Laman

  • Home

Minggu, 25 Desember 2016

Tips Meracik Kopi Yang Benar

Image result for Cara Meracik Kopi Yang Benar
Tips Meracik Kopi Yang Benar
Cita rasa kopi banyak ditentukan oleh keahlian mengolah dan meraciknya dengan benar. Hal ini perlu sekali dipahami oleh para pelaku UMKM sebagai referensi pengetahuan yang mendasar.

Bagaimana cara meracik kopi yang benar? Sudah tidak dipungkiri lagi kalau secangkir kopi yang nikmat dapat membangkitkan suasana. Apalagi jika kita menyeruputnya di pagi hari, di samping dapat menghangatkan badan, sajian kopi tersebut bisa juga membuat tubuh terasa segar, bertenaga, dan penuh semangat.

Tapi tahukah Anda, ternyata untuk dapat meracik minuman kopi yang benar diperlukan teknik-teknik penyeduhan tertentu. Faktanya, proses penyeduhan kopi akan berpengaruh besar terhadap kualitas citarasa dan aroma dari kopi buatan Anda. Tanpa disadari, Anda telah kehilangan begitu banyak kenikmatan dari kopi yang selama ini Anda bikin tanpa menggunakan metode yang tepat.

cara-meracik-kopi.jpg

Nah, berikut ini panduan ala Kopinian tentang langkah-langkah peracikan kopi yang tepat.

Langkah 1 : Persiapan Awal

Sebelum mulai membuat kopi, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu prosedur persiapan awal yang mesti dilakukan. Usahakan untuk selalu pakai bahan baku berupa biji kopi yang masih segar. Semakin fresh coffee beans yang Anda gunakan, maka mutu rasa dan aromanya bakal semakin baik. Gunakan juga peralatan pembuatan kopi yang memadai. Pastikan alat-alat tersebut dalam kondisi bersih sebelum dipakai.

Langkah 2 : Penggilingan Biji

Setelah biji kopi disangrai atau roasted sedemikian rupa, kini waktunya untuk menggilingnya. Disarankan untuk memakai mesin burr atau mill grinder daripada blade grinder karena hasil gilingannya lebih baik dan konsisten. Hati-hati jika Anda menggiling biji kopi terlalu halus maka rasanya akan sangat pahit, sebaliknya bila hasil bubuk kopi terlalu kasar akan mengakibatkan sensasi rasa kopinya akan hambar.

Langkah 3 : Penyeduhan Kopi

Selain kualitas dari bubuk kopi, air yang dipakai untuk menyeduh bubuk kopi juga bakal mempengaruhi mutu kopi buatan Anda. Sebaiknya gunakanlah air minum yang telah disaring atau air mineral. Di sisi lain, jangan pernah menggunakan air suling maupun air yang sudah diturunkan kadar mineralnya. Dalam setiap 1 gram bubuk kopi, campurkan dengan air sebanyak 15 ml begitu seterusnya.

Air yang dipakai untuk menyeduh bubuk kopi sebaiknya pula tidak terlalu panas. Dianjurkan untuk menggunakan air yang memiliki suhu berkisar antar 90-96 derajat celcius sehingga proses ekstraksinya lebih optimal. Pengguanaan air yang betemperatur terlalu rendah akan mengakibatkan kopi terasa datar, sementara jika terlalu tinggi hasilnya kenikmatan kopi pun akan banyak yang menghilang. Guna mendapatkan air yang mempunyai suhu dalam rentang ini, Anda bisa merebus air sampai mendidih, lalu mendiamkannya sekitar 1 menit.

Setelah pengetahuan dasar tersebut di atas, para pelaku UMKM selanjutnya perlu mendapatkan referensi bagaimana membuat kopi yang enak dan nikmat. Nah, referensi berikut ini bisa diserap ilmunya:




Kopi menjadi salah satu minuman yang sangat digemari di dunia, bahkan untuk beberapa orang minum kopi sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Meski banyak pendapat tentang kandungan dalam kopi yang berefek negatif bagi kesehatan, namun kopi tetap digemari oleh hampir  80% – 90% populasi orang dewasa di dunia.

