Laman

  • Home

Rabu, 12 Oktober 2016

Nuanza Porcelen, UMKM Unggulan dari Kabupaten Boyolali

Roy Wibisono Anang Prabowo, Nuanza Porcelen
Berbanggalah Boyolali yang memiliki Nuanza Porcelen, UMKM produsen trofi keramik, mosaik (tile) keramik, figurin dan tableware. UMKM ini adalah contoh UMKM yang mandiri dan berdaya saing global, karena produk-produknya ternyata sudah banyak menghiasi resort dan hotel-hotel mewah dan juga telah menembu proyek-proyek di luar negeri. Semua karena kualitas dan kemampuan desainya yang luar biasa.

Nuanza Porcelen adalah tujuan kedua kunjungan saya pada hari Rabu 12 Oktober 2016. Berlokasi di daerah Ampel Boyolali, mungkin banyak yang belum mengetahui jika di daerah ini ada produsen porcelen berkelas dunia yang karya-karya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Masih bersama Pak Sondhy Purwoko, KaBid Pemberdayaan UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, kami melihat lokasi produksi dan workshop keramik ini. Sebuah workshop keramik yang mungkin menurut banyak orang, tidak akan mungkin berada di daerah Boyolali yang tidak dikenal sebagai penghasil keramik. Nah, inilah yang orang harus tahu bahwa juga di daerah ini ada Maestor Porcelen yang perlu dikunjungi, yaitu Mas Roy Wibisono Anang Prabowo.

Jika harus menceritakan UMKM ini secara detail, mungkin tidak cukup satu tulisan bisa mengungkapnya. Namun ada cara lain untuk mempersingkat cerita, yaitu dengan menyajikan gambar-gambar kunjungan kami di workshop Nuanza Porcelen di Ampel Boyolali yang sudah dikenal banyak pihak dari persatuan golf internasional, yang trofinya sering menjadi langganan untuk dikerjakan di workshop ini dan hotel-hotel mewah yang tableware dan mosaiknya di kerjakan di sini juga.

Jangan lihat kecilnya workshop Nuanza Porcelen ini, tapi lihatlah karya-karya besar yang dihasilkannya. Bukan dengan peralatan canggih, justru dengan kemampuan dan ketrampilan SDM yang luar biasa yang ditonjolkan oleh UMKM. Fully handmade !



Salah satu produk yang saya jepret saat di showroom depan.

Produk mosaik ini siap dikirim ke Dubai.

Mosaik ? Inilah salah satu kelbihan dari UMKM ini.

Worshop Nuanza Porcelen, Ringkas dan Effiesien.

Semua produksi ada di sini.


Produk-produk Tableware

Produk figurin "Penari Bali" ... Luar Biasa !

Tableware untuk resort-resort mewah.

Membuat mosaik untuk ekspor.

Semuanya handmade, ini adalah karya seni.

Semuanya specialis, semua ahli di bidangnya masing-masing.

Produk yang siap diwarna dan dibakar.

Kesulitan adalah tantangan yang harus segera dijawab.

Pada proses ini saya belajar bagaimana membuat keramik berongga di dalamnya, terima kasih.

Cetakan keramik dari gipsum, tidak akan pernah ada limbah yang terbuang, semuanya bisa di recycle.

Yang mirip orang jepang ini adalah pembuat master produk.

Puas, mungkin hanya kata ini yang bisa saya sampaikan setelah melihat UMKM ini dari dekat meskipun pada saat kunjungan Mas Roy Wibisono masih berada di Jakarta untuk mengadakan pameran yang dikunjungi oleh Bapak Presiden Jokowi dan tidak bisa menemani kami tapi kami benar-benar diberikan kesempatan melihat dapur produksinya. 

Bahkan saat kunjungan tersebut, kami dikabari bahwa Bapak Presiden sangat kagum pada produk Nuanza Porcelen dan langsung membeli produknya.

Inilah salah satu ciri UMKM yang akan kami jadikan lokomotif UMKM Jawa Tengah, yang bisa mengangkat citra produk Jawa Tengah dalam perdagangan internasional. UMKM ekspor ? Mengapa tidak ?