Laman

  • Home

Selasa, 06 Desember 2016

Lumpia King, Ingin Ekspansi Gaya Kaki Lima

Outlet LUMPIA KING di UMKM Center Jateng
Selasa 6 Desember 2016 ini sudah ada 3 pelaku UMKM ingin konsultasi dengan mengambil tempat di UMKM Center Jawa Tengah. Salah satunya adalah Pak Edi dari Lumpia King, yang sore ini saya temui di outletnya.

Terus terang saya merupakan pelanggan Lumpia King, karena cocok dan harganya ramah di kantong. Biasa, dinikmati sambil ngobrol dengan teman-teman di UMKM Center ini.

Topik saya dengan Lumpia King hari ini adalah, bagaimana cara ekspansi usaha Lumpia King ini ke daerah tanpa harus membangun franchise terlebih dahulu.

Harus kita pahami, bahwa untuk pelaku UMKM skala mikro membangun franschise masih merupakan "sesuatu" yang merupakan "perjalanan jauh" dan harus menunggu waktu yang cukup lama. Lantas apakah memang harus seperti itu jalurnya ?

Tentu tidak, ekspansi tetap bisa dilakukan tanpa harus melalui franchise secara "ideal". Sebagaimana sering saya sampaikan kepada teman-teman UMKM, banyak jalan menuju Roma. Jual bisnis, bukan cuma jual produknya. Misalnya, buat perhitungan bisnis ekspansi dengan cara gerobak lumpia, mulai dari investasi pembuatan gerobak, resep dan training pembuatannya, kontrak supply bahan baku dan bagaimana menghitung harga jual.

Tidak perlu perhitungan bagi hasil seperti yang dilakukan oleh idealnya sebuah franchise, pelaku UMKM bisa mendapatkan profit dari paket bisnis ini plus secara kontinyu supply bahan baku.

Nah, sistem inilah yang salah satunya bisa dilakukan oleh LUMPIA KING sambil meniti perjalanan mengurus franchise-nya.

Tentunya kita tahu bahwa di luar sana, banyak orang yang masih kebingungan mencari peluang usaha sementara di sini sudah ada peluang bisnis lumpia king yang sudah siap dijalankan. Nah, tunggu apa lagi ?