Laman

  • Home

Jumat, 12 Agustus 2016

Bisnis adalah Soal Proses dan Strategi

Bisnis adalah Soal Proses dan Strategi


Barang dan jasa merupakan produk dari sebuah kegiatan bisnis atau usaha. Arti kata bisnis adalah serangkaian aktifitas yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan finansial. Modal utama untuk menapaki jejak berbisnis yaitu kemauan keras dan kemampuan yang dimliki. Minat yang kuat dapat membuat bakat semakin berkembang. Temukan potensi dalam diri yang bisa dijadikan untuk modal perintisan usaha.


Hal yang pasti dibutuhkan selain bakat ialah sumber daya berupa dana modal dan manusia. Dana dibutuhkan untuk proses perintisan usaha baru yang dialokasikan ke berbagai keperluan. Pengelola bekerjasama dengan pekerja dalam bentuk tim. Tugasnya yakni bahu-membahu mengembangkan bisnis sesuai dengan target yang telah disepakati. Kesuksesan pebisnis teruji oleh proses dan strategi. Hasilnya bergantung pada kedua unsur tersebut.


Proses 

Bisnis bagaikan anak tangga yang tujuan akhirnya ialah sebuah pencapaian kesuksesan. Merintis berarti baru berada pada level pertama, langkah menuju ke level berikutnya inilah yang disebut sebagai proses. Targetkan jangka waktu tertentu di setiap peningkatan level. Upayakan agar tidak terjadi penurunan sehingga membuat waktu mencapai titik tertinggi semakin lama.



Proses Bisnis

Perjalanan berpindah ke level yang lebih tingi pasti akan berhadapan dengan rintangan. Hadapi dan temukan solusinya agar tujuan bisnis dapat tercapai. Jangan mudah menyerah, jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan ilmu. Bangkitlah segera dari keterpurukan karena ini hanya bersifat sementara jika Anda mampu menyelesaikannya. Semakin banyak Anda gagal, maka ilmu yag di dapat kian bertambah.


Proses selanjutnya akan berjalan lebih baik karena Anda telah mengetahui titik dimana poin yang menjadi penyebab kegagalan. Terlewatinya titik tersebut membuat langkah Anda menuju puncak kesuksesan semakin dekat. Hal ini mengercutkan pengertian bahwa bisnis adalah proses berpindahnya dari level terendah menuju level berikutnya. Waktulah yang akan menjawab, keberhasilan pebisnis yaitu cepat menduduki posisi tertinggi dalam waktu yang singkat.


Strategi

Segala usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kejayaan bisnis disebut sebagai strategi. Awal dimulainya bisnis adalah strategi pengenalan produk baru kepada masyarakat luas. Selang beberapa saat setelah berhasil terkenal, picu penjualan agar dapat melesat. Selanjutnya, bagaimana caranya produk dapat bertahan terjual dalam jumlah diantara banyak pebisnis yang mengikuti jejak bisnis Anda.


Promosi di saat merintis bisnis merupakan keharusan, curi perhatian calon pelanggan dengan kualitas produk unggul dan pelayanan prima. Suatu produk dapat diterima pelanggan dengan respon hangat jika mengetahui apa yang diinginkan mereka. Selera orang memang berbeda-beda tetapi poin pentingnya hampir sama.




Contoh nyata misalnya Anda merintis bisnis di bidang kuliner ketika musim panas. Jelas, jenis minuman yang dapat meredakan hawa panas ialah pilihan yang tepat. Hadirkan es dalam berbagai rasa, mengingat setiap orang memiliki cita rasa yang tidak sama. Beralih ke musim dingin, beralihkan ke jenis minuman yang bisa menjadi penghangat tubuh. Tidak perlu mengganti total menu, cukup mengganti penyajiannya dengan cara hangat.


Produk Anda sudah dapat diterima masyarakat luas, strategi berikutnya ialah mempertahankan mereka agar tidak beralih ke produk kompetitor. Berikan pelayanan yang maksimal dan menyenangkan. Respon masukan yang diberikan, baik berupa saran atau pun kritik. Bila perlu ketika mereka membeli produk Anda, mintalah pendapat terkait produk dan pelayanan perusahaan.
 

Ciri pencapaian kesuksesan di dalam dunia bisnis adalah produk Anda tetap bertahan di tengah persaingan ketat kompetitor. Proses dan strategi akan menghadirkan pengalaman serta pengetahuan bagi pebisnis. Tahapan pemula ke tingkat profesional terjadi secara alami karena tekat, kerja keras dan jiwa pantang menyerah.

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Business Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia