Laman

  • Home

Sabtu, 24 Desember 2016

Ready Made Food, Makanan Siap Saji Untuk Cafe Fast Food Anda.

Image result for Ready Made Food
Ready Made Food, Makanan Siap Saji Untuk Cafe Fast Food Anda
Seberapa cepat anda bisa memasak untuk pengunjung warung atau resto anda ? Pasti tidak akan lebih cepat jika hanya memanaskannya dalam microwave. Dan saat ini trend cafe & resto siap saji sudah mulai merebak, bahkan Indomaret pun sudah melakukannya di Indomaret Poin. 

Bukan tanpa alasan, saat ini waktu bagi sementara orang adalah semakin mahal. Mereka sulit mencari waktu hanya sekedar untuk makan siang (di lingkungan perkantoran), sehingga hadirnya cafe & resto kecil siap saji yang menyediakan berbagai menu siap saji semakin dilirik sebagai peluang usaha bagi para pemula usaha.

Ya, memang waktu akan semakin mahal dari hari ke hari karena memang seperti itulah perkembangan jaman saat ini. Orang terlalu sibuk hanya untuk sekedar makan siang, dan anda akan hadir sebagai pemecah permasalahan mereka. 

Nah, sekarang siapa yang akan menyediakan menunya ? Banyak pelaku UMKM yang sudah mulai melirik membuat menu makanan siap saji dalam bentuk frozen (beku) yang hanya tinggal memanaskannya ke dalam microwave ketika hendak disajikan. Praktis, sepraktis si pemilik cafe & resto yang cukup menyediakan microwave bukan alat masak lengkap. 

Para penyedia menu makanan siap saji pun sudah menyediakan kemasan yang praktis, yang bisa berfungsi sebagai piring atau media makan, selain tambahan sendok dan garpu plastik,. Jadi, pemilik cafe & resto benar-benar bisa berhemat dengan biaya mencuci piring, sendok dan garpu. Hal ini benar-benar sepraktis makanan siap saji di atas pesawat terbang jarak jauh, makanan tinggal dimasukkan microwave atau boiling machine dan siap untuk disajikan.

Pembungkus yang biasa dipakai adalah aluminium foil atau bahkan sekarang pun sudah ada plastik yang sudah bisa tahan panas sampai batas tertentu.

Perkembangan semacam ini harus disikapi sebagai peluang usaha karena perubahan life style dari pasar, terutama di kota-kota besar. Nah, sekarang bisakah UMKM menangkap peluang ini ? 

Banyak menu tradisional yang layak diolah sebagai makanan siap saji, baik basah maupun kering. Konsekwensinya para pelaku UMKM harus banyak berkonsultasi mengenai teknologi pengolahan pangannya kepada ahli teknologi pangan agar produk yang dihasilkannya benar-benar bisa memenuhi standard keamanan pangan dan nutrisi makanan tersebut tidak rusak karena pengolahan dan pengawetan yang dilakukan.

Nah, silahkan anda memulainya jika sudah memahami ide tersebut di atas. Semoga sukses dan jangan takut mencoba yang baru, karena yang baru ini jelas-jelas akan menjadi trend di masa mendatang.