Laman

  • Home

Minggu, 25 September 2016

Berkolaborasi dengan Kadin Daerah, Pemerintah Kota dan Kabupaten Bisa Menyelenggarakan Pelatihan UMKM Sendiri

Image result for Kadin Jateng Pelatihan

Pembinaan UMKM sudah menjadi tugas bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kadin Provinsi Jawa Tengah.  Rumah UMKM mencoba untuk bisa mengawal kolaborasi pemerintah daerah dan kadin daerah sebagai kepanjangan tangan dari kolaborasi ini.

Sebagaimana apa yang kami coba bantu di Kota Magelang dan Kabupaten Jepara baru-baru ini, kami bisa mengawal kolaborasi pemerintah daerah dan kadin daerah dalam menyelenggarakan pelatihan UMKM. Bahkan di kota Solo, Kadin dan Pemkot Solo sudah sangat erat bersinergi. 

Sebagai mitra strategis pemerintah, memang sudah seharusnya pemerintah daerah ikut membantu keaktifan kadin daerah dengan melibatkannya dalam setiap pelatihan UMKM yang diselenggarakan oleh SKPD terkait seperti Dinas KUMKM, Disperindag, BAPPEDA dan BPMD.

Harus disadari benar bahwa kamar dagang dan industri merupakan payung dari semua organisasi yang ada di daerah, yang perlu secara bersama-sama dibangun oleh pemerintah daerah setempat dengan kadin setempat. Kadin adalah wadah pelaku usaha yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah untuk berdiskusi dan bermitra.

Kadin provinsi Jawa Tengah siap melakukan back up teknis terhadap pelaksanaan pelatihan UMKM di daerah dengan program Edu Kadin dan Rumah UMKM. Bahkan belum lama ini Edu Kadin memberikan pembekalan kepada team Kadin Daerah untuk bisa menyelenggarakan pelatihan-pelatihan Edu Kadin di daerah masing-masing. 

Rumah UMKM pun secara masif telah melakukan penetrasi pelatihan-pelatihan di daerah bersama Disperindag dan Dinas KUMKM Jawa Tengah untuk menjajagi potensi kebutuhan dari UMKM di daerah. Bahkan beberapa daerah seperti Kabupaten Semarang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Kudus, Kota Magelang dan Kabupaten Wonosobo sudah berani untuk bekerjasama langsung dengan Rumah UMKM sebagai nara sumber dalam pelatihan kewirausahaan, pemasaran, penjualan, pemasaran online dan kemasan.

Rumah UMKM akan selalu melibatkan Kadin setempat untuk memantau pelatihan yang berjalan dan selanjutnya bisa dilakukan oleh Kadin Daerah sendiri. Bahkan dari pihak pemerintah daerah sendiri pun sudah memunculkan sinyal positif untuk kerjasama yang lebih aktif di masa mendatang, terutama dengan Kadin setempat.

Melihat kiprah dari Kadin Jawa Tengah, para pelaku UMKM di daerah pun ikut bersemangat ketika nantinya Kadin di daerahnya bisa mengakomodasi pelatihan-pelatihan yang mereka butuhkan ada di daerah. Sebuah peluang pengabdian dari Kadin Daerah kepada masyarakat di daerahnya.