Laman

  • Home

Rabu, 12 Oktober 2016

Public Speaking, Cara Berbicara di Depan Umum

Image result for public speaking
Public Speaking
Sebenarnya kami bukan ahli dalam public speaking, tetapi karena pada prakteknya kami adalah praktisi pemasaran maka seringkali tanpa kami sadari kami telah melakukannya meskipun pastinya kami tidak sebaik dari para praktisi public speaking lainnya.
Terlebih ketika ada beberapa pelaku UMKM yang menginginkan kami memberikan sharing mengenai tips melakukan public speaking, maka kami pun harus mencarikan sumber referensinya kami tidak ahli di bidang ini meskipun kami merasa bahwa kami juga perlu pembekalan mengenai hal ini untuk diri kami sendiri.

Bersama ini ingin berbagi tips motivasi public speaking dari indonesiamotivator.blogspot.com yang mungkin bermanfaat bati teman-teman UMKM yang memerlukan kemampuan public speaking untuk berbicara di depan umum.

Cara berbicara di depan umum atau yang dikenal Public Speaking adalah sebuah seni bagaimana seorang Public Speaker dalam berkomunikasi dengan tujuan menyampaikan sebuah pesan kepada publik atau audiens.

Tata cara berbicara di depan umum oleh setiap pribadi memiliki karakteristik yang berbeda dan isi pesan yang diberikan pun beraneka ragam, misalnya memberi pengaruh yang baik, memotivasi, memberi edukasi, menghibur, menyampaikan sebuah informasi penting dan menceritakan sebuah kisah yang memiliki sebuah pembelajaran.
 
Apakah semua Public Speaker memiliki sebuah bakat alami dalam dirinya? 
Dalam hal ini dapat dikategorikan menjadi 2 bagian:

Yang pertama adalah talenta. Contohnya pada beberapa public figur yang memiliki bakat alami untuk berbicara secara luwes dan profesional, namun hal ini juga ditunjang dengan jam terbang mereka.

Yang kedua Anda dapat menjadi seorang Public Speaker melalui sebuah pelatihan atau pendidikan sekolah / kursus / seminar yang di didik secara profesional.


Apa keuntungan seseorang mempelajari Public Speaking?
  • Memiliki nilai lebih dalam perjalanan karier
  • Meningkatkan kepercayaan diri seseorang dalam bersosialisasi
  • Mempengaruhi cara seseorang saat presentasi 
  • Kemampuan untuk berpidato, membuka kata sambutan
  • Menambah kreativitas dalam penyampaian mengajar
  • Menambah penghasilan sampingan sebagai MC, Presenter, atau Moderator
Pentingnya menambahkan sebuah skill dan pengertian dalam Public Speaking tentunya akan memberikan kesan tersendiri bagi para audiens. Sebagai seorang Public Speaker, Anda tidak hanya dapat mengandalkan kualitas dari materi yang akan disampaikan.

Materi Public Speaking memang menjadi pesan utama dalam memberi pesan kepada audiens, namun apabila tidak diberi bumbu-bumbu didalam cara penyampainya, maka audiens Anda cenderung akan cepat bosan dan segera memalingkan perhatiannya pada hal lain. Apalagi kalau Anda mendapat kesempatan untuk berbicara didepan umum selama 1 jam. Kreativitas Anda akan menjadi faktor pendukung penting sehingga maksud dan tujuan Anda dapat tercapai dan diserap oleh audiens.
 
Berbicara di depan umum dianggap sebagai ketakutan terbesar dalam hidup seseorang, bahkan melebihi rasa takut pada kematian. 

Bagi Anda yang senang mengembangkan kemampuan dalam Public Speaking akan memiliki nilai tambah positif diantara para rekan-rekan Anda ataupun didalam sebuah forum. Dengan meningkatkan jam terbang Anda, maka akan semakin banyak pengetahuan dan teknik yang dapat Anda kembangkan di dalam setiap perfomance.


