Laman

  • Home

Jumat, 19 Agustus 2016

Fakta, 9 Alasan Untuk Memulai Usaha Kecil

Alasan anda melakukan lompatan besar.

Ada banyak artikel di luar sana yang memotivasi anda untuk memulai bisnis, padahal tidak semua orang harus berbisnis. Hampir 80% orang memulai usaha kecil dan gagal, adalah karena sebagian besar dari mereka memang tidak seharusnya memulai bisnis. Jika sebagian besar orang tersebut memahami kondisi ini, maka seharusnya prosentase orang yang memang harus memulai bisnis dan berhasil akan semakin besar. 

Mengukur diri dengan mencoba untuk memulai usaha memang tidak ada salahnya, tetapi diperlukan beberapa alasan untuk benar-benar mengetahui apakah diri kita memang harus memulai usaha atau tidak. Berikut ini ada 9 alasan yang mengarahkan kita untuk memulai usaha kecil.

1. Menghidari Sesuatu 

Contoh: Anda membenci pekerjaan anda saat ini, dan anda tahu bahwa anda bisa melakukan pekerjaan dengan lebih baik daripada apa yang dilakukan atasan anda dalam menjalankan perusahaan tersebut. Atau anda tidak bisa melakukan dengan baik dalam tinjauan kinerja anda, tetapi anda menganggap itu adalah kesalahan orang lain. 

 Ide untuk memulai bisnis adalah lebih baik: Anda bisa membuat sebuah lompatan, dan anda bisa jauh dari apa pun yang mengganggu anda. Memang bukan alasan yang baik, tetapi anda perlu berlari menuju kewirausahaan jika anda ingin sukses. Jika tidak, Anda hanya akan bersembunyi dari masalah anda dan menciptakan lebih banyak masalah lagi, karena alasan anda untuk memulai bisnis akan goyah dan akan menjadi pria dengan tangan di atas kepala.

2. Anda Ingin Kontrol


Hadapi: Anda gila kontrol, dapur harus dibersihkan dengan cara tertentu, dan jika proyek di tempat kerja tidak sesuai target, anda akan membuat staf anda melakukannya lagi. 


Jalankan bisnis Anda sendiri, maka anda akan memiliki total kontrol atas segalanya atau bahkan tidak terkontrol sama sekali. Memulai bisnis dapat benar-benar membuat anda merasa kurang dikontrol. Anda tidak dapat mengontrol kapan pelanggan membayar anda, atau bahkan kapan mereka ingin membeli produk anda. Anda tidak bisa memaksa karyawan anda untuk melakukan hal-hal dengan harapan gila anda.

3. Anda Ingin Segera Kaya


Ada kabut glamor dalam memulai bisnis, dan kami tidak tahu dari mana asalnya. Beberapa kisah sukses telah menempatkan "gemerlap bintang" di mata orang-orang dan membuat mereka berpikir mereka dapat dengan mudah memulai bisnis dan menjadi yang super kaya. 


Pikirkan baik-baik kenyataan bahwa l: Jutawan memang ada, tetapi kenyataannya mereka jarang. Anda perlu lebih serius menyesuaikan harapan anda.

4. Anda Ingin Menjadi Bintang Media


Anda muak melihat Richard Branson dalam berita, dan anda tahu bahwa anda pun bisa mendapatkan banyak perhatian, jika anda adalah seorang pengusaha sukses seperti dia.  


Tapi sayang, setelah bertahun-tahun kerja keras penuh dedikasi, belum lagi didukung tim promosi yang jagoan, untuk sampai ke tingkat dimana Branson berada dan setelah anda mulai publikasi, promosi dan iklan di media, anda akan segera tahu bahwa sebenarnya mereka tidak peduli tentang anda dan merek anda.

5. Anda Ingin Menghabiskan Waktu Lebih Dengan Keluarga Anda 

Jika anda baik-baik saja dengan memulai bisnis kecil, seperti pakaian rajut bayi dan menjualnya di BukaLapak dan TokoPedia, Anda mungkin bisa menggunakan alasan ini. Tapi menyadari bahwa memiliki lebih banyak waktu berarti anda akan membuat lebih sedikit uang daripada yang anda lakukan dengan pekerjaan anda saat ini. 

Hanya sedikit orang yang bisa memanfaatkan sedikit waktu dan banyak uang dalam menjalankan bisnis. Tambahan, jika anda bekerja dari rumah untuk menghabiskan waktu dengan anak-anak, anda tidak akan dapat fokus pada bisnis anda.

6. Saudara Anda Ingin Mengajak Anda Berbisnis

Dia punya ide bagus, dan dia ingin anda ikut. Masalahnya adalah bahwa anda tidak setuju tentang beberapa hal. Hubungan keluarga yang kuat membuat kita sering sulit menolak ajakan saudara untuk bermitra bisnism tetapi anda harus ingat bahwa yang dibutuhkan dalam bisnsi adalah mitra bukan ikatan keluarga.

7. Anda Bergairah, Tapi Tak Punya Arah

Anda benar-benar menguasai penitipan hewan peliharaan, sehingga anda tahu ide itu baik untuk memulai bisnis layanan peniltipan hewan. Hanya saja, Anda tidak memiliki petunjuk bagaimana untuk menjalankan bisnis itu. Tentu, keterampilan yang anda sangat unik dan memiliki peluang besar untuk bisnisi, tetapi anda perlu bertanya pada diri sendiri apakah tidak ada cara lain untuk memenuhi gairah anda selain mengganggu jalan idup anda ? Mengurangi pendapatan anda, dan meningkatkan stres Anda ?

 8. Anda Asumsikan Anda Bisa Dapatkan Pinjaman Bank 

Anda tidak cukup memiliki dana senilai 1 - 2 tahun dari pengeluaran pribadi dan bisnis untuk disisihkan di rekening tabungan anda, tapi anda yakin anda bisa mendapatkan pinjaman usaha kecil. 

Jangan begitu yakin, bank sering enggan untuk membiayai bisnis baru yang belum terbukti, yang berarti jika anda keluar dari pekerjaan anda, anda mungkin ingin kembali ke tempat anda bekerja kembali. 

9. Semua Telah Anda Miliki 

Kadang kita berpikir bahwa ide bisnis kita menakjubkan, atau setidaknya kita berpikir itu luar biasa. Anda belum menjalankannya dengan siapa pun atau melakukan riset pasar apapun untuk melihat apakah orang benar-benar akan membayar untuk itu, tapi kita sudah yakin mereka akan tertarik dengan ide kita

Anda sedang menyiapkan kematian anda sendiri jika anda memulai bisnis tanpa mengetahui siapa yang akan membeli produk anda. Memulai bisnis bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng. Ini adalah keputusan besar dalam hidup, dan satu hal yang anda butuhkan adalah untuk dapat melihat masa mendatang. Mengelola harapan anda tentang kapan anda akan membuat satu juta pertama anda, dan menyadari bahwa itu akan mengambil banyak keringat, ketekunan, dan kesabaran untuk tumbuh.