Laman

  • Home

Kamis, 23 Februari 2017

Berita Dari Colombo : Presiden Sri Lanka Pastikan Kehadiran di KTT IORA

Wamenlu Dr AM Fachir diterima Presiden Sri Lanka Yang Mulia Maithripala Sirisena
Colombo, 23 Februari 2017 – Presiden Sri Lanka, Yang Mulia Maithripala Sirisena pastikan kehadirannya pada Indian Ocean Rim Association (IORA) Leaders’ Summit (KTT IORA), dan menyambut baik undangan untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, tanggal 7-8 Maret mendatang di Jakarta. Kepastian tersebut disampaikan dalam kunjungan kehormatan Wakil Menteri Luar Negeri, Dr. A.M. Fachir kepada Presiden Sri Lanka di Kolombo, saat menyampaikan undangan Presiden RI untuk menghadiri KTT IORA dan undangan kunjungan kenegaraan ke Indonesia.

KTT IORA akan mengesahkan dan menandatangani IORA Concord sebagai bentuk komitmen politis para Kepala Negara/Pemerintah negara anggota IORA dalam mendorong penguatan regionalisme di kawasan Samudra Hindia. KTT IORA di Jakarta akan menjadi tonggak sejarah sebagai pertemuan Kepala Negara/Pemerintahan yang pertama. KTT IORA diharapkan akan dihadiri oleh Para Kepala Negara/Pemerintahan Negara anggota IORA dan para Menteri Luar Negeri serta diikuti sejumlah organisasi internasional dan Negara tamu.

Kunjungan Presiden Sri Lanka bulan depan merupakan momen bersejarah, mengingat kunjungan terakhir Perdana Menteri Sri Lanka adalah pada tahun 1976. Hubungan bilateral kedua negara yang selama ini telah terjalin akan dipertajam melalui peningkatan kerja sama di bidang usaha kecil dan menengah, perikanan dan pendidikan tinggi. 

Wamenlu bertemu dengan 15 pengusaha di Sri Lanka
Di sela-sela kunjungan kehormatan, Wamenlu juga melakukan pertemuan dengan 15 pebisnis di Sri Lanka yang bergerak di bidang furnitur, farmasi, bahan makanan dan kertas. Wamenlu mengundang pebisnis Sri Lanka untuk turut berpartisipasi pada IORA Business Summit, tanggal 6 Maret 2017 di Jakarta sekaligus menjadi bagian dari kunjungan kenegaraan Presiden Sri Lanka ke Indonesia.