi, tetapi masih banyak instansi di daerah kota dan kabupaten yang belum memahaminya..

Sementara ini kami pun belum banyak melihat instansi terkait melakukan pelatihan-pelatihan desain kemasan kepada para produsen kemasan itu sendiri, padahal kunci sukses menghasilkan kemasaan produk yang menarik adalah pada para produsen ini.  Kadang mengajarkan desain kemasan kepada UMKM yang berlatar belakang pendidikan sangat beragam seperti mengajak mereka ke dunia baru yang menciptakan kegagapan pemahaman desain itu sendiri dan juga teknologinya.

Target utama pelatihan desain kemasan justru pada perusahaan produsen kemasan, bukan pada pelaku UMKMnya. UMKM hanya butuh dimotivasi dan inspirasi untuk memiliki kemasan yang menarik, dan bagaimana mendapatkan produsen kemasan yang telah direkomendasi dengan biaya dan miimum order yang terjangkau. Biar semuanya serba praktis dan pada jalurnya masing-masing.

Dari semua gambaran di atas, Rumah UMKM selalu berupaya mendapatkan produsen kemasan yang bisa membantu para pelaku UMKM untuk menghasilkan desain dan produk kemasan yang menarik dengan harga dan minimum order yang tejangkau.

Jika acuan kami adalah masalah kualitas, maka pada awalnya kami telah menggandeng perusahaan kemasan besar, tetapi ketika perusahaan tersebut terkendala overhead produksi untuk melayani order yang kecil dari UMKM mereka mengambil segmen perusahaan menengah saja sementara untuk usaha skala mikro dan kecil belum terlayani.

Nah sekarang ini kami menggandeng produsen kemasan yang lebih ramah untuk usaha mikro dan kecil karena sangat fleksibel dengan mampu melayani penjualan kemasan dalam bentuk blank (tanpa printing) ataupun sudah termasuk printingnya juga. Minimum ordernya pun bisa dibawah 500 pcs untuk kemasan tanpa printing, atau 1000pcs untuk kemasan dengan printing dan harganya pun sangat bersaing.

Jika selama ini kami "terpaksa" merekomendasikan perusahaan kemasan dari Jakarta, Bandung dan Malang kepada UMKM Jawa Tengah, sekarang kami cukup lega dengan keberadaan GOLDEN PACKINDO NUSANTARA di Semarang. Mereka sudah mulai cukup paham dengan apa yang dibutuhkan oleh UMKM.

Berikut beberapa produk yang bisa digarap oleh Golden Packindo Nusantara:









Disamping produk standing pouch di atas, produk lain seperti kemasan di bawah ini bisa digarap oleh produsen ini:




Produk cup atau gelas plastik untuk minuman juga bisa dikerjakan oleh produsen packaging dari Semarang ini, yang memiliki fasilitas gudang di LIK Kaligawe dan Madukoro Semarang.

Tujuan kami menggandeng produsen kemasan adalah untuk memberikan solusi total kepada pelaku UMKM mulai dari motivasi dan inspirasi kemasan yang menarik, pembekalan cara mendapatkan desain dan produk kemasan yang baik dan juga kami siapkan produsennya sekaligus. Mungkin ini yang banyak disebut orang sebagai One Stop Solution.