Laman

  • Home

Kamis, 13 Oktober 2016

Pemasaran & Konsep Kemitraan UMKM Pada Pelatihan Kelayakan Usaha HIPMI Jateng

Pelatihan Kelayakan Usaha HIPMI Jateng
Menindaklanjuti kerjasama Kadin Jateng dengan HIPMI Jateng terkait support Rumah UMKM kepada pemasaran produk UMKM binaan HIPMI Jateng, pada hari Kamis 13 Oktober 2016, kami mendapatkan porsi mengisi materi pemasaran dan konsep kemitraan untuk UMKM yang digelar di Balatkop Propinsi Jawa Tengah di Semarang.

Pelatihan yang diikuti oleh 21 peserta tersebut berlangsung dengan suasana santai mengingat teman-teman peserta telah mengikuti rally pelatihan dari sejak tanggal 10 Oktober 2016, sementara pelatihan ini akan berakhir pada tanggal 15 Oktober 2016. Pasti sangat berat bagi mereka untuk cara penyampaian materi dengan cara satu arah, oleh sebab itu setelah penyampaian materi kegiatan lebih banyak kami isi dengan diskusi interaktif agar materi tidak terasa berat.

Dari berbagai pertanyaan yang muncul, menyiratkan bahwa teman-teman perlu mendapatkan bimbingan untuk membuat ide bisnis dan menjabarkannya menjadi bisnis plan yang akan menjadi acuannya ketika menjalankan usaha. Bahwa kadang ide bisnis bisa dimulai dari hal yang paling sederhana di sekitar kita, sementara kita justru tidak menyadarinya karena kita berpikir terlalu jauh dan berharap terlalu besar.

Keberadaan Klinik Bisnis UMKM di Kadin Jateng juga merupakan harapan besar bagi mereka untuk punya tujuan dimana mereka bisa bertanya  mengenai hal-hal yang terkait dengan usaha mereka, terutama masalah promosi dan pemasaran yang selalu menjadi momok bagi para pelaku UMKM.

Kami juga mengingatkan kepada teman-teman yang masih muda-muda, untuk selalu update informasi dan memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung pemasaran produknya. Pemanfaatan sosial media bisa dimaksimalkan untuk mempromosikan usaha mereka, termasuk juga website dan eCommerce yang telah ada.

Semangat kewirausahaan yang dihadirkan teman-teman dalam pelatihan ini membuat saya kagum dan berharap bisa melihat perkembangan mereka dari waktu ke waktu dalam merintis bisnisnya. Salam sukses dari Kadin Jateng teman-teman !