Laman

  • Home

Selasa, 03 Januari 2017

Sertifikasi HACCP


Image result for haccp certificate logo
HACCP Certificate

Sertifikasi HACCP adalah suatu sistem yang mengakui bahwa sistem dan prosedur bisnis makanan telah dikembangkan, didokumentasikan dan diterapkan sesuai dengan HACCP. HACCP singkatan dari Hazard Analysis Critical Control Point  dan pada dasarnya merupakan alat untuk membantu mengidentifikasi dan mengendalikan bahaya keamanan pangan yang mungkin terjadi dalam bisnis makanan.


Sertifikasi HACCP diberikan oleh otoritas sertifikasi eksternal yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan penilaian terhadap sistem HACCP atau perencanaan HACCP. Bisnis makanan harus selalu memastikan bahwa sertifikasi HACCP badan eksternal atau pihak ketiga memiliki kualifikasi yang diperlukan untuk menyediakan layanan ini.

SUCOFINDO memastikan penerapan keamanan pangan.  

TANTANGAN BISNIS

Perkembangan dunia pangan yang kian maju menuntut setiap negara untuk melakukan kerjasama untuk memenuhi kebutuhannya. Proses perdagangan internasional tidak selalu  mudah dilakukan dan lazimnya ketentuan yang diterapkan oleh negara tujuan menjadi hal yang tidak dapat ditawar lagi.

Regulasi dan isu sensitif tentang pangan menjadi pertimbangan suatu negara untuk dapat mengimpor pangan dan bahan pangan dari negara lain. Untuk mengatasi permasalahan tersebut , industri makanan dan minuman yang berorientasi ekspor harus memenuhi standar mutu internasional terkait sistem manajemen keamanan pangan.

Hal ini juga merupakan persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan yang bergerak dalam rantai makanan.

Standar Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP) menjawab tuntutan keamanan pangan dan membantu perdagangan produk pangan yang memenuhi kriteria keamanan pangan serta tuntutan konsumen terhadap kesehatan dan kelestarian lingkungan.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Sertifikat HACCP merupakan bukti penerapan HACCP secara efektif yang diterbitkan lembaga sertifikasi independen dan merupakan jaminan keamanan pangan melalui sistem yang dirancang secara sistematis dan terintegrasi.
Adapun untuk lingkup pemeriksaan seperti :

  1. Kakao, Teh dan Hasil Olahannya,
  2. Gula, Madu dan Hasil Olahannya,
  3. Lemak, Minyak dan Hasil Olahannya,
  4. Buah Sayuran dan Hasil Olahannya, 
  5. Air Minum dan Produknya serta Minum ,
  6. Daging dan Hasil Olahannya,
  7. Hasil Unggas dan Hasil Olahannya,
  8. Serelia, Biji-bijian, Umbi-umbian, dan Hasil Olahannya,
  9. Bahan Pembantu dan Bahan Tambahan Pangan,
  10. Rempah-rempah dan Hasil Olahannya dan
  11. Bumbu

Manfaat

  1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan;
  2. Meningkatkan citra dan kompetensi perusahaan/organisasi;
  3. Meningkatkan kesempatan perusahaan/organisasi untuk memasuki pasar global;
  4. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan terhadap produk;
  5. Partisipasi dalam program keamanan pangan;
  6. Pendukung sistem jaminan mutu.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi  

SUCOFINDO adalah salah satu dari lembaga sertifikasi pertama di Indonesia, dengan cakupan sertifikasi sistem manajemen (mutu, lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja), sertifikasi produk, HACCP, sertifikasi pangan organik serta berbagai sertifikasi yang lain. Kami memiliki auditor yang mempunyai kualifikasi yang lengkap untuk berbagai sektor usaha.

Jaringan  

SUCOFINDO memiliki titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.  Kami bermitra dengan lembaga sertifikasi  asing dari negara tujuan ekspor Indonesia.

Jasa Sesuai Kebutuhan Pelanggan

SUCOFINDO senantiasa berusaha untuk menawarkan solusi yang menjawab kebutuhan para pelanggannya.

Pengakuan

SUCOFINDO adalah anggota ALSI (Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia). Jasa-jasa kami yang lain berakreditasi ISO 17020, 17025 dan bersertifikasi ISO 9001.

PELAKSANAAN PEKERJAAN

Proses Sertifikasi HACCP

  1. Pendefinisian ruang lingkup sertifikasi;
  2. Kunjungan pendahuluan dilakukan untuk melihat analisis gap dan diagnosis antara standar yang diterapkan oleh organisasi terhadap HACCP;
  3. Sertifikasi audit dalam 2 tahap yaitu :
    1. Tahap 1    :
      Audit pendahuluan, yakni audit dokumen dan  pre-audit untuk menguji tingkat penerapan sistem HACCP di organisasi, guna persiapan pelaksanaan audit sertifikasi;
    2. Tahap 2    :  
      Audit sertifikasi, yakni  audit komprehensif untuk menilai efektivitas penerapan HACCP berdasarkan sistem dokumentasi yang telah dibuat dan ruang lingkup aplikasi HACCP;
  4. Sertifikasi diterbitkan oleh SUCOFINDO – ICS sesuai dengan ruang lingkup penerapan sistem HACCP dan standar yang diaplikasikan oleh perusahaan serta berlaku selama 3 tahun sejak tanggal pengesahannya;
  5. Audit pengawasan akan dilakukan oleh SUCOFINDO – ICS untuk memantau tingkat pemeliharaan sistem HACCP;
  6. Audit sertifikasi-ulang, setelah 3 tahun SUCOFINDO – ICS akan melakukan audit sertifikasi secara keseluruhan terhadap organisasi yang telah di sertifikasi.

Image result for sertifikat HACCP
Contoh Sertifikat HACCP