Laman

  • Home

Senin, 23 Januari 2017

Apa Yang Bisa Dilakukan RumahUMKM.Net untuk UMKM ?

Image result for rumahumkm.net
RumahUMKM.Net untuk Informasi, Edukasi dan Promosi UMKM
Tidak mudah menggiring pelaku UMKM untuk akrab dengan media informasi dan edukasi berbasis internet, butuh waktu dan kesabaran untuk menuntunnya ke arah sana. Itulah yang kami lakukan dari hari ke hari, mencoba mengarahkan semua informasi dan edukasi ke arah digital melalui konten-konten yang ada di RumahUMKM.Net.

Di situs ini para pelaku UMKM bisa mencari informasi dan edukasi apa yang dibutuhkan oleh mereka dalam membangun dan menata usahanya, terutama informasi-informasi yang up to date. Mereka bahkan bisa belajar cukup di situs ini, dan selanjutnya akan dilayani oleh Klinik Konsultasi Bisnis yang kami miliki, yang siap untuk memberikan solusi praktis tentang permasalahan promosi dan pemasaran yang sering mereka hadapi sehari-hari. Bukan hanya itu saja, karena di belakang kami adalah "pasar" itu sendiri, otomatis para pelaku UMKM akan mendengar langsung apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasar atas produknya.

Beberapa tulisan kami tentang produk UMKM menciptakan respon pasar yang cukup signifikan, karena tulisan ini sampai kepada pasar yang kami tuju. Lebih dari itu, jaringan investor yang kami miliki juga mulai melirik usaha-usaha UMKM yang memiliki prospek industrialisasi.

Perlu diingat bahwa payung kami adalah Kamar Dagang dan Industri Propinsi Jawa Tengah yang merupakan payung semua organisasi dan asosiasi pelaku usaha di Jawa Tengah, yang merupakan komunitas bisnis terbesar di Jawa Tengah dengan koneksinya ke berbagai komunitas pelaku usaha lain di luar propinsi maupun luar negeri. Potensi inilah yang semestinya dipertimbangkan oleh para pelaku UMKM yang memang kami sadari masih belum mengenal kiprah Kadin Jawa Tengah.

Beberapa UMKM masih melihat "hanya" pemerintah yang bisa membantu mereka dalam mengembangkan usaha, karena dalam benak mereka, pemerintah bisa membeikan bantuan "dana" dan "alat" yang mereka butuhkan dengan sistem "hibah". Kami tidak ada fasilitas ini, tetapi pemerintah pun saat ini juga tidak memiliki fasilitas ini lagi. Yang kami berikan adalah umpan dan kadang juga ikannya, ketika memang para pelaku UMKM benar-benar kebingungan dalam persimpangan jalan.

Dengan pengalaman memberikan konsultasi untuk usaha besar atau brand besar, kami memberikan bakti kami kepada para pelaku UMKM dengan membuka Klinik Konsultasi Bisnis khusus promosi dan pemasaran, yang kami yakin bahwa konsultasi dan solusi praktis kami akan sangat jauh berbeda dengan klinik konsultasi manapun. Konsultasi para pelaku UMKM kami layani setiap hari Selasa dan Jumat secara off line.

Mulai minggu ini pun kami membuka klinik konsultasi yang benar-benar unik, dan mungkin baru pertama kali di dunia pembinaan UMKM ini, yaitu Klinik Konsultasi Grafologi dan Feng Shui untuk Bisnis dimana kami akan membaca potensi dan permasalahan pelaku dan usahanya melalui tanda tangan dan tulisan tangannya serta logo perusahaannya. Setelah kami mengetahui potensi dan permasalahannya kami pun akan memberikan kurasi dan alternatif solusinya kepada para pelaku UMKM. Memang klinik ini berbeda dengan klinik sebelumnya yang gratis, klinik konsultasi dan grafologi untuk bisnis adalah klinik  yang berbayar meskipun dengan tarif UMKM.

Selain semua di atas, Rumah UMKM sebagai mitra pemerintah juga mendampingi instansi terkait dalam kurasi dan seleksi pelaku dan produk UMKM yang akan menjadi unggulan Jawa Tengah, seperti ajang Eksportir Tangguh dan UKM Pangan Award. Kerjasama yang strategis ini memberikan Rumah UMKM peluang untuk menilai UMKM-UMKM unggulan yang ada di Jawa Tengah untuk kami akselerasi promosi, brand and pemasarannya.

Semua kembali kepada keputusan UMKM itua sendiri, apakah ingin bersama kami atau ingin berkembang sendiri karena kami hanya melayani.