Laman

  • Home

Senin, 12 September 2016

Furnitur Miniatur, Peluang Baru Pasar Baru

Image result for miniature furniture
Furnitur Miniatur

Beberapa minggu yang lalu selepas kami memberikan materi pemasaran online kepada teman-teman UMKM di Solo, ada beberapa teman UMKM yang bergerak dalam produksi furnitur meminta waktu untuk  konsultasi pemasaran. Mereka meminta ide-ide tentang produk baru dan pasar baru ketika pasar mereka tidak bergerak dari yang itu-itu saja.

Selalu menarik untuk melihat dunia ini dalam ukuran yang kecil. Sebuah konsep miniatur yang bisa dikembangkan para pelaku usaha furnitur yang ingin memanfaatkan limbah bahan dan bermain di pasar yang baru, karena furnitur miniatur ini memang diperuntukkan untuk pasar yang khusus seperti kelengkapan arsitektur dan kelengkapan dunia boneka.

Selain itu saat sebuah katalog 2 dimensi sudah sulit untuk menarik perhatian pengunjung, maka katalog 3 dimensi perlu dibuat untuk melihat sebuah proporsi dalam wujud yang kecil dan mampu dihadirkan dalam space yang kecil saat pameran. Ya, katalog 3 dimensi ! Inovasi katalog yang belum didalami oleh para pemain furnitur dan handicraft di Jawa Tengah.

Image result for miniature furniture
Furnitur Miniatur
Image result for miniature furniture\
Furnitur Miiniatur
Mungkin ide ini terasa masih baru di Indonesia, tetapi sebenarnya kebutuhan untuk furniture ini sudah cukup berkembang di dunia arsitek di luar Indonesia. Bahkan untuk di dunia boneka, hal ini sudah dikenal untuk memberikan perlengkapan koleksi boneka. Tetapi jika melihat potensi bahan baku, SDM dan pasar maka tidak ada salahnya jika furniture ini dicoba.

Mengapa furnitur miniatur menjadi sebuah peluang ? 

Ketika dunia property berkembang begitu pesatnya, maka seiring dengan hal itu pemasaran dan promosinya pun berkembang juga. Dunia promosi property merupakan pasar yang akan dibidik oleh furnitur miniatur, dimana furnitur ini akan melengkapi maket arsitektur dalam setiap pameran untuk memberikan visualisasi nyata terhadap interior atau eksterior ruangan.

Konsumen selalu ingin melihat produk-produk yang sesuai dengan type dan karakter bangunan yang ditawarkan. Mereka ingin sebuah paket desain yang menyeluruh dari mulai desain rumah, ruangan beserta perabotannya. Nah, saat itulah produk furnitur miniatur menemukan kebutuhannya.

Hal inilah yang beberapa minggu yang lalu kami sampaikan kepada teman-teman UMKM di Solo atas pertanyaan mereka terhadap ide produk dan pasar baru untuk mereka.

Katalog 3 Dimensi

Dunia promosi selalu dinamis dan selalu update dengan perkembangan jaman baik cara, konten maupun media penyampaiannya. Jika saat ini media online mulai mendapatkan porsi yang lebih dari media offline, bukan berarti bahwa media offline akan ditinggalkan begitu saja.

Di dunia online pun, konten animasi dan 3 dimensi sudah menjadi kebutuhan dibandingkan konten gambar statis dan 3 dimensi. Tuntutan yang selalu berkembang dari konsumen merupakan tantangan bagi produsen dalam mempromosikan produknya.

Dalam dunia offline katalog 3 dimensi juga sudah menjadi tuntutan di masa mendatang, dimana produsen harus mampu menghadirkan visual produk yang "nyata" dalam wujud yang kecil karena mahalnya space untuk showroom maupun ruang pameran. Akan lebih menarik dengan hanya menampilkan produk baru atau master piece dalam ukuran yang sebenarnya, dan hanya menampilkan produk lain dalam wujud miniatur.

Belum lagi jika pameran yang dilakukan oleh para produsen furnitur adalah di luar negeri yang membutuhkan biaya transportasi barang yang mahal, maka katalog 3 dimensi harus sudah mulai dilirik oleh teman-teman produsen furnitur.

Demikian sekedar ide yang bisa kami share kepada teman-teman UMKM untuk selalu kreatif dalam solusi pemasaran.