Laman

  • Home

Minggu, 20 November 2016

Inspirasi Dari Dapur Keluarga Digelar di UMKM Center Jawa Tengah

Tim Lengkap Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Tengah
Terbukti benar bahwa stabilitas negara ditentukan oleh perekonomiannya, dan perekonomian negara ditopang oleh ekonomi rakyat yang berwujud keluarga. Ketika setiap keluarga atau rumah tangga sudah berdaya dalam menopan ekonominya maka stabilitas ekonomi akan terjaga. Meskipun terkesan lebay, tapi itulah adanya. Buktinya ketika para keluarga hadir dalam event "Inspirasi Dari Dapur Keluarga", yang diselenggarakan oleh NCC (Natural Cooking Club) yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Tengah di UMKM Center Jawa Tengah pada hari Minggu 20 November 2016, tidak terjadi kerusuhan sama sekali. HeHe

Event yang dimaksudkan untuk memberikan inspirasi kepada para ibu rumah tangga ini bahwa dari dapur keluarga bisa lahir bisnis rumahan yang mampu membantu menopang kebutuhan keluarga, bahkan tidak mungkin dalam pengembangannya nanti bisnis rumahan ini bisa berkembang lebih besar lagi.

Acara yang dibuka oleh Bapak Sondhy Purwoko, Kepada Bidang Pemberdayaan UKM dari Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Tengah dan juga Ibu Fatmah Balawan yang merupakan founder dari NCC ini, mengundang 3 komunitas NCC dari Yogya, Solo dan Semarang untuk berkompetisi "inspirasi" baik inspirasi dalam ide usaha, inpirasi foto kreatif masakan dan lomba inspirasi memasak.

Di sinilah para peserta berkompetisi memperlihatkan potensi anda prestasinya di depan para juri yang terdiri dari unsur media yang diwakili oleh Suara Merdeka, food blogger yang diwakili oleh DiahDidi.Com, NCC Jakarta dan Dinas Koperasi dan UKM propinsi Jawa Tengah.

Para Juri Inspirasi Dari Dapur Keluarga
Para Pemenang Inspirasi Dari Dapur Keluarga Bersama Juri
Para Pemenang Foto Kreatif
Para Pemenang Lomba Masak
Para Pemenang Lomba Masak
Melihat ikatan emosional yang sangat erat antar anggota komunitas ini, dalam kesempatan berbincang-bincang dengan Bapak Sondhy Purwoko, beliau sangat mendukung setiap komunitas serupa untuk menggelar acara kuliner di UMKM Center Jawa Tengah sehingga fasilitas yang memang disediakan untuk masyarakat ini semakin semarak dengan hadirnya banyak kegiatan di dalamnya.

Sondhy Purwoko, Ka Bid Pemberdayaan UMKM Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Tengah
Kami juga sempat menggagas dan berandai-andai jika outlet-outlet yang ada di UMKM Center bisa mendukung penyediaan komoditas bahan masakan praktis seperti kecap-kecap unik produksi UMKM Jawa Tengah, bumbu racik kering, sambal praktis dari UMKM dan bahan-bahan lain yang sekiranya yang paling lengkap adalah yang ada di UMKM Center.

Antusiasme masyarakat terhadap event kuliner di Semarang memang tidak perlu diragukan lagi, dan Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Tengah akan berusaha menggelar event-event semacam ini dengan jadwal yang lebih padat lagi di masa mendatang. Dan harapan dari UMKM Center adalah NCC yang merupakan salah satu komunitas masak besar bisa terus menjadi mitra kegiatan bagi UMKM Center Jawa Tengah.

Antusiasme Para Peserta Inspirasi Dari Dapur Keluarga
Acara foto bareng DiahDidi.Com jadi menu utama acara
Acara foto bersama, membangun kebersamaan dan semangat berbagi.
Sebagai wujud kebersamaan dalam acara ini juga digelar lomba masak inspiratif yang pesertanya ditunjuk secara spontanitas. Kami berpikir bahwa yang akan dihadirkan adalah para Ibu-Ibu yang merupakan anggota NCC, tetapi ternyata peserta Bapak-Bapak justru yang menjadi daya tarik dalam lomba ini.

Persiapan lomba masak dengan bahan yang ditentukan oleh panitia secara spontan.
Serunya para supporter dalam memberikan dukungan kepada jagoannya.
Gelar foto kreatif juga merupakan moment penting dalam acara ini, mengingat makanan enak harus tersaji enak dalam sebuah media foto. Foto-foto ini juga digelar beserta produk makanan dari para peserta.

Gelar foto makanan dan produk makanannya.
Gelar foto makanan beserta produk makanannya.
Gelar foto makanan beserta produk makanannya.
Gelar foto makanan beserta produk makanannya.
Sungguh acara yang sangat menginspirasi bagi para ibu-ibu rumah tangga yang ingin membantu perekonomian keluarga. Karena dari para pemenang lomba inspirasi ini, sudah terlahir bisnis pangan yang hasilnya sudah melebihi dari apa yang mereka bayangkan sebelumnya. Para Ibu-Ibu inspiratif ini telah lahir sebagai entrepreneur baru, yang selanjutnya ditawarkan untuk menjadi binaan dari Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Tengah dalam pengembangan usaha selanjutnya.