Jika kamu adalah salah satu penikmat kopi, ada beberapa cara membuat kopi agar lebih nikmat. Kamu harus memperhatikan kualitas air, kualitas biji kopi itu sendiri, proporsi yang menentukan kadar kepekatan kopi, dan beberapa faktor lainnya. Serunya lagi adalah saat ini kita bisa membeli alat-alat pembuat kopi manual dan membuatnya sendiri. Caranya pun mudah, kamu bisa membuat kopi racikanmu sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara membuat kopi nikmat yang bisa kamu coba:

Filter Method / Drip Method


Metode ini merupakan cara membuat kopi populer yang banyak digunakan oleh masyarakat karena terbilang sederhana dan efisien.

cara membuat kopi (5)

Cara membuat kopi dengan metode ini sangat mudah. Kopi bubuk diletakkan pada kertas saring yang terdapat di atas bejana kopi. Kemudian air panas akan dituang di atasnya, kopi kemudian diseduh dengan memanaskan bejana tersebut dan kopi pun siap disajikan.

French Press 

Kalau metode French Press ini sering kamu temui di kedai-kedai kopi. French Press atau Plunger/Cafetiere ini bisa mengekstrak banyak citra rasa yang terdapat dalam kopi bubuk. Kamu bisa membeli alat  French Press ini dengan harga yang terjangkau.


cara membuat kopi (3)

Cara menggunakannya juga terbilang simple, masukkan kopi bubuk secukupnya ke dalam Frensh Press, tuangkan air mendidih yang sebelumnya telah didiamkan selama 1 menit ke dalam French Press tersebut. Pastikan kamu menuangkan air mendidih dari teko ke dalam French Press dengan posisi yang agak tinggi dari  French Press itu sendiri karena ini bisa menghasilkan gelembung air yang akan membuat aroma kopi menjadi lebih nikmat. Kemudian aduk rata, makin lama diaduk maka akan membuat aroma dan rasa kopi lebih menyatu. Langkah terakhir adalah dengan menekan kopi menggunakan tutup French Press secara perlahan. Tuangkan racikan tersebut ke dalam cangkir dan kopi pun siap dinikmati.

Turkish Coffee

Metode ini disebut juga dengan Arab Method. Sebenarnya metode ini merupakan asal muasal cara pembuatan kopi yang pertama kali. Dengan menggunakan metode ini, kamu bisa menghasilkan kopi dengan rasa yang sangat pekat. Metode ini cocok buat kamu yang memang menyukai kopi dengan rasa yang kuat.

cara membuat kopi (2)

Pertama-tama untuk membuat kopi ini ada menggiling biji kopi secara manual dengan menggunakan lesung dan alu atau mesin penggiling kopi (kahve de─čirmeni). Bubuk kopi tersebut kemudian ditaruh di sebuah bejana (ibrik) dengan gula dan air. Campuran ini diasuk dan didisihkan hingga 3 kali. Kopi pun siap disajikan.

Espresso 

Mesin Espresso ini bisa dibilang adalah salah satu mesin yang canggih untuk membuat kopi. Hampir semuanya bisa dijalankan secara otomatis, termasuk dalam pengaturan suhu. Namun tetap saja kopi yang dihasilkan nanti ditentukan dari pengalaman-pengalaman kamu sendiri dalam membuat kopi.

cara membuat kopi (1)

Cara membuat kopi dengan mesin espresso terbilang agak rumit, terutama bagi kamu yang memang pertama kali menggunakannya. Pertama kali yang harus dilakukan adalah menghaluskan biji kopi, dengan menggunakan mesin Espresso ini, kamu bisa mengatur kehalusan kopi yang tepat sesuai selera kamu, yang jelas makin halus akan bisa menghasilkan rasa yang nikmat. Taruh biji kopi yang sudah halus ke dalam Porta Filter, namun pastikan sudah di-flushing (bersihkan) dan dikeringkan terlebih dahulu. Usahakan agar permukaan kopi halus pada Porta Filter rata, dengan mengetuk Porta Filter atau cukup mengetuknya. Langkah terakhir adalah melakukan Ekstraksi Espresso, dengan memanfaatkan Variable Presseru kamu bsisa mengeluarkan flavor yang kamu inginkan.
cara membuat kopi 10
Keempat metode tersebut hanyalah contoh cara membuat kopi menggunakan mesin. Saat ini makin banyak referensi membuat kopi yang bisa kamu temukan di Youtube atau internet. 

Tujuannya dari tulisan ini adalah untuk membekali teman-teman yang tertarik untuk menggeluti usaha cafe dan memberdayakan kultur minum kopi di Indonesia. Semoga bermanfaat.