Laman

  • Home

Rabu, 07 Desember 2016

Mentoring Start Up Digital di Dekanat Fakultas Teknik UNDIP

Mentoring Start Up Digital di Dekanat Fakultas Teknik UNDIP
Memenuhi undangan dari Kadin Kota Pekalongan untuk menjadi nara sumber "Cara Cerdas Memulai Usaha" dalam acara Mentoring Start Up Digital yang merupakan kerjasama Kadin Kota Pekalongan dengan Fakultas Teknik UNDIP dan BPPT pada hari Rabu 7 Desember 2016 di Dekanat Fakultas Teknik UNDIP, kami memberikan panduan konsep dan model bisnis bagi para start up dari Kadin Kota Pekalongan dan start up dari Fakultas Teknik UNDIP.

Kegiatan pembekalan ini dilanjutkan dengan memberikan klinik bisnis kepada para start up dalam menghadapi permasalahan usaha yang sedang dirintisnya. Masalah pengelolaan usaha menjadi topik utama bagi para start up digital yang merupakan binaan dari fakultas teknik UNDIP. Mereka belum bisa fokus pada usaha yang dirintisnya karena masih sibuk dengan kegiatan kuliah. Kemampuan mereka membuat konsep, model dan business plan yang baik merupakan tuntutan yang mendasar ketikan mereka harus mencari mitra pengelola atau investor untuk usaha mereka.

Sementara ini start up dari Kadin Kota Pekalongan yang berhasil melakukan inovasi bahan (fabric) untuk membuat sepatu dari daun jati merupakan hal yang sangat menarik dan prospektif. Dalam kesempatan ini kami mengarahkan start up tersebut untuk fokus pada produksi bahan saja, daripada harus berpikir lebih rumit pada produksi sepatu, tas, dompet dan sabuk.

Dengan memproduksi bahan daun jati menjadi pengganti kulit, maka pasarnya menjadi lebih luas dan lebih menjanjikan. Karena start up tersebut bisa suppli bahan baku untuk para UMKM yang memproduksi sepatu, tas, dompet dan sabuk. Kami juga menganjurkan kepada start up ini untuk mendaftarkan hak cipta penemuannya tersebut untuk melindunginya dari persaingan bisnis yang tidak sehat.


Sepatu Daun Jati

Sepatu Daun Jati
Kami melihat prospek yang sangat besar pada penemuan bahan daun jati sebagai bahan kulit sepatu in, dan sangat memungkinkan untuk pengembangan lebih lanjut. Kami pun sudah kontak beberapa desainer yang kami kenal dan menginformasikan temuan ini dan mereka pun siap untuk bekerjasama dengan start up tersebut.