Laman

  • Home

Rabu, 15 Februari 2017

Obral dan Discount Masih Menjadi Daya Tarik Pembeli

Image result for great sale
Discount masih menjadi daya tarik utama bagi pembeli.

Kadang masih sulit memahamkan pelaku UMKM mebuat promosi discount saat mereka membuka stand dalam sebuah pameran. Oleh sebab itu kami masih perlu mendalami hal ini, apakah mereka belum paham arti promosi atau karena mereka belum bisa berhitung harga jual.

Negosiasi dan discount merupakan aspek psikologis yang perlu disentuh oleh pelaku UMKM dalam memuaskan keinginan pelanggan. Bisa jadi pembeli menawar harga adalah karena memang ada "kebiasaan" di suatu tempat atau karena memang ingin memuaskan ego mereka dalam tawar menawar. Mendapatkan discount atau potongan harga membuat mereka mereka "merasa" menang, meskipun penjualnya pun sebenarnya tidak akan rugi karena mereka telah mampu membuat strategi harga dengan baik.

Oleh sebab itu pelaku UMKM dituntut untuk selalu menyediakan "margin negosiasi" ini agar mereka tetap aman dalam harga. Sebenarnya margin ini pun bisa ditempati oleh "fee" atau komisi bagi pihak lain yang membawa buyer kepada mereka, jadi tidak perlu ada margin ganda discount dan fee, karena mereka bisa dijadikan dalam satu slot. Ketika harus membayar fee maka discount pun tidak akan bisa dihabiskan kecuali jika memang pembelinya didapatkan langsung tanpa perantara maka discount bisa menjadi alat bantu negosiasi yang handal.

Obral dan pesta discount masih dipercaya sebagai alat promosi yang efekstif dalam mengundang konsumen, sehingga perlu selalu dipertimbangkan untuk selalu membuat event ini di toko-toko. Jika pelaku UMKM memiliki produk yang sudah melebihi separo masa kedaluwarsa maka sebaiknya mereka sudah mulai berpikir bahwa produk ini harus segera terjual, dan dengan cara discount dan obral ini maka produk tersebut akan segera terkurangi dan cash flow menjadi normal kembali.

Untuk produk fashion, paling sering kita lihat UMKM memiliki stock yang lama tidak terjual. Kesempatan pameran merupakan peluang untuk menjual stock dengan harga discount. 

Ketika kami memiliki fasilitas stand pameran untuk UMKM pun, kami akan meminta mereka menggelar obral atau discount di stand tersebut. Tujuannya adalah untuk menghadirkan daya tarik bagi pengunjung agar berkunjung ke stand mereka.