Profesi apa saja yang membutuhkan skill Public Speaking?
  • Professional
  • Pebisnis
  • Director / Manager
  • Moderator
  • Politisi
  • Guru / Dosen
  • Supervisor
  • Marketing
  • Presenter / MC
  • Public Relation (PR)
  • Mahasiswa / Mahasiswi / Pelajar
  • dan bagi siapapun yang ingin mengasah skill sebagai seorang Public Speaker
Apabila saat ini Anda yang sedang ingin mengembangkan kepercayaan diri Anda dalam Public Speaking, berikut ini adalah beberapa tips berbicara di depan umum yang dapat Anda persiapkan terlebih dahulu dan dapat Anda aplikasikan dalam keseharian Anda. 
  1. Untuk menjadi pembicara yang baik Anda dapat memulainya menjadi pendengar yang baik. Sadar atau tidak sadar, lawan bicara Anda akan merasa lebih nyaman ketika Anda dapat menjadi pendengar yang baik. Semakin Anda banyak mendengar, semakin banyak informasi yang Anda miliki dan dapat Anda pelajari.
  2. Hindari untuk memotong sebuah pembicaraan saat berkomunikasi karena hal ini dapat mengubah atmosfer sebuah percakapan menjadi tegang dan tidak efektif. Point ini akan melatih Anda untuk memiliki sikap respon yang baik saat audiens Anda melemparkan sebuah pertanyaan.
  3. Tips berkomunikasi dengan mengajukan sebuah pertanyaan akan membuat sebuah percakapan menjadi lebih hangat. "Oh ya..saya juga sempat mendengar kabar tersebut. Menurut saya....bagaimana pendapat Anda?"
  4. Berikan jeda 3 detik dalam sebuah percakapan sebelum Anda merespon kepada lawan bicara Anda. Cara ini akan membuat lawan bicara Anda lebih tenang ketika berkomunikasi dengan Anda.
  5. Jangan menghakimi lawan bicara apabila Anda merasa tidak setuju dengan apa yang mereka sampaikan. Lebih baik Anda memberikan sebuah saran atau solusi. "Oh..saya pernah mendengar tentang bisnis ini menurut saya mungkin kamu bisa melakukan riset lagi untuk hasil yang maksimal" Cara ini jauh lebih baik dan efektif dari pada Anda mengatakan, "Saya percaya bisnis Anda tidak mungkin berhasil
  6. Simpan ponsel Anda saat Anda sedang berbicara dengan seseorang. Sebuah percakapan tidak akan efektif ketika seseorang berbicara sambil melakukan text message atau apapun itu. Anda dapat meminta ijin kepada lawan bicara Anda daripada Anda berbicara sambil mata melirik kepada ponsel. "Sorry sebentar saya harus membalas pesan ini" Cara ini membuat lawan bicara Anda merasa dihargai.
  7. Berikan sedikit senyuman kecil saat Anda mendengarkan orang lain. Ingat sedikit saja ya. Dan  jangan lupa tatapan mata dengan lawan bicara Anda. Hal ini dapat menumbuhkan rasa kepercayaan seseorang kepada diri Anda dan menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka.
  8. Belajar berikan pujian, untuk yang satu ini harus tulus dari hati Anda. Hal ini dapat melatih Anda untuk mudah memberikan energi positif saat Anda menyatu dengan para audiens. Tentunya Anda tidak ingin menjadi pribadi yang berbeda disaat Anda berada dibawah panggung.
  9. Gunakan setiap kesempatan yang ada. Apabila Anda mendapat kesempatan untuk berbicara didepan umum, jangan tolak terlebih dahulu. Ini adalah signal baik bagi Anda, manfaatkan kesempatan yang ada untuk menambah jam terbang Anda.
  10. Rajin membaca sesuai materi atau bidang pekerjaan Anda. Menggali serta memiliki pengetahuan yang luas sesuai bidang yang Anda geluti akan sangat menolong Anda pada saat performance. "Seperti sebuah folder dalam komputer yang kaya akan dokumen" Apabila Anda tidak pernah mengisinya maka tidak ada yang dapat dikeluarkan dalam kata-kata.  

