Laman

  • Home

Jumat, 14 Oktober 2016

Gulanas, UMKM Berkonsep Industri

Gulanas, Saatnya Melirik Produk yang 100% Lokal
Masih dalam rangka Rumah UMKM Kadin Jawa Tengah memperkenalkan UMKM unggulan yang membangun usaha dengan konsep ke depan yang jelas. Kali ini kami ingin mengingatkan teman-teman UMKM bahwa memiliki impian besar sangatlah penting dalam konsep bisnisnya, seperti apa yang dilakukan oleh GULANAS, UMKM produsen gula cair yang berkonsep industri yang berasal dari kota Semarang ini.

Usaha produksi gula cair ini memang sejak awal telah diarahkan untuk menjadi industri, sebuah industri gula yang bisa membantu program pemerintah dalam swasembada gula di Indonesia. Sebuah impian yang besar, tetapi dengan bekal pemahaman tentang teknologi produksi gula, jenjang menggapai impian tersebut bukanlah impian kosong.

Perjalanan panjang dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan berstandar industri hampir bisa dikatakan menguras investasi dari pemilik usaha ini, Ir Joko Budi Wiryono, yang memiliki latar belakang teknik mesin dan pernah berkarir di sebuah perusahaan berkelas internasional. Tidak mudah memulainya, karena kegiatan R&D produk dan membangun fasilitas produksi tanpa bisa menjual produk merupakan bagian tersulit dalam sebuah investasi usaha.

Sampai pada akhirnya UMKM datang masuk menjadi anggota Kadin Jawa Tengah dan mulai menjadi proyek percontohan kami dalam pendampingan UMKM melalui program Rumah UMKM kira-kira lebih dari 2 tahun yang lalu. Kami coba membantu mempromosikan produk ini baik kepada end user maupun kepada pasar modern melalui edukasi-edukasi manfaat dan value "sehat" dan "praktis" dari produk gula cair.

Justru edukasi ini berbuah respons positif dari berbagai industri yang melihat produk ini sangat praktis sebagai bahan baku untuk produk makanan dan minuman, dan dari industri ini pemasaran produk ini dimulai dan dikembangkan sampai dengan sekarang ini. Dalam perjalanan, produk ini mulai dikenal oleh masyarakat umum dan mulai masuk ke pasar modern baik lokal maupun nasional.

Mengingat keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki oleh UMKM pada umumnya, GULANAS melihat bahwa untuk menggapai impiannya dibutuhkan investasi yang sangat besar dan dari sebab itulah konsep industri mulai dipertajam ditawarkan ke berbagai investor yang melihat produk ini sebagai produk masa depan. Beberapa investor sudah menyatakan ketertarikannya untuk mengembangkan industri gula cair ini. Sebagian mimpi sudah mulai jadi kenyataan ...

Bersama UMKM Produsen Gula Cair, GULANAS
Kami berharap UMKM ini juga bisa memberikan inspirasi kepada teman-teman UMKM yang lain untuk mulai membangun mimpi besarnya, dan Kadin Jawa Tengah siap untuk menjadi mitra bagi UMKM yang memiliki mimpi besar.

Kembali lagi kami mengingatkan, bahwa bisnis yang dibangun harus memiliki konsep dan mimpi yang jauh di masa mendatang. Sudahkah anda memilikinya ?