Laman

  • Home

Kamis, 22 September 2016

Pelatihan PEMASARAN Untuk UMKM Bersama Kadin dan Disperindag Kabupaten Jepara

Pelatihan Pemasaran Dasar Bagi UMKM di Kabupaten Jepara
Kembali memberikan pelatihan di Kabupaten Jepara pada 22 September 2016, dengan penyelenggara Kadin Kabupaten Jepara dan Disperindag Kabupaten Jepara. Acara pelatihan ini digelar di Pasar Kerajinan Kalinyamatan Jepara dengan peserta sekitar 20 pelaku UMKM yang kebanyakan bergerak di bidang mebel dan kerajinan, meskipun ada beberapa yang merupakan UMKM pangan.

Peserta Pelatihan, Sebelum Acara Dimulai
Acara yang dibuka oleh Bapak Andang Wahyu Triyanto (Ketua Bidang Organisasi HIMKI) yang mewakili ketua Kadin Jepara yang berhalangan hadir dan Ibu Florentina Budi Kurniawati dari Disperindag Kabupaten Jepara, mengusung materi pemasaran dasar dan teknik penjualan untuk usaha kecil.

Dalam pelatihan ini, kami memberikan pemahaman perbedaan pemasaran dan penjualan yang selama ini di dalam usaha skala UMKM dianggap sama. Selain juga menekankan bagaimana para pelaku UMKM memahami USP (Unique Selling Point). 

Bagaimana mengenali pasar dan bagaimana mengenali pesaing merupakan hal penting dalam pemasaran, yang mungkin selama ini kurang mendapatkan perhatian dari para pelaku UMKM. Mengenali pasar dengan berbagai kebutuhannya merupakan hal mendasar yang selanjutnya akan mempengaruhi strategi pemasaran yang akan direncanakan.

Selain itu para pemasar juga harus benar-benar memahami apa yang dijual, bukan produk dan fiturnya melainkan nilai dan benefit dari produk yang dijualnya. Bagaimana memberikan solusi atas permasalahan kebutuhan dari konsumen merupakan kata kunci dalam pemasaran.

Dalam materi penjualan, kami banyak memberikan contoh riil yang sering dihadapi oleh para pelaku UMKM di lapangan agar materi ini mudah dicerna oleh pelaku UMKM yang memiliki latar belakang pendidikan yang majemuk.