Laman

  • Home

Kamis, 15 September 2016

Pelatihan Pemasaran & Kemasan untuk Binaan Dinas Kelautan & Perikanan Kota Semarang

Presentasi Pembiayaan KUR dan Mitra 25 Oleh Bank Jateng
Kamis 15 September 2016, pelatihan manajemen umum Dinas Kelautan & Perikanan Kota Semarang berlanjut ke gelombang kedua yang diikuti 40 UMKM pelaku usaha produk olahan kelautan dan perikanan dan berlangsung di Sate House Jl Imam Bonjol Semarang. 

Pelatihan ini diisi materi pembiayaan oleh Bank Jateng, pemasaran dan kemasan oleh Rumah UMKM Kadin Jawa Tenga untuk memberikan pembekalan pengembangan usaha skala kecil. 

Mengenalkan promosi online kepada UMKM merupakan tantangan pertama bagi Rumah UMKM ketika para peserta pelatihan belum banyak mengenal promosi dan pemasaran online sebelum kami masuk kepada materi bagaimana mengenali benefit dan differensiasi produk, mengenali pasar dan mengenali pesaing.

Materi pemasaran melalui kemasan merupakan materi yang paling banyak mendapatkan respon dari para peserta karena kami sajikan dengan berbagi contoh visual yang memberikan gambaran praktis mengenai kemasan yang "menjual", disamping ilmu praktis dalam teknik penjualan yang kami sajikan sepaket dengan materi pemasaran.


80 UMKM Olahan Kelautan dan Perikanan
Memang terkadang materi pemasaran menjadi "sangat berat" bagi sementara pelaku UMKM yang latar pendidikannya rendah, tetapi dengan memberikan beberapa best practice dan tips kami harapkan materi ini bisa tercerna oleh para peserta. Memberikan umpan dengan beberapa pertanyaan merupakan cara kami untuk melihat sejauh mana para peserta menangkap materi dari kami, apakah kami terlalu cepat atau terlalu lambat.

Kami juga menginformasikan bagi UMKM yang masih membutuhkan bimbingan konsultasi dari kami, mereka bisa datang berkonsultasi di Rumah UMKM Kadin Jateng atau mereka secara kelompok melakukan konsultasi di Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang bersama kami.

Semoga upaya-upaya kami dalam mengenalkan teknik-teknik dasar pemasaran dan penjualan bisa bermanfaat untuk UMKM di kota Semarang.