Laman

  • Home

Senin, 05 Desember 2016

Wonderground, Pameran Desain Kreatif Indonesia di Chiang Mai Design Week 2016

Wonderground, Pameran Desain Kreatif Indonesia di Chiang Mai Design Week 2016
Rumah Sanur - Creative Hub & Toko - Concept Store membawa produk dan desain life style ke Chiang Mai Design Week 2016 melalui pameran Wonderground-nyaTidak sekedar pameran produk, Wonderground secara harfiah berarti "kecantikan yang tertancap ke bumi", tema ini tercermin dalam pemilihan desainer Indonesia yang karyanya  dipamerkan di Chiang Mai Design Week, 3-11 Desember 2016 di Thailand.


Wonderground


Ayip Budiman - Kurator Wonderland & Co-Founder Rumah Sanur mengatakan bahwa ini mengenai eksplorasi kreatif dan eksperimen untuk menciptakan produk dengan desain estetika, fungsi dan kualitas melalui proses yang mengintegrasikan pengembangan masyarakat dan kesadaran lingkungan.


Wonderground fitur produk dan desain oleh:

Sapu Upcycle

Sapu Upcycle

Sapu Upcycle

Sapu

SAPU adalah komunitas seni kreatif yang berbasis di Salatiga, Jawa Tengah. Mereka terdiri dari beragam anak muda berbakat, desainer, seniman, pengrajin dan recyclists. Keinginan mereka adalah untuk memanfaatkan bahan berlimpah dan tidak diinginkan. Menggunakan ban, ban dalam, botol plastik dan majalah, mereka melihat kemungkinan untuk menciptakan keindahan perhiasan upcycled, tas dan aksesoris.

Amigdala Bambu

Amigdala Bambu percaya bahwa desain bukan hanya tentang estetika, mereka percaya bahwa itu adalah alat yang ampuh untuk membuat dampak sosial. Amigdala menggunakan bambu sebagai bahan utama mereka, yang telah mereka kembangkan menjadi berbagai macam produk; dari dekorasi rumah, furniture, aksesoris fashion. Fokus amigdala adalah kerajinan, pengetahuan, menjaga integritas bambu dan menciptakan dampak sosial bagi pengrajin lokal.


Rempah Rumah Karya

Sekedar ruang, Rempah Rumah Karya juga merupakan laboratorium kreativitas yang berkelanjutan dan desain dengan workshop yang menghasilkan berbagai produk dan desain yang terbuat dari kayu. Mereka menggabungkan kayu bekas dengan bahan lain, menciptakan pensil buatan tangan berkualitas, bangku, nampan dan dekorasi rumah.


Spedagi

Spedagi Sepeda Bambu menggunakan bambu untuk frame sepeda mereka, yang merupakan buatan tangan di daerah pedesaan (Kandangan Village, Jawa Tengah. Indonesia). Bambu menawarkan karakteristik unik, ringan, kuat, fleksibel dan memiliki kemampuan untuk menyerap getaran lebih baik dari logam atau bahan serat karbon. Dirancang oleh Singgih, sepeda bambu diciptakan untuk menjadi  conversation starter tentang gerakan desain yang berkelanjutan.

Radio Magno
Radio MAGNO Made in Temanggung

Magno Radio Kayu adalah kecil, sederhana dan indah dalam bentuk, diproduksi dengan kualitas pengerjaan yang tinggi. Magno menggunakan produksi kerajinan sebagai kegiatan ekonomi alternatif, yang memiliki potensi untuk dikembangkan dan tumbuh di desa-desa (Desa Kandangan, Jawa Tengah. Indonesia). Produksinya membutuhkan teknologi dan investasi minimal, dan memanfaatkan bahan lokal yang melimpah.

Sesuai dengan visi Rumah Sanur - Creative Hub & Concept Store, Wonderground akan menjadi bagian pameran dan bagian laboratorium - ruang eksperimen untuk mengembangkan dan belajar tentang desain yang berkelanjutan, dan menyatukan jaringan desainer dan seniman yang berkolaborasi dengan lokal pengrajin dan UMKM untuk menciptakan 'produk life syle yang bertanggung jawab'.


Wonderground dipamerkan selama Chiang Mai Design Week di Thailand Creative & Design Center (TCDC) Gallery Chiang Mai, 1/1 Muang Samut Road, Kecamatan Changmoi, Muang, Chiang Mai 50300.

Penulis : Ayib Budiman