GetAsean.Com, Memotivasi UMKM Dobrak Ekspor

GetAsean.Com, Dibangun untuk membantu UMKM bisa ekspor





Ekspor, menjadi keinginan banyak pelaku UMKM untuk melakukannya. Tetapi tentunya banyak sekali kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM mulai dari tingkat kualitas produk sampai dengan bagaimana mereka bisa melakukan ekspor.

Memang masih perlu banyak persiapan untuk membuat UMKM bisa ekspor, memotivasi mereka terlalu cepat justru akan menghadapkan mereka kepada permasalahan komplain yang lebih berat. 

Pembinaan bertahap untuk mempersiapkan UMKM bisa ekspor harus dilakukan secara bertahap, memahamkan mereka mengenai arti penting kualtias produk, terjaminnya kapasitas dan kontinuitas produksi, legalitas produk dan segala macam yang menjadi persyaratan dasar dari seorang eksportir. Sementara itu, mereka juga harus menguasai komunikasi yang baik guna membuka akses pasar global dan juga memahami peryaratan, ketentuan, prosedur dan kebijakan ekspor.

Terlepas dari semua kendala di atas, harus kami akui bahwa sebenarnya potensi ekspor dari Jawa Tengah cukup besar. Dan Kadin Jateng melihat bahwa potensi perlu ini digarap bersama dengan instansi pemerintah yang terkait dengan pembinaan UMKM.  

Perkembangan teknologi informasi sangat memungkinkan untuk melakukan percepatan ini, yaitu dengan eCommerce yang coba dirintis oleh Kadin Jateng untuk UMKM yang berorientasi ekspor. eCommerce yang dibangun oleh Kadin Jateng ini bertajuk GetAsean.Com.

Dibutuhkan partisipasi aktif dari UMKM itu sendiri dalam melakukan registrasi (pendaftaran) dan melakukan penawaran produk melalui portal ini. Sementara nanti team GetAsean.Com akan selalu mempromosikan situs tersebut ke seluruh dunia untuk menjadi permintaan beli dari buyer-buyer asing.

Bukankah prinsip dari eCommerce ini adalah menghimpun data base supplier dan data base buyer untuk selanjutnya mengupayakan interaksi keduanya secara efektif agar terjadi transaksi perdagangan ? Fitur pengiriman barang dan pembayaran juga menjadi kelengkapan dari eCommerce ini.

Sedikit presentasi berikut akan membantu pemahaman teman-teman UMKM atas GetAsean.Com.

Dobrak Ekspor Bersama GetAsean.Com






















Terima kasih telah bergabung dengan GetAsean.Com, mari dobrak ekspor bersama kami.

Komentar