Laman

  • Home

Sabtu, 24 September 2016

Selanjutnya Apa ?


Image result for what's next ?
Selanjutnya Apa ?
Bertemu orang yang pintar dan berpengalaman memang enak, kita bisa banyak belajar, tetapi tidak enaknya adalah ketika mereka cuma melempar 1 pertanyaan kita jadi harus berpikir keras dan kadang gelagapan. Pertanyaan yang mereka lemparkan kepada kami adalah "What next ?"

Konteks dari pertanyaan ini adalah program atau event yang telah kita laksanakan, seringkali ketika event atau program usai kita sudah berbangga diri padahal ketika dihadapkan kepada pertanyaan tersebut di atas seringkali kita gelagapan karena kita hanya berpikir sepotong-sepotong dalam membuat konsep event atau program.

Program dan event yang kita buat harus mampu menjadi "magnet" dan harus mampu "bergulir bagai bola salju", inilah kata-kata yang selalu kami ingat ketika berguru pada para ahli yang sudah berpengalaman. Tujuan dari sebuah event dan program haruslah jangka panjang, dan kita harus mampu mendetailkan setiap etape dari tujuan sebelum mencapai tujuan akhir.

Untuk mampu menghasilkan konsep event dan program yang mampu menjadi magnet bagi audience saja bukanlah hal yang mudah, apalagi ketika harus berpikir jauh bahwa event dan program tersebut harus mampu terus bergulir semakin membesar bagai bola salju. Belum lagi bahwa konsep yang kita buat harus selalu mampu menjawab What's Next ? 

What's next ini adalah etape-etape tujuan yang harus selalu ada dalam setiap tujuan jangka panjang konsep kita. Konsep haruslah sederhana dan harus selalu bisa menjadi "solusi" dari setiap permasalahan yang ada.

Konsep Rumah UMKM

Sebagai tahap pembelajaran saya adalah ketika membangun konsep Rumah UMKM, bagaimana konsep ini bisa menjadi jawaban atas permasalah umum UMKM yang ada dan bagaimana solusi ini bisa menjadi "magnet" di kemudian hari.

Permasalah pemasaran produk UMKM merupakan titik tuju dari program Rumah UMKM, dan solusi dari permasalahan pemasaran produk UMKM inilah yang selalu kami "gosok" untuk menjadi magnet bagi para UMKM untuk selalu menengok Rumah UMKM sebagai rumah solusi dari permalahan pemasaran mereka.

Bukan sekedar edukasi dan konsultasi yang kami berikan, melainkan aksi praktis dalam mempromosikan dan memasarkan produk-produk UMKM melalui jaringan pemasaran yang telah sebelumnya kami bangun, dan publikasi potensi melalui situs RumahUMKM.Net ini.

Selanjutnya apakah konsep ini akan bergulir seperti bola salju ? Ya, tanpa disadari setelah berjalan lebih dari 2 tahun usianya, Rumah UMKM sudah dikenal oleh pelaku UMKM di kota dan kabupaten sebagai program pembinaan UMKM dari Kadin Jawa Tengah. Dan kami pun tidak sungkan-sungkan untuk terjun langsung ke lapangan untuk berjumpa langsung dengan pelaku UMKM di daerah untuk mendengar lebih jelas kondisi dan permasalahan mereka.

Nah, untuk selalu bisa menjawab what's next ? Kami selalu mengembangkan program ini sesuai dengan perubahan dan perkembangan yang terjadi. Dari mulai pelatihan langsung pemasaran dan penjualan, branding produk dan kemasan di lapangan, kami pun terus mengolah data base supplier dan data base buyer untuk kami arahkan menjadi stimulan perdagangan. 

GetAsean.Com merupakan salah satu support dari Kadin Jateng untuk Rumah UMKM dalam memberikan solusi pemasaran produk UMKM yang berorientasi ekspor. Sementara itu kami pun bergandengan tangan dengan pasar modern, importer, eksporter, distributor nasional, marketplace provider dan sebagainya untuk terus membangun jaringan pemasarn yang solid dan luas.

Tetapi kami pun paham benar bahwa pertanyaan What's Next ? akan terus berlanjut untuk terus memotivasi kami untuk selalu melihat etape tujuan kami yang paling dekat. Bahwa program ini harus selalu sambung menyambung membuat rangkaian pembinaan UMKM yang jangka panjang.