Laman

  • Home

Senin, 24 Oktober 2016

Pelatihan Prosedur Ekspor di Hotel Syailendra Jepara



Melaksanakan Tugas Negara, Membeikan Pelatihan Prosedur Ekspor
Ini adalah rangkaian pelatihan UMKM yang ketiga yang digelar oleh Kadin Kabupaten Jepara bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara dengan menghadirkan Rumah UMKM sebagai nara sumber. Pelatihan yang bertama adalah mengenai branding dan kemasan produk untuk UMKM, pelatihan yang kedua adalah pemasaran dasar dan teknik penjualan untuk UMKM dan yang ketiga,  yang digelar di Hotel Syailendra Jepara pada hari Senin 24 Oktober 2016, adalah pelatihan prosedur ekspor.

Pelatihan yang diikuti oleh 30 UMKM kerajinan dan mebel di Jepara ini berlangsung dari jam 08.00 sd 14.00 dengan suasana hujan menyelimuti kota Jepara. Acara pelatihan dibuka langsung oleh Ketua Kadin Kabupaten Jepara, Bapak Abdul Kohar Irsyaad dan perwakilan dari Disperindag Kabupaten Jepara

Materi pelatihan ini merupakan sumbangan dari GetAsean.Com kepada para UMKM yang berorientasi ekspor. Materi pelatihan ekspor adalah materi yang sering disajikan dengan durasi pelatihan 2-3 hari, tetapi pada kesempatann ini kami mecoba cara terbaik untuk bisa meringkasnya dalam pelatihan 1 hari. Bagi peserta, mendapatkan penjelasan atas prosedur, persyaratan, sistem pembayaran ekspor, incoterms dan sistem transportasi ekspor merupakan fokus kami hari ini.

Sementara untuk pengembangan pengetahuan dan pemahamannya, kami membekali peserta dengan materi dan beberapa contoh persoalan dan kasus yang terjadi dalam praktek ekspor.

Peserta Pelatihan Ekspor Kadin Jepara
Adalah tidak mudah meringkas pelatihan 2 hari menjadi pelatihan 1 hari (6 jam), tetapi kami harus bisa mengusahakannya mengingat pentingnya pembekalan ini kepada UMKM yang berorientasi ekspor.

Bahwa GetAsean.Com nantinya akan hadir sebagai "short cut" UMM dalam melakukan ekspor yang mudah dan pemasaran yang praktis adalah perjalanan berikutnya bagi UMKM yang sudah terbekali dengan materi prosedur ekspor ini.

Kami juga selalu mengingatkan kepada peserta bahwa ekspor akan semakin mudah, tetapi yang semakin sulit adalah mendapatkan standarisasi dan legalitas produk yang bisa diterima oleh pasar internasional.Hal ini yang harus dicermati bahwa kualitas produk adalah "syarat wajib" bagi UMKM dalam menghasilkan produk.

Kami berharap bahwa pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh Kadin Jepara ini bisa terus dilanjutkan agar UMKM-UMKM yang belum mendapatkan kesempatan saat ini bisa mengikutinya di masa mendatang.