Laman

  • Home

Sabtu, 27 Agustus 2016

5 Hal Yang Membuat Website Menarik

Image result for let's make a good web design
Membuat Desain Website Yang Menarik

Dalam pelatihan marketing online beberapa hari yang lalu, ada sebuah pertanyaan mengenai bagaimana membuat sebuah website menarik pengunjung (pembaca), dan jawaban saya belum sempat saya tuangkan dalam tulisan di posting hari Rabu lalu. Untuk menebusnya berikut kami tuliskan jawaban saya sebagai berikut:

Membuat website "menarik" untuk pengunjung ? Pertanyaan yang sederhana ini sebenarnya adalah pertanyaan yang sangat bagus dan mendasar dari sebuah esensi membuat website. Anda akan menyadari betapa pentingnya membedakan pengunjung website yang "segera meninggalkan" setelah membuka website dan pengunjung yang "tetap tinggal" setelah membuka website. Sebagaimana anda membedakan antara window shopper dan real buyer, hal ini sangat penting karena real buyer atau pengunjung setia adalah hal yang akan membantu anda mendapatkan pendapatan dari website.

Jumlah pengunjung ini juga ditentukan oleh kinerja konten, iklan, SEO dan upaya pemasaran melalui sosial media. Kemampuan anda dalam mempromosikan dan memasarkan website merupakan upaya awal dalam menjaring awareness dari pengunjung, sementara kesediaan merekan untuk tetap tinggal adalah ditentukan oleh kinerja konten anda.

Jika tujuan Anda adalah untuk membuat website anda lebih menarik, ada 5 elemen kunci yang perlu anda perhatikan, yaitu:

1. Konten


Untuk membuat dampak, konten harus baik, komunikatif dan berisi hal yang dicari. Ada 3 (tiga) hal yang pengunjung bisa lakukan di situs anda, yaitu: mengenali apa yang anda wakili, memahami pesan Anda, dan selanjutnya bertindak:
Ada 3 hal pokok yang bisa membantu anda untuk memenuhi 3 hal di atas:
  1.     Gunakan imajinas anda.
  2.     Tetap pendek, singkat dan padat.
  3.     Bercerita.
Jangan lupa untuk selalu membuat undangan untuk terlibat di dalamnya, undangan untuk berindak dan selalu memberikan solusi. Hal ini akan membuat website anda berada di tempat pertama; dan orang tidak pernah melupakan hal itu.

Searchability konten Anda, di sisi lain, adalah fungsi dari strategi SEO yang berbeda yang anda terapkan, tujuan akhirnya adalah menjadi paparan maksimum melalui mesin pencari. Aturan dasar yang praktis berlaku: backlink dari platform terkemuka, memperbarui situs anda secara teratur dan rutin, dan menggunakan kata kunci yang ditargetkan secara bijaksana. Jika semua hal tersebut dilaksanakan, maka dipastikan website anda tetap dalam zona aman bebas spam.

 
2. Desain 



Desain adalah persyaratan rumit karena begitu subjektif. Sangat penting untuk dipahami sejak  awal bahwa anda tidak akan dapat menyenangkan semua orang, jadi daripada mencoba untuk melakukan semuanya sekaligus, fokus saja pada desain anda sendiri dan unsur yang paling berharga dari website Anda, yaitu: konten!

Image result for let's make a good web design
Desain website
Merancang desain konten yang menarik adalah menyakinkan bahwa konten anda dibaca, dan hal itu berarti memperhatikan dua hal: warna dan ruang putih. Periksa apakah ada cukup kontras untuk membuat teks pada situs anda.

Adapun ruang putih, tujuannya adalah untuk memecah (memisahkan) konten anda dan meminimalkan noise. Hal ini memungkinkan poin kunci anda benar-benar menonjol, yang membantu pemahaman. Anda pasti tidak ingin pesan inti anda tenggelam dalam lautan kekacauan - baik visual ataupun aural.


Pelajaran yang ditekankan di sini adalah keseimbangan. Bagaimana membuat media yang segar dan harmonis, yang memiliki keseimbangan proporsi antara ukuran, grafis, font, ruang dan konten beserta perpaduannya.

 
3. Usability (Dapat Dipergunakan) 



Meskipun desain penting, sebuah website tidak harus menjadi sangat cantik untuk menjadi menarik bagi pengunjung, lihat saja Facebook dan Google, apa keduanya fokus pada estetika? Tidak, mereka membuat untuk digunakan.

Apa yang membuat sebuah website dapat digunakan? Menurut konsultan UX Arus Bohl, sebuah website yang dapat digunakan adalah salah satunya yang memenuhi tujuan dan pengalaman pengguna desain berikut:


Apakah ada logic pengaturan untuk halaman Anda? Apakah ada bahasa dan isyarat visual untuk membantu pengunjung merasa nyaman menjelajah di website anda? Apakah mudah bagi pengunjung untuk menemukan apa yang mereka cari? Apakah ada harmoni dalam nada suara dan gaya visual yang digunakan di seluruh situs Anda? Dapatkah pengunjung menemukan jalan mereka kembali ketika mereka mengklik link yang salah?


Jika Anda menjawab "ya" untuk semua pertanyaan ini, selamat! Anda punya website yang dapat digunakan.


Hal lain yang bisa ditambahkan adalah memasukkan integrasi media sosial, yang praktis, yang sudah menjadi keharusan untuk website saat ini. Navigasi yang mudah dan menghemat waktu untuk surfing.

 
 
4. Kecepatan Situs 



Di internet, setiap detik, orang-orang semakin tidak punya waktu mengunjungi website anda. Jika untuk masuk ke website anda dibutuhkan waktu yang lama, maka mereka akan beralih ke website pesaing anda yang menyediakan konten "yang mereka cari".

Beban applikasi yang berat pada desain website anda akan mempengaruhi kecepatan akses website anda.

 
5. Responsiveness


Penggunaan internet mobile diperkirakan akan menyalip penjelajahan melalui desktop dalam tahun ini, yang lebih responsif dalam urusan desain web. Dan Google menangkap kecenderungan itu, Google memiliki kedua pilihan tersebut baik web maupun mobile base.  Merubah web base menjadi mobile base sangat mudah dengan fasilitas dari Google. 


Dibutuhkan sebuah web yang mudah diakses dan responsive dalam memenangkan persaingan di era digital yang semakin bergerak ini. Mobile base sudah merupakan keharusan dari sebuah website, dimana semua tangan akan dengan mudah mengakses website anda setiap saat.



Memang ke-5 hal tersebut di atas terkesan sangat sederhana, tetapi hal itulah yang merupakan faktas mendasar dari sebuah keberadaan website yang mampu menarik perhatian dari pengunjung dan pengguna.