Laman

  • Home

Sabtu, 18 Februari 2017

Belajar Pemasaran Dari Pasar

Pasar Gede Solo, Bagaimana Produk Lokal Bersaing Dengan Produk Nasional
Anda ingin belajar pemasaran ? Cobalah untuk datang ke pasar riil yang di sekitar anda, coba perhatikan bagaimana pasar itu bekerja. Bagaimana supply and demand berkolaborasi harmonis di pasar, bagaimana penjual dan pembeli berkomunikasi dan bagaimana kesederhanaan bahasa yang terpakai di dalamnya. Banyak hal bisa dipelajari secara praktis di pasar.

Hari ini saya memilih pasar tradisional di Solo, yaitu Pasar Gede Solo. Saya ingin belajar banyak di sini, sekaligus ingin melihat apa yang menjadi produk dominan di sini yang tentunya tidak ada di daerah lain. Saya ingin membuktkan apakah memang Solo itu kota yang murah pangan di Pasar Gede ini, sementara murah sandangnya di Pasar Klewer nanti.


Pasar Gede memang didominasi oleh pedangang buah, tapi cobalah masuk ke dalam lagi.

Berbagai maacam sambel ada di los tengah ini.

Aneka sambel dan rempah kering menjadi daya tarik Pasar Gede Solo.

Minum dawet di tengah pasar, sensasi lain main di pasar tradisional.
Pasar Gede Solo memang selalu berbenah, mungkin sekarang jauh lebih rapi dibandingkan saat anda datang ke Pasar Gede terakhir kalinya. Di bagian depan pandangan kita disuguhi oleh pedagang buah. Karena masih pagi, saya sempatkan sebelum ke Pasar Gede, sarapan dulu di Timlo Sastro yang pagi ini sudah penuh pengunjungnya.

Timlo Sastro ini memang sudah menjadi langganan kami sejak lama, dan setiap ke Pasar Gede saya akan selalu sarapan di sini.

Makanan khas, berbagai macam sambel dan bermacam-macam rempah kering adalah tujuan saya datang ke Pasar Gede Solo ini. Kebetulan hari ini suasana tidak terlalu padat untuk menikmati suasana pasar, sambil coba bela-beli berbagai makanan tradisional di los tengah. 

Mengobrol dengan para pedagang mengenai rutinitas usahanya merupakan bagian dari pembelajaran saya pagi ini, bertanya mengenai siapa saja pembeli mereka dan apa yang paling banyak mereka beli merupakan informasi yang sangat penting bagi saya. Bagaimana kenaikan harga-harga yang terjadi saat ini, dan pengaruhnya terhadap permintaan pasar adalah informasi update yang saya butuhkan untuk memperkaya informasi.

Bicara teori pemasaran mungki akan menjadi hal yang sangat membosankan, pengalaman praktis akan menghangatkannya karena banyak hal yang rumit dalam teori akan menjadi begitu sederhana dan mudah dalam prakteknya, demikian pula hal yang seolah mudah dalam teori tetapi sulit dilakukan dalam prakteknya. Kuncinya adalah kita harus masuk ke pasar dan mulai terlibat di dalamnya, itulah pembelajaran yang sesungguhnya.

Memberikan keseimbangan teori dan praktek akan membuat beberapa pelatihan pemasaran yang sering saya lakukan bisa berjalan dengan cair, karena kita pernah mengalaminya. Pengalaman praktis membuat kreativitas dan inovasi menjadi muncul, dan inilah yang saya harapkan dalam setiap perjalanan ini.