Blibli.Com, Peluang Pemasaran Produk UMKM yang Kreatif & Berkelas

Image result for blibli.com
BliBli.Com - Pilihan eCommerce untuk UMKM

Saat ini sebenarnya pelaku UMKM yang sudah "melek" teknologi sudah dimanjakan dengan berbagai pilihan pemasaran, terutama pemasaran online. Sebut saja ada BukaLapak.Com, TokoPedia, Elevenia.Com, BliBli.Com dan lain sebagainya. 

Jika masih banyak yang mengeluhkan kesulitan dalam pemasaran biasanya adalah karena mereka memproduksi barang tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar. Atau mereka masuk dalam persaingan ketat karena produk mereka tidak memiliki differensiasi dengan produk-produk yang ada di pasaran.

Menjadi melek teknologi dan selalu mencipta produk yang memiliki differensiasi tinggi memang akan selalu menjadi pekerjaan rumah bagi para penggiat UMKM.

Setiap eCommerce yang ada di Indonesia pun memiliki karakter dan konsep yang berbeda-beda yang benar-benar harus disikapi dengan cermat oleh para pelaku UMKM agar hasil penjualan mereka maksimal. Beda BukaLapak beda pula Tokopedia, apalagi BliBli.Com.

Belum lama ini kami mendapatkan informasi dari BliBli.Com bahwa mereka ada program Gallery Indonesia yang mengangkat produk asli budaya Indonesia yang kreatif. BliBli.Com relatif lebih selektif dalam memilih produk dari UMKM, karena mereka ingin mengangkat citra produk asli Indonesia yang berkelas. Pogram ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku-pelaku UMKM yang sudah mapan dalam kualitas dan tentunya yang kreatif dan inonvatif dalam desain dan produksinya.

BliBli.Com pun tidak main-main dalam penetrasi pasar, dengan promosi yang masif dan pembinaan UMKM yang coba dikembangkan untuk menjangkau daerah-daerah di Indonesia dalam menggali potensi produk nasional. Produk yang dijual di BliBli.Com adalah produk yang telah terseleksi.

Berikut adalah referensi dari OnlinePedia.Com yang mengulas betapa BliBli.Com sangat masif dalam melakukan promosi di berbagai media:

Strategi Marketing Blibli.com Sangat Mengagumkan
 
 Ada yang tahu dengan Blibli.com ? Ya website yang akhir-akhir ini sering menghiasi layar kaca kita adalah salah satu website yang bergerak di bidang ecommerce. Menurut kami, website ini memiliki keunikan dalam segi marketing. Apa saja itu ?

Kita tahu sendiri kalau dunia internet sedang dihiasi oleh banyaknya website ecommerce, baik website besar (yang dikelola oleh tim/perusahaan resmi) maupun website kecil (yang dikelola oleh individu/UKM). Untuk website ecommerce besar saja sudah banyak yang bermunculan. Sebut saja Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Blanja, MatahariMall, Elevenia, Bhinneka, Zalora dan lain sebagainya. Sangat banyak bukan?

Dengan banyaknya website ecommerce yang bermunculan, tentunya akan membuat persaingan menjadi semakin ketat. Ibarat filosofi 'penambang emas', jatah emas akan terbagi oleh para penambang yang menambang di lahan yang sama. Untuk itulah, diperlukan semacam strategi marketing yang 'berani beda', guna memenangkan persaingan yang teramat ketat itu.

Nah, berbicara soal strategi marketing, di sini ada salah satu website ecommerce yang memiliki strategi jitu, unik dan beda dari para pesaingnya. Website yang dimaksud adalah Blibli.com (sesuai dari judul artikel ini). Jadi, apa saja strategi marketing dari Blibli.com? Berikut ini penjelasannya!
1. Berani beriklan di TV
 
Mungkin strategi yang satu ini tidak bisa dibilang unik dan jitu, lantaran website lain juga melakukan hal yang sama. Strategi yang satu ini bisa dilakukan berdasarkan banyaknya modal/budget. Apabila website tersebut memiliki modal yang besar, maka beriklan di TV adalah strategi terbaik untuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya.

2. Berani memberikan layanan pengiriman gratis ke seluruh Indonesia
 
Untuk strategi yang satu ini baru termasuk unik dan jitu -- atau bisa dibilang BERANI. 
 
Kenapa dibilang berani? Jawabannya karena baru Blibli ini yang berani menggratiskan biaya pengirimannya. Untuk website ecommerce yang lain dikenakan biaya tambahan sesuai tarif dari ekspedisi yang mengirimkan.
 
Entah apa yang dipikirkan oleh pihak Blibli.com sampai berani menggunakan strategi ini. Apakah mereka tidak khawatir akan mengalami kerugian? Entahlah.

3. Berani memberi diskon di hari tertentu untuk 'genre' yang berbeda-beda
 
Strategi yang ketiga ini terbilang cukup jitu, yaitu berani memberikan diskon kepada konsumennya. Namun, penetapan waktu diskonnya terbilang unik dan kreatif. Pada hari-hari tertentu ada diskon untuk 'genre' yang berbeda-beda. 
 
Sebagai contoh, hari senin diskon ditujukan untuk barang kebutuhan ibu dan anak, hari rabu diskon untuk produk fashion wanita dan hari kamis ada diskon untuk produk fashion pria. 
Jadi, bagi yang 'genre' nya sesuai dengan salah satu dari hari di atas, silahkan kunjungi Blibli.com guna membeli produk yang sesuai keinginan. Besaran diskonnya sampai dengan 70% loh. Lumayan kan!

Melihat ketiga strategi marketing di atas, tampak jelas kalau Blibli.com ingin bersaing secara terbuka dengan website ecommerce lainnya. Mereka tidak sungkan dan tidak segan menghadapi persaingan melawan website seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Elevenia dan website besar lainnya. Mereka juga siap menghadirkan kejutan-kejutan baru bagi para konsumennya. Kita tunggu saja!
 
Mengenal Program Gallery Indonesia BliBli.Com
 
 













 

Komentar