Laman

  • Home

Senin, 08 Agustus 2016

5 Strategi Pemasaran Restoran Yang Penting Untuk Menarik Pelanggan Baru

Strategi Pemasaran Restoran

Sebenarnya bisnis restoran adalah bisnis yang sulit untuk dimasuki.Anggapan bahwa 90% bisnis restoran gagal dalam tahun pertama sebenarnya adalah mitos. Menurut penelitian ini dilakukan oleh Dr. HG Parsa di University of Denver, jumlah sebenarnya adalah 26% pada tahun pertama, dan 59% gagal dalam tiga tahun pertama dari saat pembukaan pintu usaha. Sekarang tingkat kegagalan 59% jelas lebih baik daripada 90%, tapi masih sangat tidak meyakinkan untuk setiap pemilik restoran baru.Sebagai pemasar, hal yang menarik bagi saya adalah bukan berapa banyak bisnis yang gagal, melainkan mengapa mereka gagal. Untungnya, informasi yang juga termasuk dalam penelitian yang sama oleh Dr. Parsa. Ternyata, di antara 21 alasan yang tercantum dalam kegagalan bisnis adalah karena kurangnya perencanaan strategis, keputusan manajemen yang buruk, dan kurangnya diferensiasi dalam kompetisi pemasaran yang merupakan faktor-faktor terbesar yang berkontribusi terhadap kegagalan restoran.Faktor lokasi, cukup mengejutkan, ketika didaftar ada tapi hanya dikutip oleh salah satu responden di seluruh studi sebagai penyebab kegagalan, hal ini bertentangan dengan pernyataan umum bahwa lokasi adalah segalanya.Bagaimana Anda dapat menghindari jebakan ini dan menjalankan bisnis yang menguntungkan?

Dimulai dengan pemasaran yang baik & optimasi. 


Jika Anda pernah mengalami perlambatan usaha dan sedang mencari cara untuk merevitalisasi restoran Anda, maka tulisan ini akan memberikan anda 5 strategi pemasaran yang terbukti cukup mudah, mudah diterapkan dan memiliki kekuatan untuk menghasilkan keuntungan dalam bisnis anda.


 1. Set Up Akun Google Bisnisku
Set Up Akun Google Bisnisku
Google Bisnisku menghubungkan Anda secara langsung dengan pelanggan, saat mereka mencari Anda di Penelusuran, Maps, atau Google+.  

Google Bisnisku pada dasarnya adalah profil Google Plus untuk bisnis Anda. Dengan meningkatkan pencarian mobile, pelanggan yang beralih ke pencarian mobile saat ini lebih banyak dari sebelumnya untuk mendapatkan saran yang menguntungkan pada setiap aspek kehidupan mereka, termasuk tempat makan.Memastikan informasi bisnis anda sepenuhnya diisi dan up-to-date pada akun Google Bisnisku merupakan hal yang paling penting yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan semua aspek dari peringkat pencarian SEO untuk merek Anda. Berikut ini alasannya:Katakanlah pasangan yang tinggal di sebuah hotel di Jalan Sukhumvit, Bangkok dan restoran Italia anda hanya 10 menit berjalan kaki dari hotel tersebut. Waktu makan malam hampir tiba dan mereka berada dalam "mood" untuk makanan Italia. 

Hanya ada 3 cara bagi mereka untuk memilih restoran, termasuk rekomendasi oleh teman atau kolega: 
  1. Cari di Google Search.
  2. Tanyakan pada bagian Concierge.
  3. Berkeliling dan mencari tempat makan. 

Apa yang akan anda lakukan ketika anda dihadapkan dengan situasi yang sama? Kebanyakan orang melakukan sesuatu dengan ponsel pintar dari saku mereka dan mulai mencari ! 

Katakanlah mereka mencari "Italian Restaurant di Bangkok". Jika Anda telah mengisi halaman Google Bisnisku dengan benar, dan restoran anda telah diklasifikasikan sebagai restoran masakan Italia, maka Google akan menampilkan daftar restoran Anda dalam pencarian. 

Dengan memanfaatkan Grafik Pengetahuan, yang memberikan rincian bisnis di sidebar halaman hasil pencarian, anda dapat menunjukkan calon pelanggan informasi langsung tentang lokasi, foto, jam buka, peringkat, ulasan, dan bahkan menu. Link ke website anda dan media sosial juga bisa ditampilkan di sini, menjadikannya sebagai alat pemasaran yang sangat efektif dan gratis. Ketika dikombinasikan dengan SEO, pemasaran pencarian, dan iklan, Google dapat menjadi sumber yang signifikan untuk akuisisi pelanggan baru.Tak usah dikatakan bahwa jika informasi Anda tidak up to date, maka anda akan kehilangan ribuan pencarian pelanggan potensial per bulan.

2. Penawaran Pengiriman Atau Partner dengan Operator Jasa Pengiriman


Apakah anda melakukan pesanan untuk pengiriman sekarang?

