Laman

  • Home

Kamis, 25 Agustus 2016

Pedoman Cara Produksi Olahan Pangan Yang Baik

Image result for Pedoman Olahan Pangan
Bisnis olahan pangan adalah bisnis skala UMKM yang paling banyak dipilih.

Sebagaimana diketahui bahwa di berbagai daerah di Jawa Tengah maupun di Indonesia, bisnis olahan pangan adalah bisnis yang paling banyak muncul dari skala UMKM. Jumlahnya di kisaran 60 - 70% di masing-masing daerah dibandingkan bisnis UMKM keseluruhan.

Bagaimana membuat olahan pangan yang sehat dan aman adalah sebuah edukasi dan informasi yang perlu selalu kita sampaikan kepada para pelaku, tentunya dengan berbagai cara. Bisa jadi cara mengedukasi mereka dengan internet bisa lebih efektif karena mudah diakses oleh mereka, karena informasi pelatihan formal seringkali tidak menjangkau pelaku-pelaku UMKM di daerah-daerah.

Seringkali kami menemukan bahwa di daerah yang jauh dari kota besar, ada beberapa  pelaku UMKM yang mampu memproduksi olahan pangan kreatif yang memiliki prospek pemasaran ekspor. Pontensi ini sangat perlu dikembangkan dengan memberikan edukasi yang bisa terjangkau oleh mereka. 

Ketika teknologi gadget sudah mencapai mereka, maka upaya yang kami lakukan dengan memberikan edukasi dan informasi melalui internet kemungkinan besar bisa menjangkau mereka dengan mudah. Oleh sebab itu, kami tidak henti-hentinya memberikan sharing informasi dan edukasi baik dari kami sendiri maupun dari berbagai referensi yang ada untuk bisa memperkaya pengetahuan para pelaku UMKM mengetaui apa yang perlu mereka pahami tentang aturan dan pedoman olahan produksi pangan.

Salah satu yang akan kami berikan sharingnya adalah materi berikut:

Pedoman Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik (Good Manufacturing Practices) Industri Makanan, Hasil Laut dan Perikanan

Materi ini kami ambil dari Direktorat Jenderal Industri Agro, Kementrian Perindustrian, yang pernah disampaikan dalam seminar "Food Safety Management System to Face Global Market, Is Your Business Ready ?"

Berikut adalah materi tersebut: