Laman

  • Home

Rabu, 28 Desember 2016

Panduan Bagaimana Mendapatkan Modal Dari Investor

Image result for get money from investor
Mendapatkan Modal Dari Investor
Modal menjadi sangat penting ketika pemasaran UMKM sudah mulai meningkat, dan seringkali pelaku UMKM terkendala untuk mendapatkan pinjaman dari perbankan karena mereka tidak memiliki agunan atau jaminan. 

Salah satu upaya yang perlu dicoba oleh pelaku UMKM adalah dengan monyodorkan proposal bisnisnya kepada investor, dan mendapatkan modal dari para investor.

Berikut ada beberapa informasi tahapan penting yang perlu dicatat oleh para pelaku UMKM ketika hendak mengajukan proposal bisnis kepada para investor:

1. Membangun Sebuah Tim yang Kredibel

"Jangan datang ke saya sendiri." kata Mike Scanlin, kapitalis ventura dan CEO Born To Sell, sebuah perusahaan investasi yang berbasis di Los Altos, California.  


Bisnis yang ditawarkan harus berupa organisasi usaha yang telah berjalan dan terbukti berjalan, dan memiliki tim yang kredibel dalam menjalankan bisnis ini. Pelaku UMKM harus mampu menyodorkan portofolio usaha dan sistem manajemen perusahaan yang tertulis dan menyakinkan.

"Seorang investor profesional tidak akan berinvestasi di satu orang." Tim harus relevan, jadi jangan hanya memilih dua teman yang tidak memiliki pengalaman di bidang usaha anda. 

"Juga, pastikan bahwa tidak ada seorang pun di tim ini terkait satu sama lain. Anggota keluarga bekerja sama adalah "bendera merah besar" kepada investor." Mohon bisa dipahami hal ini dengan baik, dan dengan pikiran yang terbuka.

"Mendekati investor dengan valuasi untuk kesepakatan yang telah ditentukan atau tidak realistis bukan ide yang baik," kata Mike Scanlin. 

"Sebaliknya, memberitahu investor bahwa Anda masuk akal dan akan membiarkan pasar menentukan valuasi perusahaan Anda.

"Saat pemeriksaan ide, investor hanya akan melihat perusahaan Anda memiliki scalable, ide ditiru." kata Herb Sih, managing partner dari Think Big Partners, tahap inkubator bisnis awal yang berbasis di Kansas City, Missouri. 

Pastikan Anda sudah menjual beberapa layanan atau produk (atau memiliki prospek penjualan masa depan) sebelum bertemu dengan investor.

"Anda mungkin memiliki ide bagus, tetapi jika pasar tidak menginginkannya, Anda tidak memiliki apa-apa," kata Sih. 

"Tanyakan pada diri sendiri:" Apakah itu terukur? Anda dapat meniru itu? Bisa Anda membuat ide itu muncul di industri lain?" Jika jawabannya tidak, kami tidak yakin itu layak dilakukan.

"Memiliki 'resep rahasia' untuk menarik investor, Anda harus memiliki teknologi dipatenkan atas produk yang diciptakan, akses eksklusif untuk paten, atau cara rahasia melakukan hal-hal yang sulit bagi pihak lain untuk menirunya," kata Mike Scanlin.

"Sebuah penghalang bisnis juga merupakan tanda yang bagus untuk investor. Sebagai contoh, jika seorang pemimpin di ruang Anda telah memutuskan untuk menggunakan Anda secara eksklusif, yang besar."

"Dasar ketakutan medasar bagi investor adalah ketika minggu setelah Anda memberikan $ 5 juta untuk sebuah perusahaan, beberapa Venture Capital juga akan melakukan hal yang sama persis."

"Anda ingin tampil beda, maka dokumenkan segalanya  Anda benar-benar harus memiliki pegangan yang benar pada buku Anda dan memastikan semuanya dalam format yang tepat," kata Sih.  "Misalnya, apakah Anda memiliki properti intelektual? Paten? Pastikan Anda memiliki semua yang mendukung sebelum pergi ke investor. 

"Membangun dewan pemimpin pemikiran. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang berkualitas, bahkan jika Anda tidak dapat menyewa mereka penuh waktu," Scanlin menyarankan. "Jika Anda bisa mendapatkan seorang profesor universitas atau ahli bisnis untuk duduk di dewan penasihat Anda dan memberi Anda kontak dalam industri Anda, yang merupakan pertanda baik untuk investor.

"Periksa rencana bisnis Anda. Alih-alih mendekati investor dengan rencana bisnis 80-halaman, Sih menyarankan tetap sederhana dan menempel ke bagian yang paling penting: jalan ke profitabilitas, intelijen kompetitif, dan ringkasan eksekutif." 

"Saya ingin melihat tahun pertama atau dua tahun-jalan Anda dasar untuk profitabilitas," katanya. "Saya ingin melihat ringkasan eksekutif dari inti konsep - apa masalah yang Anda pecahkan? Apakah Anda memiliki pemahaman tentang ancaman di pasar? Apa pesaing Anda terlihat seperti? 

"Memenuhi pasar yang besar" Investor tidak mau mendanai bisnis kecil, bisnis niche," kata Scanlin. "Karena angel investor dan VC menganggap bahwa investasi itu berisiko, mereka perlu hits besar sekali-sekali untuk mengatasi jumlah besar dari total wipeouts yang mereka alami. Cara paling pasti untuk memiliki hit besar adalah untuk mengatasi $ 1 miliar pasar, atau lebih besar. 

"Sabar Pendanaan startup tidak dapat dilakukan setiap saat." Menurut Scanlin, sebagian besar investor malaikat dan pemodal ventura membuat hanya satu investasi per bulan.

Semoga sharing ini bisa dijadikan panduan oleh teman-teman yang sedang memburu modal dari investor. Terima kasih.