Laman

  • Home

Kamis, 23 Februari 2017

Memulai Kreativitas Dari Hal Kecil

Memulai Kreativitas Dari Hal Kecil
Sampai hari ini kami masih menyakini bahwa kreativitaslah yang akan membawa pelaku usaha keluar dari persaingan yang ketat, terutama pelaku usaha di bidang art & handicraft. Semua hal ini berdasarkan dari apa yang kami lihat dan temui di lapangan selama ini.

Kreativitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan merupakan hal yang perlu dicermati oleh para pelaku usaha. Ketika harusnya mereka hanya berpikir bahwa mereka akan memasok produk melalui bagian pengadaan atau purchasing, mereka ternyata melihat bahwa bagian marketing (promosi) juga merupakan pasar yang perlu digarap karena pasarnya bisa jadi lebih luas daripada kebutuhan rutin di bagian pengadaan.

Bagian promosi juga memiliki anggaran untuk belanja produk-produk promosi, atau disebut dengan gift dan merchandise yang bentuknya bisa bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.

Brand icon merupakan salah satu yang bisa dibidik oleh para pelaku usaha, sebagaimana yang dilakukan oleh Nuanza Porcelen yang mengincar pasar dalam negeri khusus untuk kebutuhan promosi. Banyak produk mereka yang "sangat berkelas" sudah mulai dipesan berbagai brand besar untuk menjadi icon dari brand mereka. Produk-produk kecil ini dibutuhkan cukup banyak dengan tujuan memberikan impresi kepada pelanggannya.
 

Miniatur Mesin ATM yang dibuat sebagai DESK DECORATION
 
Produk Bola Golf, Belum Finish.
Di pasar ini, Nuanza Porcelen melihat begitu banyak peluang pasarnya apalagi didukung kemampuan produksinya yang melebihi rata-rata produsen yang ada. Bahkan boleh dikatakan masih sulit mencari pesaing untuk kualitas produksinya.


Kualitas dan kemampuan produk dalam memuaskan kebutuhan pelanggan akan menjadi daya saing yang dibutuhkan oleh perusahaan. Banyak produk baru muncul karena kebutuhan pelanggan dan kemampuan kreativitas mereka.

Kemampuan membuat icon brand-brand besar merupakan kemampuan mendasar bagi mereka untuk tetap eksis dalam bisnis keramik di Indonesia, yang boleh dikatakan banyak yang sudah "runtuh", sementara Nuanza Porcelen tetap eksis dengan produk-produknya yang inovatitf. Kami merasa bahwa optimisme mereka bahwa pasar keramik sebenarnya sangat terbuka luas dan bisa masuk ke dalam segala aspek kehidupan. Mulai dari bidang arsitek dengan produk tile dan mosaicnya, kitchenware dengan produk table warenya, produk teknis seperti isolator keramik dan produk figurine, bahka saat ini mereka telah mengembangkan produk fashion accessories.

Banyak yang harus dipelajari UMKM lain dari Nuanza Porcelen dalam membangun namanya melalui kreativitas dan inovasi, bahwa yang membuat mereka besar bukanlah ukuran pabriknya melainkan karya-karya produknya yang berkelas global.