Laman

  • Home

Senin, 27 Februari 2017

Bedah Konsep, Sebelum Memberikan Solusi Pemasaran


Bedah Konsep, Sebelum Memberikan Solusi Pemasaran
Bertahan pada konsep awal, Rumah UMKM memberikan layanan konsultasi pemasaran dan promosi secara praktis kepada para pelaku UMKM. Fokus pada promosi dan pemasaran ini yang merupakan fokus kami, dan sebuah langkah sinergi dengan pembinaan UMKM yang dilakukan pemerintah, baik propinsi maupun kota dan kabupaten, yang merupakan mitra kami.

Klinik Bisnis UMKM akan selalu menjadi program andalan kami, dan masih tetap kami gelar pada hari Selasa dan Jumat setiap minggunya. Mungkin program ini yang kami sebut sebagai "pendampingan" kepada para pelaku UMKM, karena kami akan bantu mereka memecahkan permasalahan usaha mereka.

Bedah konsep merupakan awal kami berkomunikasi dan berdiskusi dengan pelaku UMKM, dimana kami akan membawa pelaku UMKM kembali kepada tujuan awal usahanya dan selanjutnya memberikan langkah-langkah mencapai tujuan tersebut dari kondisi usahanya saat ini. Tanpa mengetahui apa yang mereka tuju, apa yang merekan inginkan dan apa progress dan kondisi usaha mereka, kami tidak berani memberikan solusi yang dibutuhkan.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut di atas dengan dialog interaktif dengan para pelaku UMKM, kami akan meramu formulasi solusi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelaku usaha. Mungkin inilah yang disebut "one-to-one consultancy", dan sangat mungkin solusi satu UMKM dengan UMKM lain, meskipun produknya sama, bisa sangat berbeda karena latar belakang dan tujuan yang berbeda.

Beberapa hal yang sering dikonsultasikan kepada kami oleh para pelaku UMKM adalah: Bagaimana membuat konsep bisnis yang sesuai dengan keinginan pasar ? Bagaimana mengenali pasar yang tepat untuk produk mereka ? Bagaimana membuat kemasan produk yang menarik ? Bagaimana membangun brand sejak awal ? Bagaimana memasarkan produk yang efektif dan efisien ? Bagaimana mengoptimalkan pemasaran secara online dan banyak lagi. Membuat mereka tersenyum lega setelah berkonsultasi dengan kami merupakan tujuan kami membuat klinik konsultasi bisnis ini.

Bahkan pada perkembangannya saat ini, banyak UMKM dari luar propinsi dan perusahaan besar pun ikut memanfaatkan klinik konsultasi ini, karena memang mungkin klinik ini sulit mereka dapatkan. Apalagi ketika kami juga membuka klinik konsultasi grafologi dan feng shui yang mampu mereview sebab dan akibat dari kegagalan usaha dan bagaimana menemukan usaha yang cocok dengan karakter dan minat mereka.