Laman

  • Home

Senin, 27 Februari 2017

7 Restoran Indonesia di Luar Negeri yang Membuat Bangga

Melengkapi tulisan sebelumnya, bersama ini saya sharing tulisan dari www.bobobobo.com yang cukup menarik, yaitu: "7 Restoran Indonesia di Luar Negeri yang Membuat Bangga". Semoga tulisan ini juga menjadi pembuktian bahwa membuat toko dan restoran di luar negeri bisa menjadi alternatif bisnis bagi para pelaku usaha di Indonesia.

563abc5294c01
7 Restoran Indonesia di Luar Negeri yang Membuat Bangga
Masakan Indonesia sudah mulai mencuri hari para pecinta kuliner dunia.
Semua orang pasti akan menyebut masakan khas negaranya sebagai masakan yang paling enak di dunia. Tapi bicara mengenai masakan Indonesia, ini bukan sekadar jiwa nasionalisme. Meski belum sepopuler masakan Jepang ataua Italia, siapapun yang pernah mencicipi hidangan penuh rempah khas Indonesia, pasti akhirnya akan jatuh cinta. Terbukti dari sejumlah restoran Indonesia yang menjadi favorit turis dan penduduk lokal di negara-negara berikut ini.

1. Blauw (Amsterdam, Belanda)
blauw 2

Selama 350 tahun, Indonesia sempat menjadi bagian dari Belanda, jadi memang tidak sulit menemukan restoran yang menyajikanan sajian khas Tanah Air di negeri kincir angin ini. Nyaris semua kota memiliki lebih dari satu restoran Indonesia yang otentik, tapi yang sering disebut-sebut sebagai restoran Indoensia yang terbaik adalah Restaurant Blauw di Amsterdam. Terletak di Amstelveenseweg, restoran ini menyajikan rijstaffel alias menu sample yang berisi belasan hingga puluhan menu khas Indonesia dalam porsi kecil atau menu ala carte seperti biasa. Interiornya yang edgy juga menjadikan Blauw sebagai tempat favorit para hipster lokal untuk hang out sambil foto-foto. Selain di Amsterdam, Blauw juga memiliki satu cabang lagi di kota Utrecht.

2. Bagus (Osaka, Jepang)

bagus
Sebagai pusat wisata kuliner di Jepang, tidak heran jika Osaka juga menjadi tempat di mana kita bisa menemukan restoran Indonesia paling populer di negeri sakura ini. Tidak seperti restoran Indonesia lain di Jepang yang namanya biasanya dilafalkan dalam huruf kanji, restoran Bagus terbilang lebih populer di kalangan turis (terutama dari Indonesia) karena namanya yang ditampilkan menggunakan huruf Latin dan sangat catchy. Dari masakan Padang, gado-gado hingga bakso, semua hidangan yang membuat Anda rindu pada kampung halaman bisa Anda nikmati di sini. Harganya memang cenderung lebih mahal dibanding restoran lain di Osaka, tapi setara dengan porsinya yang jumbo!

3. Borobudur Ristorante (Genoa, Italia)
Di Italia, sangat sulit mencari restoran yang tidak menyajikan masakan Italia. Tapi, terselip di salah satu sudut jalanan di kota Genoa, ada satu restoran yang dari namanya saja Anda pasti sudah tahu bahwa masakan yang disajikan adalah khas Indonesia: Borobudur Ristorante. Genoa sendiri adalah kota pelabuhan terbesar di Italia, di mana ribuan kapal berlabuh dan memasuki Italia melalui jalan laut. Tidak heran jika pelanggan utama Borobudur Ristorante adalah para pelaut dan kru kapal pesiar asal Indonesia. Menariknya, selain nasi goreng dan mie goreng, ternyata menu favorit lain di Borobudur adalah bir Bintang yang hanya bisa Anda dapatkan di restoran ini jika berkunjung ke Italia.

4. Bali Bali (London, Inggris)

bali bali
Di London juga tidak terlalu sulit menemukan restoran Indonesia yang tersebar di berbagai sudut kota dan sebagian besar merupakan restoran otentik dengan chef asli dari Indonesia. Tapi, yang paling populer di berbagai situs travel adalah Bali Bali yang terletak di Shaftesbury Avenue, tepatnya di area trendi, Soho. Meski namanya Bali Bali, resto ini tidak hanya menyajikan hidangan khas Bali, tapi juga masakan lain, seperti rendang, nasi uduk hingga martabak. Bonus lainnya, di antara restoran di London yang overpriced, di Bali Bali Anda bisa makan kenyang tanpa menguras isi dompet.

5. Nusantara Restaurant (Berlin, Jerman)

LajumanRestaurantNusantara-Berlin2
Sedang berada di Berlin dan rindu ingin menikmati berbagai macam puluh masakan Indonesia? Coba mampir ke Nusantara Restaurant. Restoran Indonesia ini dikenal dengan pilihan menunya yang sangat banyak. Jangan heran jika kebanyakan tamu membutuhkan waktu lama untuk memilih makanan karena bingung harus memesan yang mana. Salah satu menu favorit di sini adalah tongseng kambing, tapi jika Anda hanya ingin sekadar ngemil tempe mendoan, lontong sayur atau es cendol, di sini juga ada, kok.

6. Simpang Asia (Los Angeles, AS)
simpang 3

Via Patch
Semua orang Indonesia yang pernah tinggal atau berlibur di LA pasti familiar dengan tempat makan ini. Anda mungkin bisa menemukan hidangan Indonesia yang lebih otentik di restoran lain, tapi Simpang Asia lebih jadi favorit karena harganya yang terjangkau dan lokasinya yang lebih strategis di National Boulevard. Pemiliknya, Leni Kumalasari, berasal dari Malang, jadi bisa dipastikan menu-menu yang ada di sini diolah langsung oleh tangan orang Indonesia. Pilihan menunya juga cukup beragam dan ada pilihan bagi Anda yang vegan, vegetarian atau jika Anda hanya bisa menikmati makanan gluten free.

7. Bali Nusa Indah (New York City, AS)

20111215-BaliNusaIndah-interior
Jika Simpang Asia popular di West Coast, di East Coast ada Bali Nusa Indah yang menjadi favorit para New Yorkers. Tempatnya di 9th Avenue tergolong kecil, tapi ditata cantik dengan dekorasi khas Bali. Selain menyuguhkan menu khas Bali, restoran ini juga menyajikan masakan khas daerah lain dari Indonesia. Sebut saja Sop Buntut, Opor Ayam, dan Batagor. Bagi Anda pecinta masakan pedas, jika restoran Indonesia lain di luar Asia biasanya menurunkan level kepedasan agar bisa diterima oleh warga lokal, di Bali Nusa Indah, pedas yang Anda nikmati akan sama dengan pedasnya masakan yang biasa Anda nikmati di tanah air.