Laman

  • Home

Senin, 21 November 2016

Selamat Bagi 5 UMKM Pangan Jawa Tengah yang Menjadi Pemenang UKM Pangan Award 2016 !


UMKM Pemenang UKM Pangan Award 2016
Kementerian Perdagangan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri menyelenggarakan event tahunan UKM Pangan Award 2016 untuk menjaring produk pangan dengan inovasi terbaik dari seluruh Indonesia. Penghargaan atau apresiasi tersebut diberikan kepada pelaku usaha Usaha Kecil Menengah (UKM) pangan yang telah berinovasi memperkenalkan potensi produk unggulan daerah yang berkualitas dan berdaya saing.

Melalui UKM Pangan Award 2016, Kementerian Perdagangan (Kemendag) ingin membuka kesempatan dan peluang bagi pelaku UKM yang sudah mengembangkan produk pangan lokal berbasis daerah untuk bisa berkembang dan memperkenalkannya ke pasar yang lebih luas.

"Tujuan acara ini untuk memotivasi para pelaku usaha agar mampu memberdayakan sumber bahan baku pangan dari kekayaan alam Indonesia. Kegiatan ini juga membantu industri UKM untuk berpromosi menumbuhkan produk dari segi mutu, keamanan, dan minat profesionalisme usaha yang lebih komersial," kata Direktur Jendral Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan dalam acara Penganugerahan UKM Pangan Award dan Pameran Produk Pangan 2016 di Jakarta, Senin 21 November 2016.

Ia mengatakan, pada tahun ke-10 ini, UKM Pangan Award 2016 mengalami peningkatan jumlah peserta dari 278 produk pada 2015 sekarang menjadi 417 produk dari 25 provinsi. Dari 417 produk tersebut, terjaring 304 produk yang dinilai dalam proses penjurian final pada 1 November 2016 lalu.

Ke-304 finalis dinilai dari berbagai aspek pokok meliputi, inovasi, originalitas, proses produksi, dan orientasi komersial. Kemendag menetapkan 20 pemenang dalam kategori umum dan khusus.

Untuk kategori umum yakni makanan siap saji, kemasan minuman, camilan dan bumbu dapur. Khusus produk makanan khas daerah yaitu inovasi produk pangan baru, dan buah-buahan tropis Indonesia.

Para peraih penghargaan UKM Pangan Award berhak mendapat trofi, sertifikat, dan bantuan berupa uang pembinaan dari Bank BRI. Adapun juara pertama kategori umum dapat Rp12 juta, dan Rp7,5 juta untuk runner-up. Sementara untuk kategori khusus, juara pertama dapat Rp10 juta, dan Rp7,5 juta runner-up.

Menurut Sekertaris Jenderal Kemendag Srie Agustina, para pemenang dipilih berdasarkan kreativitas dan inovasi di bidang pangan yang dianggap mampu mengembangkan dunia usaha perekonomian Indonesia. Ia menambahkan selama ini para pemenang UKM Pangan Award telah berhasil meningkatkan nilai penjualan dan memperluas pasar.

"Dari laporan pengembangan penjualan produk perkembangan penjualan produk pemenang UKM Pangan Award 2015, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 56 persen," tutur Srie Agustina. ---

5 Pemenang UKM Pangan Award dari Jawa Tengah Berfoto Bersama.

Berita di atas kami kutip dari otonomi.co.id karena saat acara penyerahan penghargaan ini kami tidak bisa mendampingi teman-teman UMKM Jawa Tengah yang berprestasi tersebut. Tetapi hal ini tidak pernah mengurangi rasa bangga kami kepada semangat para pelaku UMKM Jawa Tengah yang memenangkan penghargaan ini, yaitu: Mbak Novi ABON Koki, Mbak Uswatun Khasanah, Mas Alfa Gemilang, Pak Joko Budi Wiryono GULANAS dan Pak Trisila Juwantara YUASAFOOD.

Berikut adalah daftar pemenang UKM Pangan Award 2016:

Daftar Pemenang UKM Pangan Award 2016
Semoga ajang ini mendorong pelaku UMKM lain di Jawa Tengah untuk mengikuti jejak para pemenang penghargaan ini di masa mendatang.

Acara ini juga menghadirkan perwakilan dari pasar modern dengan jaringan besar di seluruh Indonesia, seperti Trans Mart (Trans Retail), Lion Superindo, Alfa Midi dan Indomaret yang telah siap memasarkan produk-produk UMKM pemenang dalam ajang ini.