Laman

  • Home

Senin, 28 November 2016

Bersama Kadin Jateng, Nuanza Porcelen Siap Membangkitkan Kembali Industri Keramik Jawa Tengah

Tantangan Terbaru : Membangkitkan Kembali Industri Keramik Jawa Tengah
Tekad membangun daya saing produk Jawa Tengah merupakan semangat Kadin Jawa Tengah dalam membina UMKMM di wilayah Jawa Tengah. Membangkitkan kembali keramik Jawa Tengah merupakan salah satunya, itulah mengapa kami terus menyatukan visi kami dengan Mas Roy Wibisono dari Nuanza Porcelen yang merupakan salah satu UMKM andalan Kadin Jawa Tengah dalam mewujudkan cita-cita ini.

Perlu disadari sebelumnya bahwa Rembang, Jepara, Klaten dan Banjarnegara dulu merupakan produsen keramik sejak jama pemerintahan Hindia Belanda. Namun yang tersisa sekarang hanyalah Klampok, Banjarnegara dan sentra gerabah di Bayat, Klaten, dan itupun menghadapi masalah hidup dan mati.

Dengan pengetahuan dalam desain dan produksi keramik serta jaringan pemasaran yang telah dirintis oleh Nuanza Porcelen kami ingin menghidupkan kembali sentra-sentra keramik yang ada sebagai sumber kehidupan dan tujuan wisata daerah tersebut. Tidak perlu diragukan lagi bahwa figurine, mozaik dan tableware produksi Nuanza Porcelen sudah banyak mendapatkan pengakuan dunia internasional, dan hal ini perlu ditularkan kepada para pengrajin keramik yang lain. Bukan untuk meniru desainya, melainkan meniru bagaimana cara Nuanza Porcelen survive dan bertahan hidup.

Jika hidup dari hasil meniru karya orang lain, sebagaimana paham yang dianut sebagian besar pengrajin keramik kita, maka brand keramik Jawa Tengah sulit untuk dibangun. Tetapi jika teman-teman pengrajin belajar bagaimana membuat produk keramik yang berkualitas internasional dengan desain berkelas dunis, seperti yang dilakukan Nuanza Porcelen, maka kami yakin brand keramik Jawa Tengah akan terangkat lagi.

Dalam pertemuan kami dengan Mas Roy Wibisono di UMKM Center Jateng beberapa waktu yang lalu, kami juga menggagas untuk menggelar workshop bagi para UMKM Keramik dari daerah Rembang, Jepara, Klaten dan Banjarnegara yang pastinya akan dikerjasamakan dengan Edu Kadin beserta instansi terkait.

Mari berbangga dengan produk keramik Jawa Tengah !