Perkembangan dunia internet yang semakin luas tentunya dapat menjadi refrensi Anda. Mesin pencari Google dan Youtube dapat menjadi refrensi terbaik disaat Anda membutuhkan informasi seputar materi yang ingin Anda sampaikan.

 

Sebagai tambahan, tidak ada salahnya Anda meminta pendapat dari rekan Anda. Kritik dan pendapat dari mereka dapat membuat Anda mengenali titik kelemahan / blind spot yang tidak Anda sadari. Dalam study yang biasa terjadi adalah pengulangan kata seperti "yah gimana, ok lalu". Tidak ada yang salah dalam kata-kata tersebut, namun apabila terus diulangi dalam setiap penyampaian maka hal ini akan membuat audiens Anda merasa risih.   


Saya takut bagaimana nanti reaksi audiens? Apakah ini materi yang menarik? Aduh bisa gak ya ?

Ketika pertama kali seseorang mendapat kesempatan maupun tugas untuk berbicara di depan umum sering kali fokus yang diberikan lebih kepada hal yang negatif. Rasa takut dan cemas yang berlebihan apabila tidak di kontrol maka akan membuat pikiran Anda semakin kacau.

Adalah lebih baik bagi Anda untuk memberikan fokus kepada hal yang telah Anda siapkan sebelumnya. Ketika Anda berjalan menuju podium, katakan dengan antusias pada diri Anda.


"Saya sudah mempersiapkan dengan baik, semua akan baik-baik saja"
"Saya siap untuk pidato ini" "Audiens akan belajar sesuatu dari materi yang saya sampaikan" "Saya sudah latihan dengan keras, Ini adalah materi yang baik"

Saat Anda dapat memalingkan perhatian Anda kepada hal yang positif, Anda akan menemukan diri Anda jauh lebih tenang daripada sebelumnya. Tidak peduli seberapa baiknya materi Anda kalau Anda tidak percaya diri maka audiens dapat turut merasakannya. Ingat, Anda hanya mengijinkan pikiran positif yang menjadi fokus utama sebelum Anda tampil. Rasa takut dan grogi adalah sebuah reaksi yang wajar untuk Anda hadapi, namun bukan sebagai penghalang utama untuk Anda melakukan presentasi yang baik. 


Untuk menjawab kebutuhan Anda dalam lebih mengembangkan potensi dan meningkatkan kepercayaan diri dalam public speaking. Anda dapat bergabung dengan seminar public speaking yang sering diadakan oleh Edu Kadin - Kadin Jateng..
 
Metode training 30% Teori dan 70% Praktek, dan Anda akan mempelajari :
  • Bagaimana cara tepat dan efektif mengatasi rasa takut dan grogi.
  • Bagaimana menciptakan keberanian, ketenangan dan kemantapan.
  • Menguasai 3 komponen penting (Vocal, Verbal & Visual).
  • Cara menarik dan mempertahankan perhatian audiens (Maintain Interest Level).
  • Menguasai cara membuka (Attractive Introduction) dan menutup (Powerful Closing) presentasi secara menarik.
  • Menguasai cara membawakan presentasi (Meaningful Message) yang mengesankan.
  • Menguasai berbagai variasi teknik untuk mencairkan (Ice Breaking) dan menghidupkan (Energizer) suasana.
  • Cara berbicara di depan umum dengan baik sekalipun tanpa persiapan.
  • Mengetahui teknik menyusun alur presentasi yang jelas dalam waktu singkat.
  • Bagaimana teknik berbicara secara meyakinkan kepada customer, partner bisnis, atasan, bawahan & rekan kerja.
  • Mempelajari tips untuk menjadi pembicara yang handal (Great Speaker).
  • Mempelajari berbagai teknik Public Speaking dari para ahli dunia.


