Laman

  • Home

Sabtu, 03 Desember 2016

Art Shop Hotel, Peluang Bagi Pemasaran Produk Kerajinan UMKM


Image result for gift shop at hotel
Artshop Hotel, Peluang Bagi Pemasaran Produk Kerajinan UMKM

Produk kerajinan dari UMKM di Jawa Tengah, banyak ragamnya dan banyak pulan yang telah tembus pasar ekspor. Jadi sebenarnya bahwa pasar untuk produk ini masih tetap terbuka, jika misalnya banyak UMKM yang mengeluhkan pemasaran produknya, maka perlu dicermati apakah desain dan kualitas produknya telah layak untuk memenuhi kebutuhan pasar atau belum. Di sinilah fungsi pembinaan UMKM akan banyak berperan.

Perkembangan bisnis hotel dan tingkat huniannya di Jawa Tengah yang semakin meningkat dalam masa ekonomi sulit sekalipun memberikan gambaran bahwa masih ada peluang yang bisa dikembangkan untuk memasarkan produk kerajinan UMKM di Jawa Tengah. Bahwa setiap hotel dan resort pasti dibangun dengan konsep yang berbeda-beda karena menyasar konsumen yang berbeda harus benar-benar dipahami oleh para pelaku UMKM. 

Mereka tidak bisa memasarkan produk kerajinan untuk pasar menengah ke bawah di resort mewah, atau sebaliknya. Mereka harus terus diedukasi masalah ini, selain juga diedukasi bagaimana membuat kerajinan yang bisa tembus untuk pasar menengah ke atas, yaitu dengan peningkatan kualitas desain dan produk. 

Perlu diingat bahwa, yang dimaksud dengan art dan gift adalah sesuatu yang mengandung kearifan lokal yang kuat, yang merupakan ciri khas dan keunikan dari suatu daerah. Sehingga kerajinan yang perlu dikembangkan adalah kerajinan yang benar-benar unik dan khas, baik dari sisi bahan baku, proses maupun desainnya.

Art Shop Sebagai Alternatif Profit Center Bagi Hotel dan Resort

Edukasi ini merupakan upaya yang saat ini kami sampaikan kepada teman-teman pengelola hotel dan resort, bahwa selain kamar, ruang meeting, spa dan resto masih ada alternatif profit center yaitu dari penjualan produk di art shop. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika ada hotel yang mengembangkan art shop dan gallery sampai bisa ekspor sendiri, meskipun mungkin pengelolaannya harus melalui pihak ketiga.

Beberapa hotel dan resort telah menghubungi kami untuk konsultasi pengembangan bisnis ini disamping juga konsultasi untuk mendapatkan vendor yang sesuai dengan konsep artshop mereka. Bahkan resort-resort yang menghubungi kami adalah resort-resort yang berkelas internasional.

Jika di segmen pemasaran ini bisa berkembang, maka pemasaran produk kerajinan dari UMKM akan tersalur dengan baik. Biarlah para UMKM produsen fokus pada produksi, desain dan kualitas, agar mereka tidak terbenani upaya pemasaran yang sulit dan berbiaya tinggi.

Kerjasama dengan hotel dan resort akan terus kami kembangkan, termasuk pendampingan kepada hotel dan resort tersebut dalam membuat konsep art shop yang sesuai dengan pasar mereka.

Ketika waktu semakin berharga, maka sesingkat apapun waktu mereka di hotel masih bisa digunakan oleh pelanggan untuk berbelanja di lingkup hotel atau resort tersebut. Inilah konsep yang perlu di kembangkan.