Laman

  • Home

Jumat, 25 November 2016

Pada Akhirnya Mereka "Ingin Menggaji", Bukan Digaji.

Image result for be entrepreneur
Be Entrepreneur ... Ready ?

Kami tidak tahu apakah keterlibatan program Rumah UMKM ini dalam pembinaan UMKM dan pengembangan kewirausahaan di Jawa Tengah benar-benar telah menginspirasi banyak pihak. Yang kami tahu adalah beberapa tahun terakhir ini kami banyak mendapatkan respon masyarakat yang ingin memulai bisnis dan mengembangkan bisnis, baik dari masyakat umum, mahasiswa maupun dari kalangan karyawan perusahaan.

Saat itu kami tidak begitu memperhatikan respon yang semakin banyak dari masyarakat, karena fokus kami hanya berusaha memberikan yang terbaik kepada lebih banyak pelaku usaha atau pemula usaha. Tetapi melihat respon yang di luar dugaan kami ini, antara bangga dan melihat tantangan yang jauh lebih besar di hadapan kami, kami harus berpikir lebih jauh lagi ke depan dengan pelayanan yang lebih baik terutama menjangkau semua kota dan kabupaten di Jawa Tengah dan tentunya itu butuh bantuan dari pemerintah dan semua pihak yang terkait.

Membangun Kewirausahaan

Sejalan dengan keinginan dan tujuan dari Kadin Jawa Tengah sebagai payung organisasi kami, membangun kewirausahaan merupakan tugas dan rutinitas dari program Rumah UMKM di bawah unit TTIC Kadin Jateng. Untuk menjadi negara yang besar, maka jumlah wira usaha harus dikembangkan secara berlipat di negara ini dan kami ingin menjadi bagian kecil dalam cita-cita besar ini.

Ketika ada pepatah yang mengatakan: "Bahwa semua ada masanya." ... Ternyata di ruang lingkup kami yang kecil hal ini menjadi terbukti bahwa banyak di antara teman-teman yang sudah sukses dalam kariernya dalam perusahaan memiliki keinginan untuk memiliki usaha sendiri dan membesarkan usahanya sendiri tersebut. Mereka ingin "menggaji" karyawan bukan digaji seperti selama ini. Mereka mengatakan bahwa mereka ingin lebih mulia dari sekedar seorang karyawan. Monggo silahkan saja, yang penting mereka harus memiliki komitmen dan konsistensi yang kuat terhadap keinginannyanya tersebut.

3 tahap yang harus kami lalui untuk memdampingi mereka menjadi seorang wira usaha adalah:
  1. Membangun MINDSET (Pola Pikir) dan sikap mental wira usaha kepada mereka. Bahwa pasti menjadi pengusahan dan menjadi karyawan adalah sangat berbeda adanya. Tahapan ini menjadi masa yang sangat penting bagi seorang pemula usaha untuk membuat mereka siap mental dengan kondisi yang "yang tidak pasti" dan "siap gagal".
  2. Ketika usaha sudah mulai, tentu mereka akan banyak menghadapi banyak kendala baik dalam produksi maupun yang paling penting adalah dalam membangun OMZET. Omzet dibangun dari upaya pemasaran dan penjualan, yang akan kami dampingi untuk membuat konsep dan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan model bisnis dan kemampuan usahanya.
  3. Ketka OMZET sudah mereka dapatkan maka, tugas utama kami kepada para pelaku UMKM adalah membangunkan ASSET yang akan menjadi jaminan keberlangsungan usaha mereka.
Tentunya dalam membangun tahapan (1) kami akan banyak membantu teman teman-teman pemula usaha dalam mengembangkan sebuah konsep atau mereview konsep mereka, jika telah ada. Bisnis yang sukses selalu diawali dengan sebuah konsep dan rencana yang matang, sederhana apapun konsepnya. Konsep bisnis yang baik adalah konsep bisnis yang bisa beradaptasi dengan tantangan jaman dan dapat dikembangnkan.
Tentunya dalam menjalankan 3 tujuan pembinaan kami di atas para pemula dan pelaku usaha akan melalui beberapa pelatihan dan pembinaan, konsultasi dan bahkan mungkin pendampingan. Semua pembinaan yang kami lakukan adalah membuat mereka menjadi wira usaha mandiri dan mampu bersaing global.
Maju bersama Kadin Jawa Tengah !