15 Tips Cara Berbicara di Depan Umum
  1. Be creative. Sisipkan humor dalam presentasi Anda agar dapat mencairkan suasana dalam ruangan. 
  2. Ketahui tujuan utama Anda dalam sebuah presentasi. Tanpa mengetahui tujuan Anda, maka Anda sulit untuk memberikan yang terbaik. Apakah materi Anda bersifat edukasi atau memotivasi?. 
  3. Latih dalam keseharian Anda dalam komunikasi 2 arah dengan lawan bicara. Berikan pertanyaan, sapa mereka dan tanyakan kabar mereka. Beri pujian atas prestasi yang telah mereka raih. Cara ini dapat melatih kemampuan Anda dalam berkomunikasi. 
  4. Fokus hal positif sebelum tampil. Ambil kendali dan fokus kepada hal yang telah Anda siapkan. 
  5. Tuliskan benang merah dalam notes Anda. Hindari sebuah catatan yang panjang dan detail sebagai contekan Anda. Tuliskan saja benang merah dalam setiap urutan nya. 
  6. Persiapan yang matang, latih untuk tampil lagi dan lagi. Persiapan yang baik akan membuat performance Anda jauh lebih baik. Periksa kembali apa ada hal yang perlu ditambahkan dalam materi Anda sebagai refrensi. Ajak teman untuk mendengarkan presentasi Anda, mintalah masukan dari mereka. It's okay :) 
  7. Investasi dalam sebuah training. Belajar dan belajar, investasikan diri Anda pada sebuah training untuk meningkatkan kemampuan Anda. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan promo terbaru. 
  8. Gunakan kesempatan yang ada. Tidak semua orang selalu mendapat kesempatan untuk berbicara di depan umum. Jadi jangan pernah sia-siakan untuk setiap kesempatan yang ada. 
  9. Menjadi Ahli dalam bidang Anda. Gali lebih dalam tentang produk atau materi yang hendak disampaikan. Susunlah sebuah rencana untuk mampir ke toko buku. Carilah refrensi yang Anda butuhkan, cara ini akan membuat Anda menjadi kaya pengetahuan. Percayalah, cara ini akan membuat Anda lebih tampil percaya diri. 
  10. Kenali siapa audiens Anda ? Hal ini tak kalah penting agar Anda dapat menyiapkan mental Anda sebelum tampil. Ketika Anda berada di stage, tampilah dengan percaya diri. Mereka ada disana untuk mendengarkan Anda, singkirkan pikiran negatif tentang penilaian mereka kepada Anda (asumsi). 
  11. Jaga kesehatan Anda. Olah raga secara teratur dapat menjaga tubuh Anda untuk tetap fit dan dapat tampil optimal. Pastikan Anda ingin menjaga kualitas vocal Anda dan memberikan performance yang terbaik. Sisipkan penyegar mulut atau permen dalam saku Anda. 
  12. People do what they see. Temukan tokoh yang menjadi inspirasi Anda. Amati, tiru dan modifikasi. Cara ampuh ini akan memudahkan Anda untuk tampil percaya diri. Ini juga menjadi alasan kenapa di dalam training kami mengandalkan 70% praktek. 
  13. Presentasi menggunakan Power point. Setelah Anda mengenali audience Anda, adalah baik Anda menyesuaikan materi atau multimedia yang sesuai. Pastikan pesan Anda dapat dimengerti. 
  14. Rekam dan dengarkan. Gunakan fitur dari gadget untuk merekam audio Anda saat membawakan presentasi. Hal ini akan sangat baik bagi Anda untuk mereview kembali. Jangan malu, ini tips yang baik untuk Anda :) 
  15. Rapi & Bersih. Berikan penampilan Anda yang terbaik. Anda harus merasa nyaman dengan diri sendiri supaya Anda tidak merasa terganggu dengan penampilan Anda. Perhatikan tata cara Anda berpakaian, pastikan Anda tidak salah kostum dalam acara tersebut.
 
Demikian beberapa hal yang bisa kami sampaikan pada kesempatan tulisan hari ini, semoga di kemudian hari kami bisa berbagi materi ini dengan lebih lengkap dan visual yang menarik.