Laman

  • Home

Selasa, 11 Oktober 2016

Bantu Mereka Membangun Mimpinya

Image result for build your dream
Build Your Dream = Bangun Mimpimu

Selama ini kami selalu mencoba untuk selalu ada ketika teman-teman UMKM mencoba membangun mimpi atas usahanya. Terkadang tidak mudah untuk menyakinkan mereka untuk membangun mimpi mereka, ada yang tetap tangguh dalam terpaan ujian ketika mereka merintis usaha tetapi ada juga yang runtuh ketika langkah mereka belum seberapa.

Kami sadari benar bahwa tantangan membangun usaha tidaklah mudah, dan terkadang berbicara jauh lebih mudah daripada melakukannya sendiri. Bagaimana membuat teman-teman UMKM selalu termotivasi adalah tujuan jangka pendek kami, selain mewujudkan dan menyaksikan keberhasilan mereka sebagai target jangka panjang kami.

Semua Konsep Bisnis Diawali Dari Membangun Mimpi

Dalam membedah konsep bisnis ketika teman-teman UMKM melakukan konsutlasi bisnsi kepada kami, selalu kami mengingatkan mereka bahwa dalam merintis usaha mereka harus punya mimpi yang dikejar. Sebuah mimpi yang harus menjadi kenyataan dan bisa diwujudkan dengan angka-angka.

Mimpi tersebut sebenarnya adalah visi atau tujuan dari bisnis kita yang selanjutnya akan kita komparasikan dengan kondisi kita saat ini. Jika mimpi tersebut terlalu jauh, maka permasalahan yang kita hadapi akan semakin banyak dan semakin rumit solusinya, tetapi jika mimpi itu terlalu dekat dan mudah dicapai maka kita menjadi kurang termotivasi untuk maju.


Image result for build your dream
Jika Kamu Tidak Membangun Mimpimu, Seseorang Akan Memperkerjakan Kamu Untuk Membangun Mimpinya
Mimpi kita haruslah realistis dan bisa kita presentasikan dengan angka, misalnya: mimpi menjadi produsen kerupuk ikan dengan penghasilan Rp 100 juta per bulan, dan sebagainya.

Dengan terwakili oleh angka maka akan menjadi lebih mudah untuk mencerna selisih antara kondisi saat ini dengan impian yang ingin kita capai. Misalnya saat ini penghasilan kita baru Rp 10 juta per bulan, maka selisih Rp 90 juta per bulan merupakan permasalahan yang harus kita pecahkan dengan dengan strategi dan program yang riil.

Setelah kita tahu apa tujuan dan kondisi kita saat ini, selanjutnya kita bisa membuat konsep bisnis dan rencana bisnis kita ke depan. 

Kemampuan analisa kita dalam menyikapi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan kita juga menjadi menjadi faktor penting dalam membuat stategi usaha yang tepat, selain bagaimana kita memiliki kemampuan dalam menilai perkembangan lingkungan usaha, pesaing dan sebagainya.

Membuat UMKM Selalu Termotivasi

Permasalahan dalam usaha tidak akan pernah berhenti, bahkan semakin lama semakin komplek dan rumit. Membuat pelaku UMKM selalu bersemangat dan termotivasi adalah sebuah tantangan yang berat manakala kita sebagai penggiat UMKM juga tidak selalu terupdate permasalahan dan solusi yang terkini.

Yang selalu dibutuhkan oleh para pelaku UMKM adalah mereka tahu dimana mereka bisa bertanya, dan dimana mereka bisa dibantu ide dan solusinya. Itulah yang selalu kami coba dan terapkan dalam konsultasi bisnis di Rumah UMKM, membuat UMKM selalu termotivasi.

Ketika teman-teman pelaku UMKM menghadapi masalah promosi dan pemasaran, dan kami coba bedah permasalahannya dan selanjutnya memberikan alternatif-alternatif solusinya, kami pun harus sudah siap ketika ditanya mengenai siapa pasarnya dan ketemu dengan siapa ?

Memang benar, kami setiap hari harus selalu update informasi pasar dari pasar itu sendiri. Hal inilah yang membuat kami bisa selalu update dengan informasi yang terkini. Kami sadar kekuatan kami adalah di informasi pasar dan jaringan pasar yang kami miliki, sehingga kami harus selalu menjaganya tetap update.

Dengan keberadaan program kami, semoga UMKM di Jawa Tengah tahu kemana mereka harus merapat ketika terbentur masalah promosi dan pemasaran dan apa yang mesti mereka lakukan.