Perkembangan perilaku konsumen saat ini akibat keterbatasan waktu perlu disikapi sebagai sebuah tantangan yang harus dijawab oleh pelaku usaha restoran. Saat ini konsumen telah banyak memilih memesan makanan yang cepat saji dan bisa delivery service.
Saat ini telepon didominasi perintah pengiriman, pesanan melalui internet juga mulai mendominasi komunikasi internet karena berkembangnya eCommerce.

Menawarkan pemesanan secara online melalui situs web & aplikasi telepon membuatnya lebih mudah dari sebelumnya dalam rangka meningkatkan pengiriman dan carryout penjualan restoran anda. Selain itu, pertimbangkan bermitra dengan layanan seperti Gojek, JNE (Pesona), Pos Express, dan sebagainya untuk memperluas basis pelanggan Anda.

Meskipun layanan ini mungkin memiliki konsekwensi biaya  atau mungkin biaya per pesanan, tetapi hal ini sangat efektif dalam memberikan fasilitas layanan yang dibutuhkan oleh pelanggan karena faktor keterbatasan waktu.

3. Optimalkan, Monitor & Promosikan Halaman Facebook Anda


 

 
Facebook masih tetap merupakan jaringan media sosial yang paling menarik dan paling cepat berkembang di seluruh dunia. Tapi ketika Anda berbagi posting itu, berapa banyak orang yang menjadi audiens anda benar-benar tercapai ? Penelitian ini dilakukan oleh Ogilvy yang menemukan bahwa jangkauan organik di Facebook pada tahun 2016 hanya sedikit, yaitu 6%. Itu benar, jika Anda memiliki 100 pengikut, hanya ada 6 oang yang akan memiliki potensi melihat posting Anda ! 

Dengan penurunan pencarian organik dan munculnya promosi berbayar, persaingan posting di Facebook lebih sulit dari sebelumnya. Sekarang, lebih dari sebelumnya, penting untuk benar-benar memberikan nilai kepada audiens anda dengan seleksi audiens yang lebih potensial, membatasi promosi spam, jika tidak, Anda akan mendapatkan risiko konten anda akan diabaikan.Pengelolaan "friend" dan "follower" face book anda yang tepat dalam membentuk audiens restoran anda merupakan kunci sukses dalam optimalisasi halaman face book anda. Jika konten face book anda mengenai audiens yang tepat, maka kampanye iklan anda akan lebih efektif.

4. Aksi Show Off Restaurant Anda



 
 
Menyajikan hasil karya fotografi atas apa yang ada dalam restoran anda, seperti suasana saat memasak, menyajikan makanan, senyuman pelayan kepada pelanggan dan suasana restoran merupakan hal yang penting dalam promosi restoran anda.
 
Dengan adanya foto-foto yang menarik, calong pelanggan akan dipermainkan dengan imajinasinya untuk merasakan berada dalam restoran anda. Sehingga anda tidak perlu menyewa agen promosi yang mahal hanya sekedar untuk membuat calon pelanggan tertarik berkunjung ke restoran anda.

 
Kekuatan fotografi dan bahkan mungkin saat ini video singkat melalui instagram dan youtube perlu anda lakukan untuk memberikan masukan kepada imajinasi calon pelanggan.

5. Mengambil Keuntungan dari Instagram
 
Jika Anda belum memiliki akun instagram, sudah saatnya anda serius untuk mempertimbangkan mendaftar. Pada April 2016, Instagram memiliki lebih dari 400 juta pengguna, dan jumlahnya terus bertambah.  

Tidak setiap bisnis dapat menemukan sukses di platform yang sangat visual seperti Instagram, dan restoran tidak memiliki masalah dengan hal ini.Menggunakan foto dan video berkualitas baik dari makanan anda, restoran dan staf, bersama dengan penggunaan hashtags populer, lebih dari mungkin untuk membangun sebuah merek yang kuat. Tapi jangan mengharapkan hasil instan dari instagram, seperti Facebook, hal ini memerlukan strategi jangka panjang dalam membangun kepercayaan kepada audiens anda dari waktu ke waktu.Instagram memiliki jangkauan organik jauh lebih tinggi dari Facebook.  

Jika pengikut Anda terlibat dengan konten Anda secara teratur, mereka lebih cenderung untuk melihat posting anda dalam menu rutin mereka, bahkan mereka adalah audiens yang tepat ketika Anda melakukan posting.Facebook membeli Instagram pada tahun 2012. Jika Anda memiliki anggaran, kami sarankan bereksperimen dengan iklan untuk menjangkau orang-orang yang berada di daerah Anda dan memiliki kesempatan untuk menjadi pelanggan. Iklan yang sebenarnya berbeda, tapi banyak pilihan penargetan rinci yang tersedia di Facebook.Pro Tip: Gunakan Instagram untuk memamerkan kualitas tinggi, close up gambar makanan, adegan di balik layar / dapur, dan menyelinap preview. Anda juga bisa memamerkan etalase anda bangun dekat dengan hidangan terbaik, dan mengembangkan identitas merek Anda.

Kesimpulan: Transformasi pemasaran dan citra merek bukanlah tugas yang mudah, tapi mudah-mudahan Anda dapat memanfaatkan 5 strategi pemasaran ini sebagai titik awal untuk restoran Anda, jika anda belum melakukannya.