Laman

  • Home

Jumat, 11 November 2016

Semangat Itu Penting, Belajar itu Harus Bagi UMKM !

Sermier Super Pak Mudji, Klien Klinik Konsultasi Bisnis UMKM Kadin Jateng
Jumat, 11 November 2016 ini klinik Konsultasi Bisnis UMKM kami kedatangan UMKM produsen pangan dari Semarang. Namanya Mas Kirman, yang berdomisili di Banyumanik Semarang, yang memproduksi sermier (semacam opak dari singkong) dengan merk Pak Mudji.

Pertama kali pertanyaan saya kepada Mas Kirman, yang saya pikir adalah "Pak Mudji", adalah mengapa merknya Pak Mudji ? Ternyata Pak Mudji adalah nama orang tuanya yang mewariskan resep sermier ini kepada Mas Kirman, yang awalnya adalah pegawai swasta yang ingin mencoba usaha sendiri. Produk ini telah dipasarkan berdasarkan pesanan dari teman-temannya, dan ingin terus dikembangkan untuk lebih besar lagi.

Pertanyaan saya selanjutnya adalah mengapa bentuk sermier harus seperti itu ? Mengapa tidak kotak, segitiga atau bulat-bulat kecil ? 

Justru pertanyaan saya ini yang memicu ide pengembangan dari Mas Kirman untuk mencoba sermier dengan bentuk berbeda, yaitu kotak ataupun bulat kecil. Selama ini memang masyarakat tahunya sermier bentuknya adalah lempengan bulat besar, sehingga penampilannya masih kurang menarik. Kami melempar pertanyaan itu memang agar pelaku usaha ini bisa membuat sebuah inovasi dari segi bentuk.

Selanjutnya konsultasi kami lebih mengarah kepada bagaimana meningkatkan kualitas kemasan yang saat ini masih cukup sederhana. Sebelum kami memberikan arahan kemasan, kami mengajak Mas Kirman untuk sekedar mengenal pasar yang akan menjadi sasaran penjualannya, selanjutnya setelah memahamkan segmentasi dan target pasar kepada Mas Kirman, kami memberikan beberapa ide kemasan yang "mungkin" akan membuat produknya "berbeda" dengan produk UMKM lain.

Membuat produk yang unik sangatlah penting.

Untuk masalah cita rasa, kami sudah puas dengan produk sermier super ini. Tetapi membuat produk ini unik, itulah yang menjadi pertanyaan saya selanjutnya kepada Mas Kirman. Kami memberikan panduan apakah produk ini mau dibuat unik dalam bentuk, rasa maupun kemasannya ? Agar produk ini menjadi berbeda.

Produk yang unik sangat membantu akselerasi promosi dari produk itu sendiri, oleh sebab itu pelaku usaha harus memikirkannya sejak awal sebelum meluncurkan produk ini. Kami berharap nanti UMKM ini mampu membuat produk sermier dengan bentuk kotak, atau segitiga dengan kemasan seperti biskuit yang sering kita temui di mini market atau supermarket. 

Varian rasa juga perlu dipertimbangkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, dan memenuhi variasi selera yang ada.

Apa yang saya salut dengan Mas Kirman adalah semangatnya memulai usaha, dan semangat belajarnya. Semoga dengan produk yang saat ini sudah cukup baik cita rasanya beliau bisa mengembangkan produknya seperti apa yang dia inginkan saat berkonsultasi dengan kami.
Sukses terus Mas Kirman !