Laman

  • Home

Rabu, 10 Agustus 2016

Ayo Memotivasi, Bukan Memprovokasi

Buat pelaku UMKM selalu termotivasi

Dalam pembinaan UMKM di Jawa Tengah ini kami mengharapkan teman-teman UMKM di setiap daerah membangun komunitasnya sebagai sarana jejaring UMKM dan juga sarana berdiskusi dan tukar informasi. Jejaring ini pun sekarang sudah memanfaatkan media social untuk bertegur sapa, berdiskusi dan bertukar informasi dan bahkan antar komunitas daerah satu dengan yang lain pun sudah terhubung dengan baik.

Hal inilah yang kami harapkan terus berkembang di Jawa Tengah, kami hanya bisa memantau dan sekali waktu memberikan masukan dan saran sambil terus melakukan pembinaan UMKM secara bergilir ke berbagai daerah. Bagi UMKM yang telah kami kenal biasanya mereka cukup menghubungi kami dengan fasilitas komunikasi dan internet yang telah ada, biar semuanya menjadi praktis dan cepat.

Waktu akan semakin mahal di kemudian hari, oleh sebab itu pembelajaran dari sesama pelaku dan pemanfaatan teknologi harus mulai diakrabkan kepada pelaku UMKM yang lain mulai sekarang agar pembinaan UMKM di daerah-daerah ibarat virus yang menular.  Harapan kami adalah bahwa pembinaan kami akan bisa secara berantai tersampaikan kepada pelaku-pelaku UMKM yang ada melalui komunitas tersebut, melalui website (RumahUMKM.Net) ini dan melalui social media kami.

Pasti banyak juga teman-teman yang memiliki panggilan sosial untuk melakukan pembinaan UMKM di Jawa Tengah seperti yang kami lakukan, dan kami juga melihat begitulah adanya. Inilah penularan "virus sosial" yang kami harapkan cepat menyebar di Jawa Tengah. Bahkan secara sukarela banyak teman-teman dari daerah yang mempelopori pengembangan UMKM mereka sendiri, bahkan tanpa bantuan dari pemerintah dan asosiasi seperti kami. Mereka telah mampu sendiri, mereka telah mampu mandiri.

Tujuan dari semua pembinaan dan pengembangan kewirausahaan dan UMKM adalah agar mereka mampu mandiri dan mampu bersaing secara global sebagaimana tuntutan bisnis saat ini.


Yuk Memotivasi, Bukan Memprovokasi.

Tetapi terkadang beberapa penggiat UMKM yang telah memiliki banyak "fans" atau "follower" seringkali melakukan beberapa kesalahan yang mungkin tidak mereka sadari, yaitu ketika dia berpendapat mengenai satu hal yang terkait dengan kebijakan pemerintah atau semacamnya mereka lupa bahwa mereka "sudah" tidak bisa berbicara atas nama pribadi melainkan sudah berbicara atas nama kelompok, apalagi mereka mempublikasi pendapatnya di social media.

Meskipun belum terlalu ekstrim kadang penggiat UMKM seperti kami kadang "lengah" dalam menyampaikan pendapat, yang pada akhirnya bisa "memprovokasi" para "friends" dan  "follower" kami. Hal inilah yang sebenarnya kami sendiri harus mulai berhati-hati dalam berpendapat dalam sebuah social media.

Tugas kami adalah selalu memotivasi teman-teman UMKM untuk selalu bersemangat karena ada "solusi" dari kami atas masalah yang mereka hadapi, begitu pula teman-teman penggiat UMKM yang lain. Dan teman-teman UMKM butuh motivasi ini dalam "kondisi berat" mereka memperjuangkan agar usaha mereka tetap berjalan dan mampu menopang hidup mereka.

Sekilas kami menyalin arti kata "motivasi" dan "provokasi" dari Kamus Besar Bahasa Indonesia di bawah ini sebagai referensi:
---
motivasi/mo·ti·va·si/ n 1 dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu; 2 Psi usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya;
  • bawah sadar dorongan untuk bertindak yang pada hakikatnya terselubung bagi yang bersangkutan, tetapi dapat ditelusuri melalui perilakunya;
  • ekstrinsik dorongan yang datangnya dari luar diri seseorang;
  • intrinsik dorongan atau keinginan yang tidak perlu disertai perangsang dari luar;

memotivasi/me·mo·ti·va·si/ v memberikan motivasi; menciptakan suasana yang subur untuk lahirnya motif: dengan - pegawai diharapkan dapat terjadi perubahan sikap dan peningkatan mutu kerja pegawai yang bersangkutan;

termotivasi/ter·mo·ti·va·si/ v terdorong untuk melakukan sesuatu: ia mampu membuat orang - dan bekerja keras


---
provokasi/pro·vo·ka·si/ n perbuatan untuk membangkitkan kemarahan; tindakan menghasut; penghasutan; pancingan: sebaiknya mereka menyadari bahwa -- yang ditimbulkannya itu akan mengundang pertumpahan darah;

terprovokasi/ter·pro·vo·ka·si/ v terpancing atau terpengaruh untuk melakukan perbuatan negatif, misalnya perusakan: pengunjuk rasa sempat ~



Mengapa kami menulis hal ini adalah karena ketakutan kami apabila kami meleset dari memotivasi menjadi memprovokasi teman-teman UMKM atas hal-hal yang seharusnya tidak "boleh" tidak selaras dengan apa yang menjadi program pemerintah atau pihak lain yang mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

Dengan tulisan ini kami juga ingin mengajak teman-teman sesama penggiat UMKM untuk selalu melakukan motivasi-motivasi kepada pelaku UMKM dan harus selalu menghindari hal-hal yang bisa menjadi provokasi atas hal-hal tertentu yang sudah menjadi program pemerintah dan semacamnya.

Motivasi yang terbaik bagi teman-teman UMKM adalah diskusi dan informasi yang menjadi solusi atas permasalahan yang mereka hadapi saat ini, motivasi yang mampu membuat mereka mampu mencapai impian mereka dalam membangun usaha mereka.

Tetap semangat, dan mari selalu bangun ekonomi bangsa ini dari skala terbawah !